Laman

Jumat, 10 Desember 2010

PENYEBAB DAN BAHAYA ANGIN DUDUK

BERITA KERINCI by: TONI.S

 

 


http://images.detik.com/content/2009/07/31/766/SAKIT-PERUT-LUAR.jpg

Informasi Lengkap Tentang Penyebab dan Bahaya Angin Duduk Atau Pneumotoraks Pneumotoraks, demikian nama lain penyakit yang kerap disebut angin duduk oleh masyarakat. Jika tidak cepat diantisipasi, penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian.
Penyakit ini ditandai penimbunan udara di dalam rongga dada dan pleura di sekeliling paru-paru yang menyebabkan paru-paru kolaps. "Pleura adalah rongga yang terletak di antara selaput yang melapisi paru-paru dan rongga dada." kata dr. Pad Dilangga, Sp.P.
Dilanjutkannya, penumotoraks atau pneumora terjadi karena pecahnya selubung atau lapisan luar paru-paru akibat tekanan di dalam dada atau intratoraka yang sangat tinggi.

"Pneumotoraks terbagi menjadi tiga macam. Yakni pneumotoraks terbuka, tertutup, dan ventil. Pada kasus pneumotoraks terbuka, udara bebas keluar masuk rongga pleura karena terdapat hubungan langsung yang terbuka antara bronkus atau udara luar dengan rongga pleura, " terang dokter spesial paru-paru ini.
Pada pneumotoraks tertutup sudah tidak terdapat aliran udara antara rongga pleura dengan bronkus atau dunia luar karena fistel atau saluran sudah tertutup.

"Sedangkan pada pneumotoraks ventil, udara dan bronkus atau dunia luar dapat masuk ke dalam rongga pleura pada saat inspirasi, tetapi tidak bisa keluar pada waktu ekspirasi karena terdapat fistel yang bersifat sebagai katup. Makin lama volume dan tekanan udara di dalam rongga pleura kian tinggi akibat penumpukan udara di sana," urainya.
Dari tiga jenis ini, pneumoraks jenis ventil yang paling membahayakan. "Pneumotoraks dapat diketahui dari gejala-gejala seperti sesak mendadak, nyeri dada, dan sesak semakin lama kian mem berat terutama jenis ventil. Ini disebabkan udara kian lama makin banyak sehingga udara tersebut mendesak organ-organ yang ada di rongga dada seperti jantung dan pembuluh darah," kata Pad.

Pneumotoraks dapat terjadi tanpa diketahui dengan jelas faktor penyebabnya. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan pneumotoraks adalah tuberkulosis paru, asma, penyakit paru obstruktif kronik (penyakit yang disebabkan polusi dan rokok), serta penyakit bawaan (sejak lahir dinding paru sangat tipis).
Penanggulangan pnuemotoraks tergantung pada luas daerah yang terjangkit. "Bila sedikit, atau kurang 20 persen, cukup diobservasi saja. Namun bila sudah meluas atau lebih 20 persen harus dipasang water sealed drainage (WSD)," tutup Pad.

http://suaramedia.com/images/resized/images/stories/3berita/1_6_kesehatan/angin-duduk_tt_200_200.jpg

Pneumotoraks, demikian nama lain penyakit yang kerap disebut angin duduk oleh masyarakat. Jika tidak cepat diantisipasi, penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian. (foto: tutorize)

1. Angin duduk adalah istilah awam untuk serangan jantung (infark miokard akut). Serangan jantung terjadi karena sumbatan mendadak pembuluh darah koroner, yaitu pembuluh darah yang memasok zat makanan dan oksigen ke jantung.
Bila tersumbat, maka jantung tidak mendapatkan zat makanan dan oksigen. Bila tidak segera ditolong, otot jantung akan rusak/mati. Bila kerusakan jantung luas, maka jantung tidak berfungsi dan bisa meyebabkan kematian.
2. Umumnya serangan jantung, didahului oleh adanya penyempitan pembuluh darah koroner. Penyempitan terjadi karena timbunan plak (tonjolan dinding pembuluh ke dalam liang pembuluh). Kolesterol sering menjadi pemicu timbulnya plak tersebut.
3. Sebanyak 60% (enam puluh persen) penderita serangan jantung mengeluh nyeri dada di bagian tengah dada. Biasanya menjalar ke lengan kiri, leher atau tembus ke belakang dan sering disertai keringat dingin yang banyak.
4. Faktor ketu runan cukup berperan untuk terjadinya plak koroner (penyakit jantung koroner).
5. Bila penderita serangan jantung segera dibawa ke rumah sakit yang memiliki fasilitas yang memadai, maka sumbatan koroner dapat segera di buka, baik secara farmakologi (mengg unakan obat-obatan) maupun secara mekanis (pemasangan balon/cincin). Dengan demikian kerusakan otot jantung dapat dicegah.
Berikut adalah contoh kisah penderita angin duduk. Hari itu, Dina (32) meminta izin pulang lebih cepat dari kantornya. Sejak Pagi, Dina merasa pusing dan mual. "Aku masuk angin nih," keluhnya pada Fahmi (35), suaminya melalui telepon.

Setiba di rumah, Dina memesan bubur ayam serta teh panas untuk mengurangi rasa tak enak badan yang dideritanya. Setelah kerokan, ia mengoleskan minyak kayu putih ke seluruh badannya, sebelum beranjak tidur.

Lepas senja, Dina belum bangun juga, Fahmi yang baru saja pulang kantor. Menengok ke kamar, ditempat tidur Dina memang masih tertelungkup, tapi....sudah tak bernapas lagi!

Wajahnya kebiruan, tampaknya, Dina menahan rasa sakit sesaat sebelum menghembuskan napas terakhirnya. Selain panik, suaminya juga bingung, Sejauh diketahuinya, selama ini kondisi kesehatan Dina baik-baik saja. Bahkan istrinya itu tergolong wanita gesit yang memiliki segudang aktivitas setiap harinya, Lantas, Penyakit "tersembunyi" apakah yang merenggut nyawa Dina?

Menurut dr. Djoko Maryono, DSPD, DSPJ, ahli internis dan kardiologi dari RS Pusat Pertamina, yang dialami Dina adalah Angina Pectoris. Orang-orang kita dulu biasa menyebutnya sebagai penyakit angin duduk.
Gejalanya memang mirip masuk angin biasa, hanya sedikit lebih berat. Tak mengherankan. Penyakit ini cenderung disepelekan.

Masuk angin yang satu ini ternyata bukanlah masuk angin biasa. "Yang biasa disebut angin duduk sesungguhnya adalah salah satu gejala penyakit jantung koroner, yang jika tidak segera ditangani penderitanya bisa langsung meninggal hanya dalam waktu 15- 30 menit setelah serangan pertama" dr. Joko mengingatkan.

Karena itu, kematian yang terjadi sama sekali bukan akibat kerokan atau pengolesan minyak angin, seperti yang dilakukan Dina, melainkan karena tidak terdeteksinya kelainan pada jantung penderita. Padahal, seandainya sepulang kantor Dina langsung pergi ke Rumah Sakit atau ke dokter, dan bukannya malah kerokan dirumah yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan sang penyakit, mungkin nyawanya masih sempat terselamatkan.

http://www.tabloidnova.com/var/gramedia/storage/images/media/images/0sakit-perut/2092918-1-ind-ID/0sakit-perut_medium.jpg


Ciri-ciri pusing, mual dan kembung yang dialami penderita Angina Pectoris memang nyaris serupa dengan penyakit masuk angin biasa. Hanya penderita juga merasakan dada sesak, nyeri dibagian ulu hati, keluar keringat sebesar jagung, serta badan terasa dingin. Sayangnya, hal ini sering tidak disadari sebagai indikasi adanya gangguan pada jantung yang sifatnya kritis.

Menurut dr. Joko, 2 0% dari keluhan Angina Pectoris yang diperiksakan ke dokter atau rumah sakit ternyata terdeteksi sebagai penyakit jantung koroner akut. Penyakit ini merupakan gangguan pada jantung akibat adanya kelainan pada pembuluh koroner, sehingga darah tidak mampu mengantarkan zat -zat yang dibutuhkan oleh jaringan dinding rongga jantung. Karena itu, jika tidak terdeteksi sejak awal, penderitanya bisa mengalami sudden death.

Penyakit Angina Pectoris itu sendiri berupa perasaan tidak nyaman berkepanjangan, yang terjadi lebih dari 5 menit, akibat menurunnya tekanan darah yang memompa jantung. Akibatnya, jantung membutuhkan lebih banyak oksigen. Karena jantung tidak mampu memompa dengan sempurna, maka pembuluh darah mengadakan reaksi pemulihan berupa kontraksi guna mencukupi pengisian oksigen pada pompa jantung tadi, kont raksi itulah yang menimbulkan keringat dingin pada kulit.

Waspadai ' angin duduk'
Saat tubuh dalam kondisi drop, kata Inayah Budiasti, seorang dokter dari Klinik Hang Lekiu, Jakarta Selatan, virus atau mikroorganisme yang ukurannya lebih kecil dari bakteri yang masuk dalam tubuh tak bisa terbunuh oleh antibiotik alami yang dimiliki tubuh. Vi rus itu kemudian menggandakan tubuhnya hingga menimbulkan dispepsia.

Cela kanya, virus ini bisa merajalela saat dingin berlebihan. Pada saat dingin, tubuh mengalami vas okontriksi alias penghematan kalori agar badan terasa hangat. Konsekuensinya, jika kondisi pasien drop, tubuh tak bisa menjalankan fungsinya membuang sampah dari sisa-sisa metabolisme yang seharusnya keluar dalam tubuh. "Pada kondisi seperti inilah penyakit apapun bisa masuk termasuk gejala awal masuk angin," ajar Sapawati Bardosono, dokter dari Departemen Nutrisi, Universitas Indonesia.

Jika tubuh tak bisa menolak serangan virus pada tahap ini, dispepsia biasanya akan berlanjut menjadi penyakit flu atau batuk. Lebih lagi, cuaca dingin umumnya juga mengakibatkan rambut-rambut dalam saluran pernafasan lambat bergerak. "Kelambatan inilah yang mengakibatkan lendir atau virus tak bisa keluar dari tubuh," ajar Sapawati. Jika itu terjadi, bersiaplah terkena serangan batuk dan pilek.

Meski begitu, Anda perlu mewaspadai dispepsia yang disertai munculnya banyak keringat serta nyeri di dada. Masyarakat awam menyebutkan "angin duduk". Sebenarnya ini serangan jantung koroner akut. "Bisa menimbulkan kematian dalam 15 hingga 30 detik," ajar Mulyadi, dokter dari Klinik Medizone. Jika itu terjadi, tentu tak ada jalan lain kecuali secepat mungkin menghubungi dokter.

RAHASIA DI BALIK AIR LIUR KITA

RADAR JAMBI: TONI.S

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2009/07/13/1300172p.jpg

Air liur atau ludah bukan sekedar cairan di mulut yang dianggap menjijikkan dan kotor. Ada banyak hal yang dapat diketahui dari air liur. Apa saja rahasia di balik air liur?

Beberapa orang mungkin menganggap air liur steril atau desinfektan, sehingga percaya bahwa air liur akan lebih cepat menyembuhkan luka. Padahal, mulut adalah sarang kuman dan bakteri. Ada lebih dari 600 jenis bakteri di dalam mulut dan air liur yang dapat menyebabkan infeksi.

Seperti dilansir dari MSN, Senin (14/6/2010), berikut rahasia di balik air liur:

Apa saja yang ada di air liur?

Sebagian besar air liur adalah air, tetapi juga mengandung elektrolit, bakteri, virus, jamur, sekresi dari hidung dan paru-paru, sel-sel dari lapisan mulut dan sekitar 500 protein.

Tentu saja, isi dari air liur juga tergantung pada apa yang dimasukkan ke dalam mulut, seperti puing-puing makanan. Komponen pasta gigi juga umum ditemukan dalam air liur. Kandungan air liur setiap orang pun berbeda.

http://www.tribunkaltim.co.id/photo/2009/05/42d8fa1db87f804df0852899b737cc2c.jpg
Apa yang bisa diketahui dari air liur?

Dari air liur, bisa didapatkan sampel dari DNA. Bahkan, meskipun air liur tidak mengandung sel DNA, tetapi sel-sel dari lapisan mulut dapat ditemukan di sampel air liur.

Air liur juga merupakan petunjuk lain untuk menungkapkan identitas seseorang. Air liur dapat mengungkapkan apa yang sudah dimakan dan obat-obatan yang mungkin dikonsumsi, seperti kokain, ganja dan barbiturat. Para ilmuwan juga dapat menggunakan sampel air liur untuk menunjukkan berapa banyak obat tertentu dalam tubuh.

Para ilmuwan juga ingin dapat menggunakan air liur sebagai alat untuk mendeteksi penyakit, karena jauh lebih mudah, dan dalam banyak kasus lebih aman. Tes HIV merupakan salah satu tes yang mana air liur digunakan sebagai sampel, meskipun tes darah masih merupakan cara standar untuk tes HIV.

Apa saja fungsi air liur?

Sebagian orang tidak menyadari betapa pentingnya fungsi air liur, yaitu:

1. Memecah makanan dalam mulut, sehingga dapat dirasakan oleh lidah dan lebih mudah dicerna oleh perut.
2. Membersihkan makanan dan sel-sel mati dari lapisan mulut
3. Mengikat makanan menjadi bola sehingga dapat ditelan
4. Membersihkan makanan dan bakteri dari gigi
5. Mencegah lapisan mulut kering
6. Menghancurkan atau mencegah pertumbuhan jamur tertentu
7. Menetralisir asam dari makanan dan minuman
8. Membantu menumbuhkan enamel gigi yang rusak, karena kalsium dan kadar fosfor

http://elektrikalsistem.com/images/artikel/13_lidah.jpg

Berapa banyak jumlah air liur?

Goodson memperkirakan rata-rata seseorang memproduksi kurang lebih setengah liter air liur dalam satu hari. Tapi tentu saja jumlah ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Gen
2. Waktu (produksi air liur melambat secara drastis di malam hari)
3. Banyak air yang diminum
4. Sedang mengunyah permen karet atau menghisap permen keras (keduanya meningkatkan produksi air liur)
5. Mencium sesuatu yang menarik (juga meningkatkan produksi air liur, itu sebabnya ada istilah 'lezat')
6. Lebih dari 4 00 obat menyebabkan penurunan produksi air liur
7. Umur produksi (air liur menurun seiring dengan usia)
8. Memiliki kondisi atau penyakit yang mempengaruhi produksi air liur, seperti sindrom Sjorgen, atau sedang menjalani terapi radiasi

Kamis, 09 Desember 2010

INDONESIA PASAR INTERNET MOBILE KE DELAPAN DUNIA


INTERNET  TRADISIONAL INDONESIA

 RADAR JAMBI: TONI.S

Kamis, 9 Desember 2010 18:19 WIB
Jakarta

Maraknya pengaksesan Internet melalui ponsel di tanah air menjadikan Indonesia berada pada peringkat delapan besar pasar "mobile Internet" dunia.

Fakta itu diungkapkan oleh Hendrik van de Worm, Regional Director of Asia eBuddy dalam seminar interaktif bertema "A New Economy Over Digital Culture" di Blitz Megaplex, Pacific Place, kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (8/12).

Data yang diungkapkan oleh Van de Worm itu berdasarkan survei lembaga riset Morgan Stanley. Berdasarkan data itu peringkat pertama diduduki oleh Amerika Serikat.

"Hampir dua pertiga penduduk dunia sudah menggunakan mobile Internet," kata Van de Worm.

Pertumbuhan pengguna Internet itu dimanfaatkan eBuddy untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan dari iklan. Iklan eBuddy sekarang mencapai 2.5 miliar dolar per bulan.

"Iklan dalam mobile Internet ditetapkan senilai 5 miliar (dolar) pada tahun 2015," kata Van de Worm.

Internet selain bisa dimanfaatkan para pengiklan untuk mengeruk keuntungan, juga bisa dimanfaatkan pengguna untuk memperoleh uang.

Kiki Rizki, Country Manager mig33 Indonesia mengatakan, melalui mig33 pengguna tak hanya bisa mendapatkan teman baru tetapi juga meraup rejeki.

Kiki mengungkapkan salah seorang pengguna mig33 yang awalnya berjualan mig33 credit sebagai pekerjaan sampingan. Seiring dengan bertambahnya pendapatan, pengguna yang berprofesi sebagai akuntan itu memilih meninggalkan pekerjaannya dan fokus berjualan credit mig33.

Credit mig adalah nilai yang yang bisa digunakan untuk menggunakan layanan mig33, misalnya membeli "virtual gift." Proses pembayaran mig credit ini bisa melalui transfer bank, pertemuan langsung dengan pembeli atau melalui pulsa telepon.

Jumlah pengguna aktif mig33 di seluruh dunia mencapai 40 juta. Kiki mengungkapkan pertukaran pesan "chat" sebanyak 30 juta di mig33 dan perdagangan "virtual gift" sebanyak 4 juta setiap bulan.

INDONESIA PENGGUNA FACEBOOK KE 3 DUNIA

RADAR JAMBI: TONI.S
Indonesia Posisi Ketiga Gunakan Facebook
Jakarta
Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk,, Hasnul Suhaimi, mengatakan bahwa Indonesia menempati posisi ketiga dalam penggunaan jejaring sosial facebook dalam peringkat negara-negara di dunia yang membuktikan penduduk Indonesia sedang berada dalam era Internet bergerak (mobile).

Hal ini dikemukakannya dalam pembicaraan eksklusif dengan Oxford Business Group (OBG), sebuah perusahaan publikasi, riset dan penyedia konsultasiglobal di Jakarta, Kamis.

Menurut Hasnul, murahnya harga telepon dan tarif internet sebagai penyebab telepon seluler menjadi lebih mudah dijangkau oleh pelanggan yang lebih luas di seluruh negeri, situs jejaring sosial, seperti facebook dan twitter juga telah mendongkrak penggunaan layanan tersebut.

"Sekitar 30 juta rakyat Indonesia mengakses Internet dan lebih 12.5 juta hingga 13 juta pelanggan XL telah terhubung dengan dunia maya melalui piranti genggam mereka, " katanya.

Ia menimpali, "Kami yakin angka-angka ini akan terus meningkat."

Hasnul menjelaskan, XL berencana untuk menyalurkan investasi yang lebih besar lagi ke dalam teknologi 3G, yang telah memainkan peran penting dalam penyediaan jaringan pita lebar nirkabel, untuk meningkatkan rata-rata pendapatan dari pelanggan (average revenue per user/ARPU).

"Ketika 3G diluncurkan di 2006, XL memfokuskan pada peningkatan teknologi pita lebar nirkabel dan layanan terkait lainnya, seperti penjualan dongle," ucapnya. Dongle adalah piranti yang ditancapkan pada komputer/notebook, yang antara lain berfungsi sebagai modem untuk mengakses Internet.

XL, lanjut dia juga menaruh perhatian pada pemanfaatan teknologi layanan paket radio (General Packet Radio Service /GPRS) untuk layanan data, yang diharapkan menjadi titik pertumbuhan yang menjanjikan bagi perusahaannya.

Ia menjelaskan, pendapatan XL melonjak dengan signifikan setelah mendorong pelanggan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi ini untuk layanan data.

Hasnul percaya keunikan pasar telepon selular Indonesia, yang karakteristiknya hampir 100% merupakan pelanggan prabayar, akan dapat menghasilkan berbagai peluang bagi penyedia jasa untuk untuk berkembang, meski dia menyadari betapa ketatnya kompetisi di sektor bisnis ini.

"Saat ini, telah beredar sekitar 190 juta kartu SIM di pasar, tapi hanya 120 juta yang benar-benar di tangan pelanggan, jadi masih ada ruang yang luas untuk pertumbuhan pasar," katanya.

Ia menimpali, "Tapi, kami juga yakin bahwa terlalu banyaknya pemain di pasar dan penurunan tarif baru-baru ini, akan memaksa pemain-pemain kecil untuk berkonsolidasi dalam lima tahun ke depan."

Hasnul juga mengharapkan, pemerintah memberikan dukungan yang lebih besar bagi sektor yang terus berkembang dengan pesat ini, dan menggaris bawahi pembebasan frekuensi pita lebar (bandwidth) Internet, insentif ekonomi untuk meredam beban biaya, dan pembangunan infrastruktur.

PULUHAN BATU SEJARAH DAN PRA SEJARAH DI KERINCI TAK TERURUS

 RADAR JAMBI: TONI.S



Puluhan Batu Megalitik di Kerinci Tak Terurusp

Kamis, 9 Desember 2010 20:28 WIB kali
Kerinci, Jambi

Puluhan batu megalitik yang merupakan peninggaralan zaman prasejarah yang tersebar di berbagai kawasan di Kabupaten Kerinci, saat ini kondisinya tidak terawat dengan baik sebagaimana layaknya benda-benda sejarah.

"Ada puluhan batu megalitik di Kerinci, di desa Jujun, Pulau Tengah dan Benik terdapat masing-masing satu batu seilendrik. Sebagai benda budaya batu tersebut memang telah di data dan daftarkan serta dipagar oleh pihak BP3 Provinsi Jambi. Namun, benda itu tidak dijaga dan dirawat lagi setelah dipagari," ungkap Kepala Desa Jujun, Supratman, di Kerinci, Kamis.

Lebih jauh dikatakan Supratman, batu seilindrik di desa Jujun terletak sekitar 3 km dari desa Jujun, berada di tengah perladangan masyarakat di kaki Gunung Raya dan gunung Batuah. Untuk mencapainya hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki.

Kekhasan batu ini adalah batu besar dalam bentuk batangan tersebut memiliki dengan ukiran berupa ulir melingkar seperti obat nyamuk di sisi ujung dan pangkalnya. Selain itu terdapat pula guratan mernyerupai salah satu aksara tulisan Incoung Kerinci.

Batu megalitik megalitik serupa juga terdapat di desa Muak, dan pulau Tengah, serta sebuah batu megalitik lain yang memiliki rongga seperti meriam juga terdapat di kawasan ini. Sementara di beberapa tempat lain terdapat pula berbagai batuan lainnya, seperti batu Gong di Kumun, batu bergambar dan batu berbentuk hewan atau bagian tubuh.

Namun dikarenakan umumnya batu-batu bernnilai sejarah tinggi sebagai cerminan dari peradaban masalalu neneek moyang masyarakat Kerinci tersebut terletak jauh dari perkampung maka keberadaannya tidak banyakm diketahui oleh publik termasuk oleh publik Kerinci sendiri.

"Jarang sekali ada yang sengaja datang untuk melihat batu-batu itu. Paling mereka yang sempat datang adalah mereka yang kebetulan lewat sajan di situ. Karena itu tak jarang pula diantara mereka banyak yang iseng dan mencoret-coret batu itu," terang Supratman.

Camat Keliling Danau Suhardi, yang wilayahnya menjadi kawasan penyebaran situs-situs batu megalitik yang diperkirakan peninggalan masyarakat purba di Kerinci yang animisme ribuan tahun silam sebelum masehi, menilai selayaknya pemerintah mempunyai lembaga atau petugas khusus yang ditugaskan untuk merawat dan mempublikasikan aset budaya bernilai tinggi itu.

"Menurut kita alangkah baiknya ada lembaga atau petugas yang terus memantau dan mengembangkan keberadaan aset ini. Kita sudah mengusulkan agar pemerintah kita khususnya BP3 provinsi Jambi mendirikan UPTD di sini, sehingganya perawtan dan pengelolaannya sebagai aset wisata atau edukasi bisa terus ditingkatkembangkan," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar