BERITA KERINCI
Penembak di Arizona Kecam Lewat YouTube
Minggu, 9 Januari 2011 | 08:26 WIB
Jared Loughner, tersangka penembak mati 6 orang dan belasan lainnya luka berat di Arizona, Amerika Serikat.
Seorang pria di Arizona, Amerika Serikat, menyebut diri bernama Jared Loughner, berusia 22 tahun, diduga sebagai pemembak mati 6 orang dan 19 lainnya luka berat, termasuk seorang anggota Kongres dan Hakim AS.
Melalui situs MySpace dan YouTube, lelaki itu mengirimkan pesan bernada mengecam pemerintah. Ia memberi judul videonya di YouTube dengan kalimat: "Final Thoughts" "New Currency".
Sedangkan di MySpace dia menulis pada Sabtu (8/1/2011) sekitar pukul 17, "Selamat tinggal. Teman-teman, mohon jangan marah pada saya."
Foto-foto di MySpace menunjukkan gambar detail senjata otomatis di atas buku atau kertas bertuliskan, "United States History" (Sejarah Amerika Serikat).
Gambar itu dilengkapi sejumlah video Loughner dari akun YouTube, termasuk seorang pria bertopeng membakar bendera AS dan lainnya dengan kalimat, "Jangan percaya pemerintahan sekarang, pemirsa."
Kendati demikian, belum jelas apakah Loughner adalah orang yang membakar bendera dalam video itu. Jika merujuk pada catatan hak milik, Loughner hidup bersama ibunya, Amy Loughner, di wilayah Tucson.
Sabtu, 08 Januari 2011
PROYEK AMBURADUL DEWAN PANGGIL KONTRAKTOR
BERITA KERINCI
Proyek Amburadul, Dewan Panggil Kontraktor
Jumat, 07 Januari 2011 23:18
KUALATUNGKAL - Banyaknya proyek-proyek di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dinilai pengerjaannya amburadul, membuat DPRD Tanjab Barat menjadi gusar. Menanggapi itu, DPRD akan memanggil para kontraktor nakal tersebut.
“Sampai saat ini kami masih menyorot tentang pekerjaan proyek bermasalah. Dan beberapa kontraktor yang nakal, yang mendapat proyek pada APBD 2010 nanti akan kami panggil. Kami berharap agar mereka segera memperbaiki yang menurut kita memang tidak sesuai bestek alias tidak sempurna," tegas Wakil Ketua Komisi III DPRD Tajung Jabung Barat, M. Fadli. SH, Jumat (7/1).
Fadli mencontohkan, banyak jalan-jalan di Kabupaten Tanjab Barat yang sudah rusak dan tambatan perahu di Teluk Nilau yang baru dua bulan dikerjakan, namun sudah tidak bisa digunakan karena masalah kualitas fisik dan volumenya yang tidak sesuai.
Ditambahkan Fadli, dewan juga mengharapkan kepada dinas teknis atau pengawas agar meninjau kembali proyek-proyek yang ada atau proyek yang dinilai tidak sesuai tersebut.
Jika ditemukan lagi, agar mene gur pihak pelaksana/kontraktor sesuai dengan perjanjian kontrak atau kami yang akan am bil inisiatif, bertindak.
"Yang jelas, kita akan segera berupaya untuk peningkatan pembangunan kota ini kedepannya. Kita juga akan segera koordinasi dan mendesak agar konsultan yang mengawas dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebagaimana mestinya,” tegasnya.
Proyek Amburadul, Dewan Panggil Kontraktor
Jumat, 07 Januari 2011 23:18
KUALATUNGKAL - Banyaknya proyek-proyek di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dinilai pengerjaannya amburadul, membuat DPRD Tanjab Barat menjadi gusar. Menanggapi itu, DPRD akan memanggil para kontraktor nakal tersebut.
“Sampai saat ini kami masih menyorot tentang pekerjaan proyek bermasalah. Dan beberapa kontraktor yang nakal, yang mendapat proyek pada APBD 2010 nanti akan kami panggil. Kami berharap agar mereka segera memperbaiki yang menurut kita memang tidak sesuai bestek alias tidak sempurna," tegas Wakil Ketua Komisi III DPRD Tajung Jabung Barat, M. Fadli. SH, Jumat (7/1).
Fadli mencontohkan, banyak jalan-jalan di Kabupaten Tanjab Barat yang sudah rusak dan tambatan perahu di Teluk Nilau yang baru dua bulan dikerjakan, namun sudah tidak bisa digunakan karena masalah kualitas fisik dan volumenya yang tidak sesuai.
Ditambahkan Fadli, dewan juga mengharapkan kepada dinas teknis atau pengawas agar meninjau kembali proyek-proyek yang ada atau proyek yang dinilai tidak sesuai tersebut.
Jika ditemukan lagi, agar mene gur pihak pelaksana/kontraktor sesuai dengan perjanjian kontrak atau kami yang akan am bil inisiatif, bertindak.
"Yang jelas, kita akan segera berupaya untuk peningkatan pembangunan kota ini kedepannya. Kita juga akan segera koordinasi dan mendesak agar konsultan yang mengawas dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebagaimana mestinya,” tegasnya.
MURASSMAN MASIH DENDAM DENGAN GOLKAR
BERITA KERINCI
H Murasman sepertinya benar-benar sakit hati pada partai golkar. Ia terkesan merasa dipecundangi oleh partai berlambang pohon beringin itu. Murasman akhirnya memilih keluar dari golkar dan tidak akan kembali lagi ke sana.
“Dengan resmi saya menyatakan keluar dari golkar. Tidak ada kata kembali lagi ke golkar. Saya tegaskan, saya talak-tiga partai golkar,” tandas Bupati Kerinci itu membacakan surat pengunduran dirinya dihadapan wartawan.
Murasman menegaskan tidak ada keuntungan yang didapatnya dengan jabatan ketua golkar. Malah sebaliknya, banyak ruginya. “Apa untungnya saya bertahan di golkar ? Tidak ada. Keluar dari golkar sama sekali saya tidak rugi. Saat maju sebagai ketua golkar Kerinci, golkar yang minta. Buktinya saya menang aklamasi,” ungkapnya.
Di Golkar Provinsi Jambi Murasman mengaku paling senior. Sudah banyak yang dilakukan untuk golkar. Salah satunya mendanai pembuatan kantor golkar Kerinci.
Mantan anggota DPRD Kerinci itu tidak terima dituding oleh Ketua Golkar Provinsi Jambi, Zoerman Manap sebagai penyebab kekalahan HBA – Fachrori di Kerinci. HBA kalah akibat tidak berfungsinya tim di Kerinci karena masuknya Tim-128 dari Jambi.
Persoalan dana juga dinilai jadi penyebab kalahnya HBA. Tidak ada dana yang dikucurkan dari golkar provinsi untuk pemenangan HBA. “Waktu kampanye saya tidak dikasih tahu. Saya tidak datang ke kampanye karena saya tidak cuti,” tukasnya.
Yang paling membuat Murasman kesal, dirinya dijadikan “kambing-hitam” kekalahan HBA – Fachrori di Kerinci. Kegagalan itu tepatnya akibat partai koalisi banyak yang tidak bergerak.
Pengusung HBA di Kerinci bukan hanya golkar, tapi banyak partai, seperti demoktat dan partai keadilan sejahtera (PKS). Di Kecamatan Semurup, basis PKS, HBA malah tidak dapat suara sama sekali. “PKS tidak mempersoalkannya. Begitu juga demokrat. Kenapa golkar menyalahkan saya !’’ tandas Murasman yang balik menuding beberapa oknum pengurus partai golkar provinsi mencari selamat di mata HBA - Fachrori.
Keluarnya Murasman dari golkar disambut hangat banyak partai di Kerinci. Sedikitnya ada 4 partai yang siap menampung Murasman. PKS, PPP, PAN dan PKB sudah berkomunikasi dengan Murasman, namun Murasman belum mau berkomentar banyak masalah itu. “Kita lihat saja nanti. Saya belum tahu apa masih di partai atau tidak,” ujarnya.
JENIS API DAN SUHU NYA BERDASAR WARNA
BERITA KERINCI
Jenis-jenis api berdasarkan suhu, warna dan bahannya
Kemaren nab abis liat kembang api nih gan...kan warnanya ada bermacam2.nah nab penasaran kok bisa bermacam macam gitu warnanya.setelah googling akhirnya ketemu juga jawabannya.
silahkan disimak ya
Api adalah zat panas yang ditimbulkan dari benda yang terbakar, berasal dari proses oksidasi sehingga berupa energi berintensitas yang bervariasi dan memiliki bentuk cahaya (dengan panjang gelombang juga di luar spektrum visual sehingga dapat tidak terlihat oleh mata manusia) dan panas yang juga dapat menimbulkan asap.
Api (warnanya-dipengaruhi oleh intensitas cahayanya) biasanya digunakan untuk menentukan apakah suatu bahan bakar termasuk dalam tingkatan kombusi sehingga dapat digunakan untuk keperluan manusia (misal digunakan sebagai bahan bakar api unggun, perapian atau kompor gas) atau tingkat pembakar yang keras yang bersifat sangat penghancur, membakar dengan tak terkendali sehingga merugikan manusia (misal, pembakaran pada gedung, hutan, dan sebagainya).
Penemuan cara membuat api merupakan salah satu hal yang paling berguna bagi manusia, karena dengan api, golongan hominids (manusia dan kerabatnya seperti kera) dapat aman dari hewan buas, memasak makanan, dan mendapat sumber cahaya serta menjaga dirinya agar tetap hangat.
Jenis-Jenis Api berdasarkan suhunya
api berwarna merah/kuning ini biasanya bersuhu dibawah 1000 derajat celcius.api jenis ini termasuk api yang "kurang panas" dikarenakan jarang atau kurang sering digunakan di pabrik2 industri baja/material.klo di matahari,api ini berada pada bagian paling luar nya.
api berwarna biru merupakan api yang mungkin sering kita jumpai.biasanya api ini sering kita lihat di kompor gas.rata2 suhu api yang berwarna biru kurang dari 2000 derajat celcius.api ini berbahan bakar gas dan mengalami pembakaran sempurna.
ini merupakan api paling panas yang diketahui.warna putihnya itu dikarenakan suhunya melebihi 2000 derajat celcius.api ini berada di dalam inti matahari,dan muncul akibat reaksi fusi oleh matahari.api ini paling banyak digunakan di pabrik2 yang memproduksi material besi dan sejenisnya.
nah selain warna diatas,api juga memiliki warna lain.warna ini bukan karena suhu,tetapi dikarenakan bahan yang dibakar.penasaran?
lets cekidoot
Warna api pertama ditentukan oleh suhu. Dari warna merah, biru, hingga putih. Semakin panas suhunya, maka akan berubah menjadi biru lalu putih.
Selain itu, zat2 tertentu juga bisa merubah warna api (boleh dicoba):
Carmine Lithium Chloride
Red Strontium Chloride
Orange Calcium Chloride (a bleaching powder)
Yellow Sodium Chloride (table salt) or Sodium Carbonate
Yellowish Green Borax
Green Copper Sulfate
Blue Copper Chloride
Violet 3 parts Potassium Sulfate 1 part Potassium Nitrate (saltpeter)
Purple Potassium Chloride
White Magnesium Sulfate (Epsom salts)
contoh api berwarna hijau.bahan bakarnya green copper sulfate
api berwarna kuning.bahan bakarnya Yellow Sodium Chloride (table salt) or Sodium Carbonate
contoh api berwarna ungu.bahan bakarnya Purple Potassium Chloride
nih api berwarna biru gan,namun api biru ini bukan api yang bersuhu diatas 1000 derajat.ini api yg dibakar menggunakan Blue Copper Chloride
nah klo api putih ini juga bukan dikarenakan suhu gan.api warna ini bisa dibuat menggunakan White Magnesium Sulfate (Epsom salts)
nah klo semua bahan diatas dicampurkan,akan membentuk api yang berw
Jenis-jenis api berdasarkan suhu, warna dan bahannya
Kemaren nab abis liat kembang api nih gan...kan warnanya ada bermacam2.nah nab penasaran kok bisa bermacam macam gitu warnanya.setelah googling akhirnya ketemu juga jawabannya.
silahkan disimak ya
Api adalah zat panas yang ditimbulkan dari benda yang terbakar, berasal dari proses oksidasi sehingga berupa energi berintensitas yang bervariasi dan memiliki bentuk cahaya (dengan panjang gelombang juga di luar spektrum visual sehingga dapat tidak terlihat oleh mata manusia) dan panas yang juga dapat menimbulkan asap.
Api (warnanya-dipengaruhi oleh intensitas cahayanya) biasanya digunakan untuk menentukan apakah suatu bahan bakar termasuk dalam tingkatan kombusi sehingga dapat digunakan untuk keperluan manusia (misal digunakan sebagai bahan bakar api unggun, perapian atau kompor gas) atau tingkat pembakar yang keras yang bersifat sangat penghancur, membakar dengan tak terkendali sehingga merugikan manusia (misal, pembakaran pada gedung, hutan, dan sebagainya).
Penemuan cara membuat api merupakan salah satu hal yang paling berguna bagi manusia, karena dengan api, golongan hominids (manusia dan kerabatnya seperti kera) dapat aman dari hewan buas, memasak makanan, dan mendapat sumber cahaya serta menjaga dirinya agar tetap hangat.
Jenis-Jenis Api berdasarkan suhunya
api berwarna merah/kuning ini biasanya bersuhu dibawah 1000 derajat celcius.api jenis ini termasuk api yang "kurang panas" dikarenakan jarang atau kurang sering digunakan di pabrik2 industri baja/material.klo di matahari,api ini berada pada bagian paling luar nya.
api berwarna biru merupakan api yang mungkin sering kita jumpai.biasanya api ini sering kita lihat di kompor gas.rata2 suhu api yang berwarna biru kurang dari 2000 derajat celcius.api ini berbahan bakar gas dan mengalami pembakaran sempurna.
ini merupakan api paling panas yang diketahui.warna putihnya itu dikarenakan suhunya melebihi 2000 derajat celcius.api ini berada di dalam inti matahari,dan muncul akibat reaksi fusi oleh matahari.api ini paling banyak digunakan di pabrik2 yang memproduksi material besi dan sejenisnya.
nah selain warna diatas,api juga memiliki warna lain.warna ini bukan karena suhu,tetapi dikarenakan bahan yang dibakar.penasaran?
lets cekidoot
Warna api pertama ditentukan oleh suhu. Dari warna merah, biru, hingga putih. Semakin panas suhunya, maka akan berubah menjadi biru lalu putih.
Selain itu, zat2 tertentu juga bisa merubah warna api (boleh dicoba):
Carmine Lithium Chloride
Red Strontium Chloride
Orange Calcium Chloride (a bleaching powder)
Yellow Sodium Chloride (table salt) or Sodium Carbonate
Yellowish Green Borax
Green Copper Sulfate
Blue Copper Chloride
Violet 3 parts Potassium Sulfate 1 part Potassium Nitrate (saltpeter)
Purple Potassium Chloride
White Magnesium Sulfate (Epsom salts)
contoh api berwarna hijau.bahan bakarnya green copper sulfate
api berwarna kuning.bahan bakarnya Yellow Sodium Chloride (table salt) or Sodium Carbonate
contoh api berwarna ungu.bahan bakarnya Purple Potassium Chloride
nih api berwarna biru gan,namun api biru ini bukan api yang bersuhu diatas 1000 derajat.ini api yg dibakar menggunakan Blue Copper Chloride
nah klo api putih ini juga bukan dikarenakan suhu gan.api warna ini bisa dibuat menggunakan White Magnesium Sulfate (Epsom salts)
nah klo semua bahan diatas dicampurkan,akan membentuk api yang berw
CARA KOMPUTER MEMERIKSA HASIL TES CPNS
BERITA KERINCI
Ini dia cara kerja mesin ljk(lembar jawaban komputer)
kerja mesin LJK ni...
Alat yang dipakai dalam kedua ujian yang ane sebutkan diatas bernama OMR
Spoiler for OMR:
OMR adalah piranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh komputer. Piranti ini membaca masukan dengan bantuan optis, dengan menggali ketebalan tulisan.
Spoiler for cara kerja:
PEMROSESAN LJK dimulai dengan meletakkan setumpuk LJK pada input hopper dan tentunya OMR dinyalakan terlebih dahulu dengan menekan tombol power. Berikutnya sheet guide dirapatkan yang sesuai dengan ukuran lebar LJK, layaknya sheet guide pada alat cetak (printer) biasa.
Jika LJK tidak diatur menggunakan sheet guide dan posisinya tidak tepat, bisa jadi OMR mengalami kemacetan saat bekerja. Berikutnya lagi, status proses akan dimunculkan pada panel operator seperti layar telefon genggam. Untuk memulai proses pemindaian (scan), push button switches di sebelah kiri harus ditekan terlebih dahulu hingga muncul prompt ready.
Proses scan terjadi pada transport bed, kemudian LJK akan keluar dan tertumpuk pada output stacker. Sementara pada panel operator akan menampilkan status scan.
Peletakan LJK pun harus benar, tidak boleh terbalik yaitu timing marks harus pada sisi yang sama dengan panel operator. Proses dapat dihentikan dengan menekan push button switches di sebelah kanan. Di bagian sheet guide terdapat garis batas maksimum tumpukan LJK dalam satu kali proses koreksi. Biasanya tumpukan form tidak lebih dari 200 lembar, karena OMR bisa macet jika tumpukan berlebih.
Lantas bagaimana OMR membaca tanda hitam pensil? Perangkat ini tidak memerlukan kepintaran semacam pengenalan karakter (character recognition) pada perangkat OCR (Optical Character Recognition).
Spoiler for OCR:
Pada OMR, sinar infra merah yang diarahkan pada LJK tidak akan direfleksikan jika mengenai pilihan jawaban yang dihitamkan dengan pensil. Perangkat lunaklah yang berperan untuk mencocokkan posisi jawaban dengan informasi pada LJK.
Ini sebabnya LJK gak boleh terbalik gan.Karena kalau terbalik,jawaban yang dibaca sama OMR juga salah!!!
Informasi jawaban apa saja yang akan diproses perangkat lunak, didefinisikan pada file definisi form. File ini mendefinisikan posisi kolom atau baris jawaban relatif terhadap skunk marks dan timing marks, tipe jawaban seperti angka numerik atau abjad, serta cara baca form yaitu horisontal atau vertikal.
Beberapa perangkat OMR yang beredar di pasaran sekarang telah meningkat kemampuannya. Sebagai contoh OMR 100M tipe visible red (sinar merah yang tampak dengan mata) dapat membaca isian berupa lubang-lubang pada kertas (punched) dan tinta ballpoint warna hitam atau biru dengan kecepatan 25-35 lembar/menit. OMR yang menggunakan port serial RS232 atau port USB sebagai port komunikasi dengan komputer ini dibandrol sekira Rp 30 juta-an di pasaran. Jenis lain dengan kemampuan lebih besar (lebih cepat) berharga tak kurang dari Rp 50 juta.
Lumayan mahal, namun karena sangat membantu, boleh dikata dana tak terlalu jadi masalah. Coba bayangkan untuk mengoreksi seluruh jawaban peserta SPMB yang berjumlah sekira 70.000 lembar jika dilakukan secara manual. Tentunya sangat besar potensi konflik akibat kesalahan manusia.
Penggunaan OMR tak hanya sebatas pada pengoreksi ujian tapi juga banyak hal seperti kuesioner, lotere, survei, jajak pendapat sampai dengan aplikasi medis seperti hasil pemeriksaan laboratorium.
Teknologi OMR ini semakin hari semakin maju. Yang menarik selain kemampuan pembacaannya yang kian meningkat, harga OMR pun makin turun. Sehingga tak heran kalau beberapa sekolah dan bimbingan belajar pun mampu untuk membeli. Tentu saja fasilitas ini makin mempermudah proses ujian dan ujicoba ujian di masing-masing institusi tersebut.
PERMAINAN DALAM TES CPNS
Disinilah permainan itu terjadi untuk lembaran jawaban bagi yang membayar uang sogokan sudah di siapkan penggantinya oleh Panitia. Sehingga komputer yang membaca lembaran jawaban tersebut benar semua. Karna kunci jawaban Tes tersebut sudah di cari sebelum nya oleh Panitia TES CPNS Tersebut.
Sehingga waktu pengiriman lembar Jawaban Bukan lembar Jawaban dari peserta Tes yang di kirim akan tetapi lembar jawaban dari Panitia tersebutlah yang dikirim kan Sehingga nilai nya 100 Atau betul semua.
Ada juga permainan lain yaitu seandainya ada peserta Tes yang telah memiliki jawaban dari soal Tes tetapi tidak membayar Uang pelicin maka lembar jawaban tersebut di bikin salah atau di robah oleh Panitia,sehingga sampai di komputer pemeriksa tetap hasil nya salah sehingga bisa bikin peserta naik pitam karna merasa sudah mengisi nya dengan benar semua TAPI TIDAK LULUS HE...HE..HE...
Nah bagi anda-anda yang tidak lulus tes CPNS ya' anda harus mengerti sendiri kalau sebenarnya Permainan tersebut sangat mudah dilakukan.
Trus kalau ada yang sudah bayar kenapa Tidak Lulus juga ? Disinilah pertanyaan besar tersebut , Letak persoalannya begini : berapa besar jumlah yang anda berikan sebagai uang pelicin ? kalau uang tersebut ada yang lebih dari yang anda berikan maka secara otomatis anda juga akan di singkirkan.
Tapi kenapa ada yang tidak bayar atau sedikit bayaran nya tapi lulus ? .Disinilah letak Tangan kekuasaan bermain BUPATI,GUBERNUR, PEJABAT INI, PEJABT ITU Yang merasa punya jatah dan agak berani menentang tangan-tangan kekuasaan maka maka mereka akan berjuang dan melobi Gubernur,Bupati agar maksud dan kehendak mereka tercapai.
Trus jalan keluar yang terbaik bagaimana ? Nah kalau benar-benar ingin lulus murni sebagai pegawai negeri maka biarkan semua nya di urus oleh Pusat dengan pelaksananya tetap seperti ITB kemaren. Dengan jalan bahwa soal ujian tersebut setelah di selenggarakan langsung di bawa oleh utusan dari Pemerintah Pusat dan tidak singgah lagi di Kantor BKD masing-masing Daerah.
Seperti yang terjadi tahun 2004 yang lalu Sewaktu SBY baru pertama jadi Presiden. Pada saat itu sempat ada harapan bahwa yang terbaik lah yang lulus jadi PNS. DAN TERNYATA YANG LULUS SEMUA NYA HAMPIR MURNI TIDAK PAKAI UANG PELICIN.Tapi Pejabat daerah kering tidak menerima apapun. HA...HA..HA..HA... SEKARANG TERSERAH ANDA APA YANG ANDA INGINKAN . BULATKAN TEKAD KALIAN SEMUA DAN TUNTUT KEBENARANLAH YANG HARUS DI JALANKAN. THANK ATAS KEMAUAN ANDA BACA BERITA YANG TIDAK BERMUTU INI ''CEKIDOT''
Ini dia cara kerja mesin ljk(lembar jawaban komputer)
kerja mesin LJK ni...
Alat yang dipakai dalam kedua ujian yang ane sebutkan diatas bernama OMR
Spoiler for OMR:
OMR adalah piranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh komputer. Piranti ini membaca masukan dengan bantuan optis, dengan menggali ketebalan tulisan.
Spoiler for cara kerja:
PEMROSESAN LJK dimulai dengan meletakkan setumpuk LJK pada input hopper dan tentunya OMR dinyalakan terlebih dahulu dengan menekan tombol power. Berikutnya sheet guide dirapatkan yang sesuai dengan ukuran lebar LJK, layaknya sheet guide pada alat cetak (printer) biasa.
Jika LJK tidak diatur menggunakan sheet guide dan posisinya tidak tepat, bisa jadi OMR mengalami kemacetan saat bekerja. Berikutnya lagi, status proses akan dimunculkan pada panel operator seperti layar telefon genggam. Untuk memulai proses pemindaian (scan), push button switches di sebelah kiri harus ditekan terlebih dahulu hingga muncul prompt ready.
Proses scan terjadi pada transport bed, kemudian LJK akan keluar dan tertumpuk pada output stacker. Sementara pada panel operator akan menampilkan status scan.
Peletakan LJK pun harus benar, tidak boleh terbalik yaitu timing marks harus pada sisi yang sama dengan panel operator. Proses dapat dihentikan dengan menekan push button switches di sebelah kanan. Di bagian sheet guide terdapat garis batas maksimum tumpukan LJK dalam satu kali proses koreksi. Biasanya tumpukan form tidak lebih dari 200 lembar, karena OMR bisa macet jika tumpukan berlebih.
Lantas bagaimana OMR membaca tanda hitam pensil? Perangkat ini tidak memerlukan kepintaran semacam pengenalan karakter (character recognition) pada perangkat OCR (Optical Character Recognition).
Spoiler for OCR:
Pada OMR, sinar infra merah yang diarahkan pada LJK tidak akan direfleksikan jika mengenai pilihan jawaban yang dihitamkan dengan pensil. Perangkat lunaklah yang berperan untuk mencocokkan posisi jawaban dengan informasi pada LJK.
Ini sebabnya LJK gak boleh terbalik gan.Karena kalau terbalik,jawaban yang dibaca sama OMR juga salah!!!
Informasi jawaban apa saja yang akan diproses perangkat lunak, didefinisikan pada file definisi form. File ini mendefinisikan posisi kolom atau baris jawaban relatif terhadap skunk marks dan timing marks, tipe jawaban seperti angka numerik atau abjad, serta cara baca form yaitu horisontal atau vertikal.
Beberapa perangkat OMR yang beredar di pasaran sekarang telah meningkat kemampuannya. Sebagai contoh OMR 100M tipe visible red (sinar merah yang tampak dengan mata) dapat membaca isian berupa lubang-lubang pada kertas (punched) dan tinta ballpoint warna hitam atau biru dengan kecepatan 25-35 lembar/menit. OMR yang menggunakan port serial RS232 atau port USB sebagai port komunikasi dengan komputer ini dibandrol sekira Rp 30 juta-an di pasaran. Jenis lain dengan kemampuan lebih besar (lebih cepat) berharga tak kurang dari Rp 50 juta.
Lumayan mahal, namun karena sangat membantu, boleh dikata dana tak terlalu jadi masalah. Coba bayangkan untuk mengoreksi seluruh jawaban peserta SPMB yang berjumlah sekira 70.000 lembar jika dilakukan secara manual. Tentunya sangat besar potensi konflik akibat kesalahan manusia.
Penggunaan OMR tak hanya sebatas pada pengoreksi ujian tapi juga banyak hal seperti kuesioner, lotere, survei, jajak pendapat sampai dengan aplikasi medis seperti hasil pemeriksaan laboratorium.
Teknologi OMR ini semakin hari semakin maju. Yang menarik selain kemampuan pembacaannya yang kian meningkat, harga OMR pun makin turun. Sehingga tak heran kalau beberapa sekolah dan bimbingan belajar pun mampu untuk membeli. Tentu saja fasilitas ini makin mempermudah proses ujian dan ujicoba ujian di masing-masing institusi tersebut.
PERMAINAN DALAM TES CPNS
Disinilah permainan itu terjadi untuk lembaran jawaban bagi yang membayar uang sogokan sudah di siapkan penggantinya oleh Panitia. Sehingga komputer yang membaca lembaran jawaban tersebut benar semua. Karna kunci jawaban Tes tersebut sudah di cari sebelum nya oleh Panitia TES CPNS Tersebut.
Sehingga waktu pengiriman lembar Jawaban Bukan lembar Jawaban dari peserta Tes yang di kirim akan tetapi lembar jawaban dari Panitia tersebutlah yang dikirim kan Sehingga nilai nya 100 Atau betul semua.
Ada juga permainan lain yaitu seandainya ada peserta Tes yang telah memiliki jawaban dari soal Tes tetapi tidak membayar Uang pelicin maka lembar jawaban tersebut di bikin salah atau di robah oleh Panitia,sehingga sampai di komputer pemeriksa tetap hasil nya salah sehingga bisa bikin peserta naik pitam karna merasa sudah mengisi nya dengan benar semua TAPI TIDAK LULUS HE...HE..HE...
Nah bagi anda-anda yang tidak lulus tes CPNS ya' anda harus mengerti sendiri kalau sebenarnya Permainan tersebut sangat mudah dilakukan.
Trus kalau ada yang sudah bayar kenapa Tidak Lulus juga ? Disinilah pertanyaan besar tersebut , Letak persoalannya begini : berapa besar jumlah yang anda berikan sebagai uang pelicin ? kalau uang tersebut ada yang lebih dari yang anda berikan maka secara otomatis anda juga akan di singkirkan.
Tapi kenapa ada yang tidak bayar atau sedikit bayaran nya tapi lulus ? .Disinilah letak Tangan kekuasaan bermain BUPATI,GUBERNUR, PEJABAT INI, PEJABT ITU Yang merasa punya jatah dan agak berani menentang tangan-tangan kekuasaan maka maka mereka akan berjuang dan melobi Gubernur,Bupati agar maksud dan kehendak mereka tercapai.
Trus jalan keluar yang terbaik bagaimana ? Nah kalau benar-benar ingin lulus murni sebagai pegawai negeri maka biarkan semua nya di urus oleh Pusat dengan pelaksananya tetap seperti ITB kemaren. Dengan jalan bahwa soal ujian tersebut setelah di selenggarakan langsung di bawa oleh utusan dari Pemerintah Pusat dan tidak singgah lagi di Kantor BKD masing-masing Daerah.
Seperti yang terjadi tahun 2004 yang lalu Sewaktu SBY baru pertama jadi Presiden. Pada saat itu sempat ada harapan bahwa yang terbaik lah yang lulus jadi PNS. DAN TERNYATA YANG LULUS SEMUA NYA HAMPIR MURNI TIDAK PAKAI UANG PELICIN.Tapi Pejabat daerah kering tidak menerima apapun. HA...HA..HA..HA... SEKARANG TERSERAH ANDA APA YANG ANDA INGINKAN . BULATKAN TEKAD KALIAN SEMUA DAN TUNTUT KEBENARANLAH YANG HARUS DI JALANKAN. THANK ATAS KEMAUAN ANDA BACA BERITA YANG TIDAK BERMUTU INI ''CEKIDOT''
BERITA KERINCI
Fakta-fakta UNIK Dunia IT
Asal Usul Apel di Logo Apple
Gambar buah apel yang tergigit menjadi logo Apple yang begitu populer saat ini. Awalnya, perusahaan Steve Jobs tersebut menggunakan logo bergambar Isaac Newton yang sedang duduk di bawah pohon apel. Logo yang didesain Ronald Wayne ini dibuat tahun 1976.
Logo itu kemudian diubah Rob Janoff menjadi buah apel berpelangi yang digunakan dari tahun 1976-1998. Selanjutnya logo yang digunakan hingga saat ini adalah buah apel tergigit. Konon, gigitan apel tersebut terinspirasi dari Alan Turning, bapak komputer modern yang mengakhiri hidup dengan memakan apel yang mengandung sianida.
DirectX, Ide Sederhana Microsoft
Sebelum adanya DirectX, programer-programer game membuat sendiri alur antara device dengan software. Arsitektur PC sebelum Windows ini memang sangat rumit.
Namun Microsoft membuat ide sederhana yakni membuat utility yang memudahkan programer ‘berbicara’ secara langsung kepada hardware. Ide ini mulai diperkenalkan tahun 1995 dan akhirnya menjadi standar pengembangan multimedia pada platfrom Windows dengan diberi nama DirectX.
Tahukah Anda Kantor Pertama Google
Larry Page dan Sergey Brin adalah dua tokoh utama di balik kesuksesan Google. Sebelum meraksasa seperti sekarang atau saat mereka berusia 24 tahun, pondasi bisnis Google dibangun dari sebuah garasi yang juga merangkap sebagai kantor.
Pencipta WWW
Tim Berners Lee adalah sang penemu konsep World Wide Web (www) pertama kali pada tahun 1991. Hingga kini ia adalah orang yang sangat rendah hati.
Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas. Cobalah anda beripikir seandainya ia dulu mematenkan konsep www tersebut, barangkali internet tak akan seperti sekarang.
PC Pertama IBM
Personal Computer (PC) adalah konsep komputer untuk pengguna perorangan yang diwujudkan oleh IBM pada 1981. Model pertama IBM PC adalah 5150 yang berbasis prosesor Intel 8088 dan sistem operasi Microsoft DOS. Namun mulai 1983, IBM PC mulai tergeser dengan adanya ‘kloning’ pertama yang ditelurkan Compaq.
Pencetus Istilah Trojan Horse
Adalah Daniel Edwards dari National Security Agency (NSA) yang diakui mencetuskan istilah Trojan Horse untuk program jahat yang menyelinap dalam komputer korban. Inspirasinya tentu dari Kuda Troya yang digunakan bangsa Yunani untuk mengalahkan bangsa Troya dan mengambilalih kota Troya.
Mouse 2 Tombol Pertama Dikenalkan
Microsoft pertama kali mengenalkan mouse 2-tombol pada 2 Mei 1983. Namun sukses baru diraup produk yang dirancang untuk Microsoft Word itu pada tahun 1985. Meski dipopulerkan oleh Microsoft, Xerox bisa jadi adalah pihak pertama yang menelurkan mouse 2 tombol ke pasaran pada 1970-an.
Aksi ‘Hacking’ Bill Gates Muda
Sewaktu muda Gates dikenal gemar mengotak-atik sistem komputer. Termasuk, bersama tiga rekannya, untuk mendapatkan akses gratisan. Namun yang paling unik, saat diminta membuat program penjadwalan di sekolah ia mengatur agar dirinya selalu ditempatkan dalam kelas yang banyak siswa wanita.
Badai Salju Lahirkan Forum Online Pertama
Cikal bakal forum online adalah Computerized Bulletin Board System (CBBS). Program ini digarap oleh Ward Cristensen yang terjebak di rumahnya saat Chicago dilandai badai salju besar tahun 1978. Badai tersebut memberikan waktu bagi Christensen untuk fokus menggarap CBBS selama dua minggu.
Dimana Webserver Pertama Dunia
Webserver pertama di dunia adalah komputer NeXT yang digunakan oleh Tim Berners-Lee. Kini komputer itu dipamerkan dalam sebuah lemari kaca di CERN, Jenewa, Swiss.
Aplikasi Spreadsheet Pertama
Aplikasi spreadsheet (seperti Microsoft Excel) komersial pertama di dunia adalah VisiCalc. Program ini dikembangkan oleh Ed Frankston dan Dan Bricklin untuk digunakan pada komputer Apple II di tahun 1979. ‘Peniru’ yang muncul kemudian termasuk SuperCalc, Microsoft MultiPlan dan Lotus 1-2-3.
Asal Muasal Nama Malware Storm
Keluarga program jahat Storm memperoleh namanya dari video bertajuk ‘Storm Video’ yang berisi pemantauan tim F-Secure terhadap penyebarannya. Video itu dilihat 880.000 kali lebih.
Pengguna Laptop Pertama Dunia
Meski tak sepopuler Osborne 1, GRiD Compass 1100 (1982) kerap disebut sebagai laptop pertama. Saat itu, pengguna yang mampu membeli hanya NASA dan Angkatan Bersenjata AS.
Pemabuk Awali Revolusi Video Game
Para tukang minum minuman beralkohol bisa jadi adalah kelompok yang mengawali revolusi video game. Pasalnya game legendaris Pong pertama kali dipasang pada kedai minum Andy Capp’s di California.
Pegawai pertama Apple Inc
Insinyur komputer Daniel Kottke adalah pegawai pertama Apple Inc. Sahabat Steve Jobs ini dikenal sebagai yang membangun dan menguji Apple I bersama Steve Wozniak.
Suara Startup Windows 95
Suara yang muncul saat Windows 95 dimulai komposisinya dibuat oleh musisi Brian Eno. Ironisnya, mengingat Eno adalah pengguna Macintosh, bisa jadi ia membuatnya di komputer Mac.
Kotak Koin pada Game Arcade Pertama
Game arcade pertama di dunia adalah Computer Space hasil rancangan Nolan Bushnell. Mesin game itu menggunakan kaleng pengencer cat (thinner) untuk menyimpan koin yang dimasukkan pemain.
Koran Pertama yang Online
Koran cetak pertama yang bisa dibaca online adalah Columbus Dispatch. Hal ini terjadi lewat sebuah eksperimen bersama Associated Press dan CompuServe pada 1 Juli 1980.
Bagaimana menyebut @
Orang Indonesia menyebutnya ‘et’ atau ‘a keong’. Di Cina namanya ‘tikus kecil’. Di Swedia dan Denmark namanya ‘belalai gajah’. Di Jerman ’spider monkey’. Di Italia ‘keong’. Orang Israel menyebutnya ’strudel’
Jumlah Kolom dan Baris Microsoft Excel
Tau gak sih, ternyata jumlah kolom pada Microsoft Excel berjumlah 256, yang dimulai dari abjad A hingga IV. Sedangkan jumlah barisnya mencapai 65.536 baris.
Cikal-bakal layanan instant messaging
Cikal-bakal layanan instant messaging adalah layanan bernama ‘talk’ pada Unix. Meski bukan yang pertama, layanan itu populer di kalangan akademisi era 1980-1990′an.
CD Pertama yang Dicetak untuk Dijual
Cakram Digital (CD) pertama yang dicetak (pressed) secara massal untuk dijual di Amerika Serikat adalah ‘Born In The U.S.A’, album musik kondang karya Bruce Springsteen.
Ikon Save dalam Aplikasi Microsoft Word Terbalik
Ikon Save, untuk menyimpan file, dalam aplikasi Microsoft Word merupakan gambar sebuah disket. Namun dibandingkan disket sungguhan, gambar itu ternyata terbalik posisinya.
Folder ‘Terlarang’ di Sistem Operasi Windows
Di sistem operasi Microsoft Windows, pengguna tak akan pernah bisa membuat folder ataupun file dengan nama Con. Ini berlaku untuk semua jenis file. Apa sebabnya? Nama tersebut konon ‘dikunci’ oleh Windows sebagai nama sebuah device.
Pembuat Flash Drive Pertama
Tahukah Anda bahwa Flash Drive pertama kali dibuat oleh IBM? Tahun 1998 IBM merancang produk tersebut sebagai pengganti floppy drive pada notebook ThinkPad-nya. Meskipun demikian, IBM memilih tak mematenkan karya tersebut.
Tahukah Anda Spesifikasi Hardisk Pertama
Hardisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1952. Terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter), kecepatan rotasinya mencapai 1200 rpm dengan kapasitas penyimpanan 5 MB. Hardisk jaman sekarang ada yang selebar 0,6 cm dengan kapasitas 400 GB.
Tahukah Asal-usul Lambang @ di E-mail
Kehadiran e-mail atau surat elektronik memudahkan pekerjaan kita, terutama untuk mengirim file-file secara cepat. Dalam alamat e-mail, kita menggunakan lambang @ atau yang sering dibaca at. Namun, tahukah Anda asal-usul lambang yang begitu sederhana tapi penting itu?
Di tahun 1972, seorang insinyur pendiam bernama Ray Tomlison sukses mengirimkan e-mail pertama antara dua mesin. Waktu itu ia memilih menggunakan lambang @. Alasannya ternyata sederhana, karena menurutnya lambang itu lumayan membantu sebab mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju. Dari sinilah lambang @ terus dipakai hingga sekarang.
Mitos di Balik Maskot Linux
Tahukah anda nama pinguin lucu menggemaskan yang menjadi maskot Linux? Ya namanya adalah Tux.
Tux ini konon berasal dari kata Torvald + Unix = Tux. Linus Torvald sendiri adalah sang perintis pengembangan Kernel Linux. Penamaan ini mirip dengan penamaan Linux yang merupakan gabungan dari Linus + Unix.
Ada sebuah kisah, yang entah benar atau tidak, tentang mengapa sesosok pinguin yang dijadikan Torvalds sebagai logo Linux. Konon pada suatu hari Torvalds pernah dipatuk oleh seekor pinguin saat berjalan-jalan di taman Perth.
Setelah dipatuk, ia pun menjadi demam selama berhari-hari. Kemudian ia berpikir bahwa pinguin ini cocok digunakan sebagai logo Linux.
Dengan badan pinguin yang gemuk, tersenyum, lucu, menggemaskan dan digambarkan
sedang beristirahat, akhirnya Tux dipilih sebagai maskot Linux. Tux yang digunakan secara ‘resmi’ adalah buatan Larry Ewing.
Nama Kode Prosesor dan IC
Intel gemar menggunakan nama geografis, terutama sungai di Amerika Serikat bagian barat, untuk menyebut produknya yang masih dalam pengembangan misalnya Deschutes atau Willamette. Sedangkan AMD lebih memilih nama kota-kota seperti Manchester, Newcastle atau Brisbane
Fakta-fakta UNIK Dunia IT
Asal Usul Apel di Logo Apple
Gambar buah apel yang tergigit menjadi logo Apple yang begitu populer saat ini. Awalnya, perusahaan Steve Jobs tersebut menggunakan logo bergambar Isaac Newton yang sedang duduk di bawah pohon apel. Logo yang didesain Ronald Wayne ini dibuat tahun 1976.
Logo itu kemudian diubah Rob Janoff menjadi buah apel berpelangi yang digunakan dari tahun 1976-1998. Selanjutnya logo yang digunakan hingga saat ini adalah buah apel tergigit. Konon, gigitan apel tersebut terinspirasi dari Alan Turning, bapak komputer modern yang mengakhiri hidup dengan memakan apel yang mengandung sianida.
DirectX, Ide Sederhana Microsoft
Sebelum adanya DirectX, programer-programer game membuat sendiri alur antara device dengan software. Arsitektur PC sebelum Windows ini memang sangat rumit.
Namun Microsoft membuat ide sederhana yakni membuat utility yang memudahkan programer ‘berbicara’ secara langsung kepada hardware. Ide ini mulai diperkenalkan tahun 1995 dan akhirnya menjadi standar pengembangan multimedia pada platfrom Windows dengan diberi nama DirectX.
Tahukah Anda Kantor Pertama Google
Larry Page dan Sergey Brin adalah dua tokoh utama di balik kesuksesan Google. Sebelum meraksasa seperti sekarang atau saat mereka berusia 24 tahun, pondasi bisnis Google dibangun dari sebuah garasi yang juga merangkap sebagai kantor.
Pencipta WWW
Tim Berners Lee adalah sang penemu konsep World Wide Web (www) pertama kali pada tahun 1991. Hingga kini ia adalah orang yang sangat rendah hati.
Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas. Cobalah anda beripikir seandainya ia dulu mematenkan konsep www tersebut, barangkali internet tak akan seperti sekarang.
PC Pertama IBM
Personal Computer (PC) adalah konsep komputer untuk pengguna perorangan yang diwujudkan oleh IBM pada 1981. Model pertama IBM PC adalah 5150 yang berbasis prosesor Intel 8088 dan sistem operasi Microsoft DOS. Namun mulai 1983, IBM PC mulai tergeser dengan adanya ‘kloning’ pertama yang ditelurkan Compaq.
Pencetus Istilah Trojan Horse
Adalah Daniel Edwards dari National Security Agency (NSA) yang diakui mencetuskan istilah Trojan Horse untuk program jahat yang menyelinap dalam komputer korban. Inspirasinya tentu dari Kuda Troya yang digunakan bangsa Yunani untuk mengalahkan bangsa Troya dan mengambilalih kota Troya.
Mouse 2 Tombol Pertama Dikenalkan
Microsoft pertama kali mengenalkan mouse 2-tombol pada 2 Mei 1983. Namun sukses baru diraup produk yang dirancang untuk Microsoft Word itu pada tahun 1985. Meski dipopulerkan oleh Microsoft, Xerox bisa jadi adalah pihak pertama yang menelurkan mouse 2 tombol ke pasaran pada 1970-an.
Aksi ‘Hacking’ Bill Gates Muda
Sewaktu muda Gates dikenal gemar mengotak-atik sistem komputer. Termasuk, bersama tiga rekannya, untuk mendapatkan akses gratisan. Namun yang paling unik, saat diminta membuat program penjadwalan di sekolah ia mengatur agar dirinya selalu ditempatkan dalam kelas yang banyak siswa wanita.
Badai Salju Lahirkan Forum Online Pertama
Cikal bakal forum online adalah Computerized Bulletin Board System (CBBS). Program ini digarap oleh Ward Cristensen yang terjebak di rumahnya saat Chicago dilandai badai salju besar tahun 1978. Badai tersebut memberikan waktu bagi Christensen untuk fokus menggarap CBBS selama dua minggu.
Dimana Webserver Pertama Dunia
Webserver pertama di dunia adalah komputer NeXT yang digunakan oleh Tim Berners-Lee. Kini komputer itu dipamerkan dalam sebuah lemari kaca di CERN, Jenewa, Swiss.
Aplikasi Spreadsheet Pertama
Aplikasi spreadsheet (seperti Microsoft Excel) komersial pertama di dunia adalah VisiCalc. Program ini dikembangkan oleh Ed Frankston dan Dan Bricklin untuk digunakan pada komputer Apple II di tahun 1979. ‘Peniru’ yang muncul kemudian termasuk SuperCalc, Microsoft MultiPlan dan Lotus 1-2-3.
Asal Muasal Nama Malware Storm
Keluarga program jahat Storm memperoleh namanya dari video bertajuk ‘Storm Video’ yang berisi pemantauan tim F-Secure terhadap penyebarannya. Video itu dilihat 880.000 kali lebih.
Pengguna Laptop Pertama Dunia
Meski tak sepopuler Osborne 1, GRiD Compass 1100 (1982) kerap disebut sebagai laptop pertama. Saat itu, pengguna yang mampu membeli hanya NASA dan Angkatan Bersenjata AS.
Pemabuk Awali Revolusi Video Game
Para tukang minum minuman beralkohol bisa jadi adalah kelompok yang mengawali revolusi video game. Pasalnya game legendaris Pong pertama kali dipasang pada kedai minum Andy Capp’s di California.
Pegawai pertama Apple Inc
Insinyur komputer Daniel Kottke adalah pegawai pertama Apple Inc. Sahabat Steve Jobs ini dikenal sebagai yang membangun dan menguji Apple I bersama Steve Wozniak.
Suara Startup Windows 95
Suara yang muncul saat Windows 95 dimulai komposisinya dibuat oleh musisi Brian Eno. Ironisnya, mengingat Eno adalah pengguna Macintosh, bisa jadi ia membuatnya di komputer Mac.
Kotak Koin pada Game Arcade Pertama
Game arcade pertama di dunia adalah Computer Space hasil rancangan Nolan Bushnell. Mesin game itu menggunakan kaleng pengencer cat (thinner) untuk menyimpan koin yang dimasukkan pemain.
Koran Pertama yang Online
Koran cetak pertama yang bisa dibaca online adalah Columbus Dispatch. Hal ini terjadi lewat sebuah eksperimen bersama Associated Press dan CompuServe pada 1 Juli 1980.
Bagaimana menyebut @
Orang Indonesia menyebutnya ‘et’ atau ‘a keong’. Di Cina namanya ‘tikus kecil’. Di Swedia dan Denmark namanya ‘belalai gajah’. Di Jerman ’spider monkey’. Di Italia ‘keong’. Orang Israel menyebutnya ’strudel’
Jumlah Kolom dan Baris Microsoft Excel
Tau gak sih, ternyata jumlah kolom pada Microsoft Excel berjumlah 256, yang dimulai dari abjad A hingga IV. Sedangkan jumlah barisnya mencapai 65.536 baris.
Cikal-bakal layanan instant messaging
Cikal-bakal layanan instant messaging adalah layanan bernama ‘talk’ pada Unix. Meski bukan yang pertama, layanan itu populer di kalangan akademisi era 1980-1990′an.
CD Pertama yang Dicetak untuk Dijual
Cakram Digital (CD) pertama yang dicetak (pressed) secara massal untuk dijual di Amerika Serikat adalah ‘Born In The U.S.A’, album musik kondang karya Bruce Springsteen.
Ikon Save dalam Aplikasi Microsoft Word Terbalik
Ikon Save, untuk menyimpan file, dalam aplikasi Microsoft Word merupakan gambar sebuah disket. Namun dibandingkan disket sungguhan, gambar itu ternyata terbalik posisinya.
Folder ‘Terlarang’ di Sistem Operasi Windows
Di sistem operasi Microsoft Windows, pengguna tak akan pernah bisa membuat folder ataupun file dengan nama Con. Ini berlaku untuk semua jenis file. Apa sebabnya? Nama tersebut konon ‘dikunci’ oleh Windows sebagai nama sebuah device.
Pembuat Flash Drive Pertama
Tahukah Anda bahwa Flash Drive pertama kali dibuat oleh IBM? Tahun 1998 IBM merancang produk tersebut sebagai pengganti floppy drive pada notebook ThinkPad-nya. Meskipun demikian, IBM memilih tak mematenkan karya tersebut.
Tahukah Anda Spesifikasi Hardisk Pertama
Hardisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1952. Terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter), kecepatan rotasinya mencapai 1200 rpm dengan kapasitas penyimpanan 5 MB. Hardisk jaman sekarang ada yang selebar 0,6 cm dengan kapasitas 400 GB.
Tahukah Asal-usul Lambang @ di E-mail
Kehadiran e-mail atau surat elektronik memudahkan pekerjaan kita, terutama untuk mengirim file-file secara cepat. Dalam alamat e-mail, kita menggunakan lambang @ atau yang sering dibaca at. Namun, tahukah Anda asal-usul lambang yang begitu sederhana tapi penting itu?
Di tahun 1972, seorang insinyur pendiam bernama Ray Tomlison sukses mengirimkan e-mail pertama antara dua mesin. Waktu itu ia memilih menggunakan lambang @. Alasannya ternyata sederhana, karena menurutnya lambang itu lumayan membantu sebab mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju. Dari sinilah lambang @ terus dipakai hingga sekarang.
Mitos di Balik Maskot Linux
Tahukah anda nama pinguin lucu menggemaskan yang menjadi maskot Linux? Ya namanya adalah Tux.
Tux ini konon berasal dari kata Torvald + Unix = Tux. Linus Torvald sendiri adalah sang perintis pengembangan Kernel Linux. Penamaan ini mirip dengan penamaan Linux yang merupakan gabungan dari Linus + Unix.
Ada sebuah kisah, yang entah benar atau tidak, tentang mengapa sesosok pinguin yang dijadikan Torvalds sebagai logo Linux. Konon pada suatu hari Torvalds pernah dipatuk oleh seekor pinguin saat berjalan-jalan di taman Perth.
Setelah dipatuk, ia pun menjadi demam selama berhari-hari. Kemudian ia berpikir bahwa pinguin ini cocok digunakan sebagai logo Linux.
Dengan badan pinguin yang gemuk, tersenyum, lucu, menggemaskan dan digambarkan
sedang beristirahat, akhirnya Tux dipilih sebagai maskot Linux. Tux yang digunakan secara ‘resmi’ adalah buatan Larry Ewing.
Nama Kode Prosesor dan IC
Intel gemar menggunakan nama geografis, terutama sungai di Amerika Serikat bagian barat, untuk menyebut produknya yang masih dalam pengembangan misalnya Deschutes atau Willamette. Sedangkan AMD lebih memilih nama kota-kota seperti Manchester, Newcastle atau Brisbane
MANUSIA SAKTI BERILMU API
BERITA KERINCI
Manusia yang Tubuhnya Menghasilkan Api , Ada Didunia Nyata
Hal ini dapat tercapai dengan melakukan percepatan partikel untuk meningkatkan suhu hingga mencapai tingkat panas yang ekstrem dan sanggup memancarkan bunga api sehingga sanggup mengeluarkan api.Sebagian besar orang dengan karunia ini mempunyai kemampuan untuk meningkatkan suhu pribadi mereka untuk menghangatkan tubuh, bahkan dalam kondisi paling dingin.
Dalam beberapa tradisi pyrokinetic (orang yang dapat menggunakan pyrokinesis) dapat membuat api, tetapi secara "teknis" pyrokinetic hanya dapat memanipulasi api, meskipun mereka dapat membakar bahan mudah terbakar, membuat api setelahnya. Kemampuan untuk membuat api dari udara tipis, tanpa bahan mudah terbakar, disebut "pyrogenesis."
Pyrokinesis berada di bawah payung telekinesis (atau, kadang-kadang, psikokinesis)dimana seorang praktisi menggunakan pikirannya untuk mempengaruhi dunia fisik di sekitar mereka. Secara tradisional seorang pyrokinetic dapat menyalakan api ketika kondisi sesuai dengan pasokan yang cukup untuk menciptakan api, yaitu bahan bakar, oksigen dan panas, kemudian memanipulasi intensitas api dan arah di mana bahan-bahan itu berada. Jadi pyrokinetic dapat mengobarkan setumpuk surat kabar dan tidak membakar tirai di dekatnya , atau menyebabkan api menyebar dengan cepat melalui daerah tertentu pada kecepatan yang tidak wajar.
Walaupun tidak ada eksperimen empiris yang telah terbukti sesuai dengan yang ditampilkan oleh tradisi pyrokinesis populer , kemampuan untuk menghasilkan panas telah ditunjukkan oleh praktisi seni bela diri tertentu.
Seniman bela diri ini, dengan memanipulasi energi "chi", mereka dapat memancarkan panas dari tangan mereka atau bagian lain dari tubuh mereka. Beberapa berpendapat bahwa kemampuan ini tidak "benar" melainkan hanya pyrokinesis berbentuk bio feedback dan sekedar kontrol, meningkatkan dan peningkatan kemampuan alami tubuh untuk menghasilkan panas, sementara yang lain mengatakan bahwa itu adalah kemampuan manipulasi pikiran dunia materi dan dengan demikian memenuhi syarat sebagai (telekinesis).Banyak yang memiliki kemampuan ini bekerja dengan energi negatif yang cenderung lebih hangat kemudian berubah bentuk ke energi positif.Pemilik kemampuan ini cenderung penuh energi negatif dan dengan demikian sangat panas bila disentuh, atau dalam kekurangan energi negatif sehingga menjadikannya cukup beku untuk disentuh.
Fenomena yang dialami para penderita pyrokinetics, berbeda dengan yang disebut penghangusan tubuh secara spontan atau Spontaneous human combustion (SHC). SHC sering berakibat fatal, karena panas yang terjadi mampu mengubah tubuh menjadi setumpuk abu hanya dalam beberapa menit. Bisa dibayangkan seberapa kuat panasnya, bila dibandingkan dengan pembakaran jenazah di krematorium yang menggunakan panas pada suhu 1.110 C. Perlu waktu 8 jam untuk membakar jenazah di situ. Itupun, bekas yang ditinggalkan tidak seperti pada peristiwa SHC.
SHC adalah fenomena yang tidak secara langsung berkaitan dengan pyrokinesis, tetapi kesimpulan logis yang didapat dan telah ditarik diantara keduanya adalah jika seseorang tiba-tiba terbakar tanpa alasan yang dapat dipahami tentu saja dapat menjadi target pyrokinetic, jika seseorang mengandaikan adanya semacam itu. Teori-teori lain di sekitar keduanya, SHC dan praktisi pyrokinesis yang berjuang untuk mengendalikan kemampuan mereka dan secara tidak sengaja mengubahnya pada diri mereka sendiri, sehingga terjadilah SHC.
Willy Brough (12) dari Turlock, Kalifornia, misalnya, diduga mampu menyalakan api hanya dengan memandangnya. Akibatnya, ia harus menerima saja ketika diusir keluarganya karena dianggap kerasukan roh jahat.Untunglah, seorang petani yang tinggal dekat rumahnya mau memungut bocah itu dan kembali menyekolahkannya. Namun sayang, di sekolah baru ini ia hanya bertahan 1 hari. Karena hanya dalam sehari itu, lima ruang kelas dilalap api yang bersumber dari sorot matanya.
Contoh lainnya adalah Benedetto Supino dari Formia, dekat Roma, yang selanjutnya mejadi perhatian masyarakatnya. Bermula pada tahun 1982, ketika buku komik yang dibacanya di ruang tunggu dokter gigi tiba-tiba menyala. Sejak itu, ia dan keluarganya dikejutkan oleh beberapa kebakaran. Meja-kursi dan bermacam-macam barang lainnya terbakar setiap kali Benedetto melewatinya, termasuk juga seprai tempat tidurnya, atau barang-barang yang dipegangnya, terutama buku. Demikian pula dengan barang yang dipandangnya dengan serius, seperti yang pernah terjadi pada benda plastik yang dipegang pamannya.
Kemampuan itu membuat Benedetto merasa sangat malu, bahkan tertekan. Sementara para ilmuwan tidak mampu banyak membantunya. Profesor Mario Scuncio dari Pusat Kesehatan Sosial Tivoli misalnya, justruu memberikan diagnosis yang agak janggal dengan menilai kondisi kejiwaan anak laki-laki yang pendiam dan kutu buku itu sangat normal.Dr. Giovanni Ballesio, dekan jurusan pengobatan kesehatan dari Rome University, yang pernah menyelidiki kemungkinan ketidaknormalan pada orang yang memiliki kemampuan membangkitkan listrik tinggi pun tidak mampu menemukan penjelasan apa-apa di balik semua kebakaran itu. Benedetto hanya menyandarkan harapannya pada parapsikolog Demetrio Croce yang mencoba mengajarkan bagaimana mengontrol kemampuannya itu.
Nasib mengenaskan lain dialami Jennie Bramwell yang yatim piatu. Hanya dalam beberapa minggu setelah diadopsi, di rumah Dawson, keluarga angkatnya di Thorah Island, Ontario. Telah terjadi berpuluh kali kebakaran kecil. Api yang menjilat langit-langit, dinding, perabotan, handuk, bahkan kucing kesayangan keluarga, terjadi spontan saat Jennie ada di dekatnya. Jennie pun dikembalikan ke rumah yatim piatu.
Kemampuan seperti juga dikembangkan teratur oleh para biksu Tibet bahkan hal ini diujikan dalam proses inisiasi mereka, dengan membungkus diri dalam lembaran kain dan kertas basah, dan menghabiskan malam di pegunungan yang dingin, duduk di salju. Di pagi hari, jika mereka lulus ujian, kertas dan kain akan mengering dan beberapa salju yang menyentuh tulang kaki di sekitar biarawan akan meleleh.
Tekhnik mereka ini disebut memperluas sushumna . Sushumna adalah jalur dari perjalanan kundalini hingga tulang belakang. Memperluas sushumna digunakan untuk meningkatkan suhu tubuh dan membuat panas. Kemampuan ini juga dapat diterapkan untuk pyrokinesis (mengatur benda-benda hingga dapat terbakar dengan kekuatan pikiran
Manusia yang Tubuhnya Menghasilkan Api , Ada Didunia Nyata
Hal ini dapat tercapai dengan melakukan percepatan partikel untuk meningkatkan suhu hingga mencapai tingkat panas yang ekstrem dan sanggup memancarkan bunga api sehingga sanggup mengeluarkan api.Sebagian besar orang dengan karunia ini mempunyai kemampuan untuk meningkatkan suhu pribadi mereka untuk menghangatkan tubuh, bahkan dalam kondisi paling dingin.
Dalam beberapa tradisi pyrokinetic (orang yang dapat menggunakan pyrokinesis) dapat membuat api, tetapi secara "teknis" pyrokinetic hanya dapat memanipulasi api, meskipun mereka dapat membakar bahan mudah terbakar, membuat api setelahnya. Kemampuan untuk membuat api dari udara tipis, tanpa bahan mudah terbakar, disebut "pyrogenesis."
Pyrokinesis berada di bawah payung telekinesis (atau, kadang-kadang, psikokinesis)dimana seorang praktisi menggunakan pikirannya untuk mempengaruhi dunia fisik di sekitar mereka. Secara tradisional seorang pyrokinetic dapat menyalakan api ketika kondisi sesuai dengan pasokan yang cukup untuk menciptakan api, yaitu bahan bakar, oksigen dan panas, kemudian memanipulasi intensitas api dan arah di mana bahan-bahan itu berada. Jadi pyrokinetic dapat mengobarkan setumpuk surat kabar dan tidak membakar tirai di dekatnya , atau menyebabkan api menyebar dengan cepat melalui daerah tertentu pada kecepatan yang tidak wajar.
Walaupun tidak ada eksperimen empiris yang telah terbukti sesuai dengan yang ditampilkan oleh tradisi pyrokinesis populer , kemampuan untuk menghasilkan panas telah ditunjukkan oleh praktisi seni bela diri tertentu.
Seniman bela diri ini, dengan memanipulasi energi "chi", mereka dapat memancarkan panas dari tangan mereka atau bagian lain dari tubuh mereka. Beberapa berpendapat bahwa kemampuan ini tidak "benar" melainkan hanya pyrokinesis berbentuk bio feedback dan sekedar kontrol, meningkatkan dan peningkatan kemampuan alami tubuh untuk menghasilkan panas, sementara yang lain mengatakan bahwa itu adalah kemampuan manipulasi pikiran dunia materi dan dengan demikian memenuhi syarat sebagai (telekinesis).Banyak yang memiliki kemampuan ini bekerja dengan energi negatif yang cenderung lebih hangat kemudian berubah bentuk ke energi positif.Pemilik kemampuan ini cenderung penuh energi negatif dan dengan demikian sangat panas bila disentuh, atau dalam kekurangan energi negatif sehingga menjadikannya cukup beku untuk disentuh.
Fenomena yang dialami para penderita pyrokinetics, berbeda dengan yang disebut penghangusan tubuh secara spontan atau Spontaneous human combustion (SHC). SHC sering berakibat fatal, karena panas yang terjadi mampu mengubah tubuh menjadi setumpuk abu hanya dalam beberapa menit. Bisa dibayangkan seberapa kuat panasnya, bila dibandingkan dengan pembakaran jenazah di krematorium yang menggunakan panas pada suhu 1.110 C. Perlu waktu 8 jam untuk membakar jenazah di situ. Itupun, bekas yang ditinggalkan tidak seperti pada peristiwa SHC.
SHC adalah fenomena yang tidak secara langsung berkaitan dengan pyrokinesis, tetapi kesimpulan logis yang didapat dan telah ditarik diantara keduanya adalah jika seseorang tiba-tiba terbakar tanpa alasan yang dapat dipahami tentu saja dapat menjadi target pyrokinetic, jika seseorang mengandaikan adanya semacam itu. Teori-teori lain di sekitar keduanya, SHC dan praktisi pyrokinesis yang berjuang untuk mengendalikan kemampuan mereka dan secara tidak sengaja mengubahnya pada diri mereka sendiri, sehingga terjadilah SHC.
Willy Brough (12) dari Turlock, Kalifornia, misalnya, diduga mampu menyalakan api hanya dengan memandangnya. Akibatnya, ia harus menerima saja ketika diusir keluarganya karena dianggap kerasukan roh jahat.Untunglah, seorang petani yang tinggal dekat rumahnya mau memungut bocah itu dan kembali menyekolahkannya. Namun sayang, di sekolah baru ini ia hanya bertahan 1 hari. Karena hanya dalam sehari itu, lima ruang kelas dilalap api yang bersumber dari sorot matanya.
Contoh lainnya adalah Benedetto Supino dari Formia, dekat Roma, yang selanjutnya mejadi perhatian masyarakatnya. Bermula pada tahun 1982, ketika buku komik yang dibacanya di ruang tunggu dokter gigi tiba-tiba menyala. Sejak itu, ia dan keluarganya dikejutkan oleh beberapa kebakaran. Meja-kursi dan bermacam-macam barang lainnya terbakar setiap kali Benedetto melewatinya, termasuk juga seprai tempat tidurnya, atau barang-barang yang dipegangnya, terutama buku. Demikian pula dengan barang yang dipandangnya dengan serius, seperti yang pernah terjadi pada benda plastik yang dipegang pamannya.
Kemampuan itu membuat Benedetto merasa sangat malu, bahkan tertekan. Sementara para ilmuwan tidak mampu banyak membantunya. Profesor Mario Scuncio dari Pusat Kesehatan Sosial Tivoli misalnya, justruu memberikan diagnosis yang agak janggal dengan menilai kondisi kejiwaan anak laki-laki yang pendiam dan kutu buku itu sangat normal.Dr. Giovanni Ballesio, dekan jurusan pengobatan kesehatan dari Rome University, yang pernah menyelidiki kemungkinan ketidaknormalan pada orang yang memiliki kemampuan membangkitkan listrik tinggi pun tidak mampu menemukan penjelasan apa-apa di balik semua kebakaran itu. Benedetto hanya menyandarkan harapannya pada parapsikolog Demetrio Croce yang mencoba mengajarkan bagaimana mengontrol kemampuannya itu.
Nasib mengenaskan lain dialami Jennie Bramwell yang yatim piatu. Hanya dalam beberapa minggu setelah diadopsi, di rumah Dawson, keluarga angkatnya di Thorah Island, Ontario. Telah terjadi berpuluh kali kebakaran kecil. Api yang menjilat langit-langit, dinding, perabotan, handuk, bahkan kucing kesayangan keluarga, terjadi spontan saat Jennie ada di dekatnya. Jennie pun dikembalikan ke rumah yatim piatu.
Kemampuan seperti juga dikembangkan teratur oleh para biksu Tibet bahkan hal ini diujikan dalam proses inisiasi mereka, dengan membungkus diri dalam lembaran kain dan kertas basah, dan menghabiskan malam di pegunungan yang dingin, duduk di salju. Di pagi hari, jika mereka lulus ujian, kertas dan kain akan mengering dan beberapa salju yang menyentuh tulang kaki di sekitar biarawan akan meleleh.
Tekhnik mereka ini disebut memperluas sushumna . Sushumna adalah jalur dari perjalanan kundalini hingga tulang belakang. Memperluas sushumna digunakan untuk meningkatkan suhu tubuh dan membuat panas. Kemampuan ini juga dapat diterapkan untuk pyrokinesis (mengatur benda-benda hingga dapat terbakar dengan kekuatan pikiran
TREND BARU MENGOPERASIKAN KOMPUTER CUKUP DENGAN MATA
BERITA KERINCI
Software pengoperasian komputer dengan mata
Aplikasi yang satu ini terbilang unik. Namanya Eye-B Pod, singkatan dari Eye Based Pointing Device. Menurut salah satu pengembangnya, Stanley Audrey, dengan aplikasi ini pengguna komputer bisa menggerakkan pointer menggunakan gerakan mata dan kepala. Eye-B Pod secara khusus dikembangkan bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik atau cacat pada tangan.
Ide membuat Eye-B Pod muncul saat Stanley dan dua rekannya, Victor dan Josephine, mengambil mata kuliah mengenai pengolahan citra. Projek Eye-B Pod sendiri diambil dari pengembangan skripsi yang mereka kerjakan. Aplikasi ini mereka buat menggunakan bahasa pemrograman Visual C++.
Awalnya, ketiga alumnus Teknik Informatika, Universitas Bina Nusantara angkatan 2005, ini mencoba memanfaatkan jari tangan yang ditangkap oleh sensor webcam untuk menggerakkan pointer pada layar monitor. “Tetapi, setelah ditelaah lebih lanjut, ada sedikit kekurangan jika kami menggunakan jari tangan, terutama dari segi kegunaannya,” kata Stanley. Karena itulah, akhirnya mereka memutuskan untuk memanfaatkan mata sebagai penggerak pointer pada monitor.
“Kami menggunakan mata agar penelitian kami memiliki nilai kegunaan yang tinggi,” lanjut Stanley. Dia berharap agar Eye-B Pod bisa membantu orang-orang yang memiliki gangguan fisik pada bagian lengan. Syarat menggunakannya hanya satu: pengguna harus melengkapi komputernya dengan sebuah webcam (web camera).
Dengan Eye-B Pod, pengguna komputer dapat mengerakkan pointer pada komputernya dengan menggerakkan mata. Mereka tidak perlu lagi menggunakan mouse. “Dengan Eye-B Pod, kita juga dapat mengoptimalkan pekerjaan. Kita bisa mengoperasikan komputer dengan mata, sementara tangan kita dapat digunakan untuk melakukan kegiatan lain,” ujar Stanley.
Eye-B Pod dapat disetting agar berjalan secara otomatis ketika komputer dinyalakan. Stanley menjelaskan cara kerjanya. “Software ini membutuhkan webcam sebagai alat input-nya. Gambar-gambar yang didapat dari hasil capture webcam akan diproses,” kata dia.
Awalnya, aplikasi akan mendeteksi wajah dan mata si pengguna komputer. Setelah itu, menggunakan algoritma yang telah ditentukan, Eye-B Pod akan mendapatkan titik yang paling unik di area mata pengguna.
“Algoritma ini berjalan secara otomatis. Titik ini akan dijadikan sebagai dasar dari penjejakan objek (objek tracking),” Stanley menjelaskan. Menurut dia, setiap perubahan posisi dari titik tersebut, antara satu frame dengan frame yang lainnya, akan dianalogikan sebagai gerakan pointer pada komputer.
Jika menggerakkan pointer cukup dengan menggerakkan mata dan kepala, bagaimana cara meng-klik opsi-opsi yang terpampang di layar monitor komputer? “Untuk proses klik dapat dilakukan dengan menggunakan kedipan mata kanan maupun kiri,” jawab Stanley. Aplikasi ini, menurutnya, dapat diinstall di beragam sistem operasi.
Target khusus pengguna Eye-B Pod, secara khusus, adalah orang-orang yang memiliki gangguan fisik pada bagian tangan. “Baik tuna daksa atau cacat lengan, penderita stroke, dan penderita parkinson,” kata Stanley. Namun, mereka yang tak memiliki kekurangan apapun juga dapat menggunakannya. “Karena produk ini juga dapat meningkatkan optimalitas. Kita bisa mengoperasikan komputer dengan mata, sementara tangan kita dapat digunakan untuk melakukan kegiatan lain.”
Eye-B-PoD terdiri dari empat fitur, yaitu:
1. Automatic Face And Eye Detection: saat pengguna sudah berada di depan webcam yang telah dilengkapi software Eye-B-PoD, otomatis muka dan matanya langsung terdeteksi.
2. Smart Dominant Face Detector: misalkan ada lima wajah yang berada di depan webcam, maka hanya wajah dominan yang bisa ditangkap oleh Eye-B-PoD.
3. False Positive Blink Detector: bisa mendeteksi kedipan mata saat pengguna ingin melakukan klik kiri atau klik kanan dengan kedipan.
4. Auto Sensitivity Calibration: otomatis mengkalibrasi ulang jika Eye-B-PoD kehilangan deteksi kedipan mata.
Saat ini, aplikasi yang keluar sebagai salah satu pemenang (merit) dalam INAICTA 2009 ini masih dalam tahap pengembangan. “Namun, kami telah meluncurkan pilot project-nya ke yayasan PPCI (Persatuan Penyandang Cacat Indonesia),” ucap Stanley. Dia dan dua rekannya masih punya rencana untuk mengoptimalkan fungsi Eye-B Pod dengan menambahkan fitur voice recognition pada aplikasi tersebut. Dengan begitu, pengguna bisa mengoperasikan komputernya tanpa menggunakan tangan sama sekali.
Software pengoperasian komputer dengan mata
Aplikasi yang satu ini terbilang unik. Namanya Eye-B Pod, singkatan dari Eye Based Pointing Device. Menurut salah satu pengembangnya, Stanley Audrey, dengan aplikasi ini pengguna komputer bisa menggerakkan pointer menggunakan gerakan mata dan kepala. Eye-B Pod secara khusus dikembangkan bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik atau cacat pada tangan.
Ide membuat Eye-B Pod muncul saat Stanley dan dua rekannya, Victor dan Josephine, mengambil mata kuliah mengenai pengolahan citra. Projek Eye-B Pod sendiri diambil dari pengembangan skripsi yang mereka kerjakan. Aplikasi ini mereka buat menggunakan bahasa pemrograman Visual C++.
Awalnya, ketiga alumnus Teknik Informatika, Universitas Bina Nusantara angkatan 2005, ini mencoba memanfaatkan jari tangan yang ditangkap oleh sensor webcam untuk menggerakkan pointer pada layar monitor. “Tetapi, setelah ditelaah lebih lanjut, ada sedikit kekurangan jika kami menggunakan jari tangan, terutama dari segi kegunaannya,” kata Stanley. Karena itulah, akhirnya mereka memutuskan untuk memanfaatkan mata sebagai penggerak pointer pada monitor.
“Kami menggunakan mata agar penelitian kami memiliki nilai kegunaan yang tinggi,” lanjut Stanley. Dia berharap agar Eye-B Pod bisa membantu orang-orang yang memiliki gangguan fisik pada bagian lengan. Syarat menggunakannya hanya satu: pengguna harus melengkapi komputernya dengan sebuah webcam (web camera).
Dengan Eye-B Pod, pengguna komputer dapat mengerakkan pointer pada komputernya dengan menggerakkan mata. Mereka tidak perlu lagi menggunakan mouse. “Dengan Eye-B Pod, kita juga dapat mengoptimalkan pekerjaan. Kita bisa mengoperasikan komputer dengan mata, sementara tangan kita dapat digunakan untuk melakukan kegiatan lain,” ujar Stanley.
Eye-B Pod dapat disetting agar berjalan secara otomatis ketika komputer dinyalakan. Stanley menjelaskan cara kerjanya. “Software ini membutuhkan webcam sebagai alat input-nya. Gambar-gambar yang didapat dari hasil capture webcam akan diproses,” kata dia.
Awalnya, aplikasi akan mendeteksi wajah dan mata si pengguna komputer. Setelah itu, menggunakan algoritma yang telah ditentukan, Eye-B Pod akan mendapatkan titik yang paling unik di area mata pengguna.
“Algoritma ini berjalan secara otomatis. Titik ini akan dijadikan sebagai dasar dari penjejakan objek (objek tracking),” Stanley menjelaskan. Menurut dia, setiap perubahan posisi dari titik tersebut, antara satu frame dengan frame yang lainnya, akan dianalogikan sebagai gerakan pointer pada komputer.
Jika menggerakkan pointer cukup dengan menggerakkan mata dan kepala, bagaimana cara meng-klik opsi-opsi yang terpampang di layar monitor komputer? “Untuk proses klik dapat dilakukan dengan menggunakan kedipan mata kanan maupun kiri,” jawab Stanley. Aplikasi ini, menurutnya, dapat diinstall di beragam sistem operasi.
Target khusus pengguna Eye-B Pod, secara khusus, adalah orang-orang yang memiliki gangguan fisik pada bagian tangan. “Baik tuna daksa atau cacat lengan, penderita stroke, dan penderita parkinson,” kata Stanley. Namun, mereka yang tak memiliki kekurangan apapun juga dapat menggunakannya. “Karena produk ini juga dapat meningkatkan optimalitas. Kita bisa mengoperasikan komputer dengan mata, sementara tangan kita dapat digunakan untuk melakukan kegiatan lain.”
Eye-B-PoD terdiri dari empat fitur, yaitu:
1. Automatic Face And Eye Detection: saat pengguna sudah berada di depan webcam yang telah dilengkapi software Eye-B-PoD, otomatis muka dan matanya langsung terdeteksi.
2. Smart Dominant Face Detector: misalkan ada lima wajah yang berada di depan webcam, maka hanya wajah dominan yang bisa ditangkap oleh Eye-B-PoD.
3. False Positive Blink Detector: bisa mendeteksi kedipan mata saat pengguna ingin melakukan klik kiri atau klik kanan dengan kedipan.
4. Auto Sensitivity Calibration: otomatis mengkalibrasi ulang jika Eye-B-PoD kehilangan deteksi kedipan mata.
Saat ini, aplikasi yang keluar sebagai salah satu pemenang (merit) dalam INAICTA 2009 ini masih dalam tahap pengembangan. “Namun, kami telah meluncurkan pilot project-nya ke yayasan PPCI (Persatuan Penyandang Cacat Indonesia),” ucap Stanley. Dia dan dua rekannya masih punya rencana untuk mengoptimalkan fungsi Eye-B Pod dengan menambahkan fitur voice recognition pada aplikasi tersebut. Dengan begitu, pengguna bisa mengoperasikan komputernya tanpa menggunakan tangan sama sekali.
MONSTER MISTERIUS DI DANAU
BERITA KERINCI
Adakah ada monster misterius di danau Tianchi ?
Danau Tianchi atau danau langit adalah sebuah danau yang terdapat di gunung Changbai di propinsi Jilin yang merupakan danau tertinggi di Asia Timur Laut. Tinggi gunung ini adalah 2.189 meter di atas permukaan laut. Sedangkan Tianchi sendiri adalah danau gunung terdalam di Cina dengan kedalaman hingga 373 meter. Suasana gunung yang terpencil dan danau yang eksotik ini sepertinya merupakan tempat tinggal yang ideal untuk monster danau yang misterius. Paling tidak itulah yang dipercayai sebagian orang.
Pada suatu pagi di tahun 2005, Zheng Changcun, 52 tahun, dan putrinya sedang berdiri sambil memandangi danau Tianchi yang indah. Tiba-tiba, air danau yang sebelumya tenang mulai beriak-riak. Lalu dari dalam riakan itu muncul sebuah objek misterius berwarna hitam.
Zheng menggambarkan perasaannya saat melihat objek itu,"Aku sangat takjub dan berteriak dengan keras bahwa ada monster di danau!"
Saat itu, selain Zheng dan putrinya, sekumpulan Turis juga ada di tempat itu. Zheng segera mengambil kamera video dan merekam semua kejadian itu. Beberapa saat kemudian, objek itu kembali menyelam ke dalam air dan menghilang.
Penampakan yang disaksikan Zheng dan turis lainnya bukanlah hal yang baru. Dalam 20 tahun terakhir, paling tidak ada 30 laporan penampakan.
Kisah monster ini sebenarnya dapat dilacak ke belakang hingga tahun 1903. Pada waktu itu seorang saksi mengaku melihat seekor makhluk besar dengan ciri-ciri menyerupai seekor kerbau. Makhluk itu terlihat di tepi danau dan kemudian menyerang tiga orang yang ada disitu. Namun, kemudian seseorang menembak makhluk itu hingga enam kali. Makhluk yang terluka itu lalu masuk ke dalam air dan menghilang.
Pada Agustus 1962, seorang pria dengan teleskop mengaku melihat dua monster saling berkejaran di danau. Lebih dari seratus orang yang ada di tempat itu juga menyaksikan penampakan yang sama.
Dalam satu laporan yang masuk, monster danau Tianchi disebut memiliki kepala seperti manusia dengan panjang leher sekitar 1,5 meter. Di kulit bagian bawah lehernya terdapat lingkaran berwarna putih. Sedangkan warna tubuhnya berwarna abu-abu.
Lalu, pada tahun 2007, sebuah rekaman muncul ke permukaan. Seorang reporter TV bernama Zhuo Yongsheng mengaku melihat makhluk itu dan merekamnya.
"Mereka dapat berenang secepat kapal dan dalam sekejap mereka menghilang ke dalam air. Siripnya atau sayapnya lebih panjang dari tubuhnya" Kata Zhuo.
Menurutnya lagi, makhluk itu berenang dan bermain di danau pada pagi hari. Menariknya Zhuo bukan hanya menyaksikan satu makhluk, melainkan enam. Dalam rekaman yang dibuat oleh Zhuo, makhluk-makhluk itu terlihat berenang dengan seragam seperti dikomando.
Namun, setelah rekaman Zhuo muncul ke publik, seorang peneliti senior dari National Academy of Science of The Democratic People's Republic of Korea (DPRK) bernama Kim Li Tae mengadakan konfrensi pers dan memberikan penjelasan.
Ia mengatakan bahwa makhluk yang terekam oleh Zhuo kemungkinan adalah ikan trout. Gunung Changbai tempat danau Tianchi berada sebenarnya berada di dua negara, yaitu Cina dan Korea. Menurut Kim, 40 tahun yang lalu, pihak Korea mengadakan eksperimen dengan menaruh sembilan ekor bibit ikan Trout di danau itu.
Kim juga mengatakan bahwa ia adalah salah seorang yang turut serta dalam eksperimen itu. Pada tahun 2000, para peneliti berhasil menangkap salah satu ikan trout itu dan ternyata ikan itu memiliki panjang hingga 85 cm. Cukup untuk membuat sebuah riakan yang besar di danau.
Tapi patut dicatat bahwa Kim tidak pernah menyangkal adanya monster danau Tianchi. Ia hanya memberikan klarifikasinya mengenai rekaman Zhuo.
Walaupun legenda monster ini telah berumur 100 tahun lebih, hampir tidak ada bukti memadai yang menunjukkan adanya makhluk misterius di danau ini selain dari laporan para saksi.
Tapi saya rasa hal ini wajar karena boleh dibilang memang tidak pernah ada bukti yang benar-benar memadai dari seluruh makhluk misterius di dunia.
Jadi mungkin monster danau Tianchi memang ada. Dan saya rasa kita dapat menemukannya bila ada orang yang benar-benar berniat mencarinya.
Adakah ada monster misterius di danau Tianchi ?
Danau Tianchi atau danau langit adalah sebuah danau yang terdapat di gunung Changbai di propinsi Jilin yang merupakan danau tertinggi di Asia Timur Laut. Tinggi gunung ini adalah 2.189 meter di atas permukaan laut. Sedangkan Tianchi sendiri adalah danau gunung terdalam di Cina dengan kedalaman hingga 373 meter. Suasana gunung yang terpencil dan danau yang eksotik ini sepertinya merupakan tempat tinggal yang ideal untuk monster danau yang misterius. Paling tidak itulah yang dipercayai sebagian orang.
Pada suatu pagi di tahun 2005, Zheng Changcun, 52 tahun, dan putrinya sedang berdiri sambil memandangi danau Tianchi yang indah. Tiba-tiba, air danau yang sebelumya tenang mulai beriak-riak. Lalu dari dalam riakan itu muncul sebuah objek misterius berwarna hitam.
Zheng menggambarkan perasaannya saat melihat objek itu,"Aku sangat takjub dan berteriak dengan keras bahwa ada monster di danau!"
Saat itu, selain Zheng dan putrinya, sekumpulan Turis juga ada di tempat itu. Zheng segera mengambil kamera video dan merekam semua kejadian itu. Beberapa saat kemudian, objek itu kembali menyelam ke dalam air dan menghilang.
Penampakan yang disaksikan Zheng dan turis lainnya bukanlah hal yang baru. Dalam 20 tahun terakhir, paling tidak ada 30 laporan penampakan.
Kisah monster ini sebenarnya dapat dilacak ke belakang hingga tahun 1903. Pada waktu itu seorang saksi mengaku melihat seekor makhluk besar dengan ciri-ciri menyerupai seekor kerbau. Makhluk itu terlihat di tepi danau dan kemudian menyerang tiga orang yang ada disitu. Namun, kemudian seseorang menembak makhluk itu hingga enam kali. Makhluk yang terluka itu lalu masuk ke dalam air dan menghilang.
Pada Agustus 1962, seorang pria dengan teleskop mengaku melihat dua monster saling berkejaran di danau. Lebih dari seratus orang yang ada di tempat itu juga menyaksikan penampakan yang sama.
Dalam satu laporan yang masuk, monster danau Tianchi disebut memiliki kepala seperti manusia dengan panjang leher sekitar 1,5 meter. Di kulit bagian bawah lehernya terdapat lingkaran berwarna putih. Sedangkan warna tubuhnya berwarna abu-abu.
Lalu, pada tahun 2007, sebuah rekaman muncul ke permukaan. Seorang reporter TV bernama Zhuo Yongsheng mengaku melihat makhluk itu dan merekamnya.
"Mereka dapat berenang secepat kapal dan dalam sekejap mereka menghilang ke dalam air. Siripnya atau sayapnya lebih panjang dari tubuhnya" Kata Zhuo.
Menurutnya lagi, makhluk itu berenang dan bermain di danau pada pagi hari. Menariknya Zhuo bukan hanya menyaksikan satu makhluk, melainkan enam. Dalam rekaman yang dibuat oleh Zhuo, makhluk-makhluk itu terlihat berenang dengan seragam seperti dikomando.
Namun, setelah rekaman Zhuo muncul ke publik, seorang peneliti senior dari National Academy of Science of The Democratic People's Republic of Korea (DPRK) bernama Kim Li Tae mengadakan konfrensi pers dan memberikan penjelasan.
Ia mengatakan bahwa makhluk yang terekam oleh Zhuo kemungkinan adalah ikan trout. Gunung Changbai tempat danau Tianchi berada sebenarnya berada di dua negara, yaitu Cina dan Korea. Menurut Kim, 40 tahun yang lalu, pihak Korea mengadakan eksperimen dengan menaruh sembilan ekor bibit ikan Trout di danau itu.
Kim juga mengatakan bahwa ia adalah salah seorang yang turut serta dalam eksperimen itu. Pada tahun 2000, para peneliti berhasil menangkap salah satu ikan trout itu dan ternyata ikan itu memiliki panjang hingga 85 cm. Cukup untuk membuat sebuah riakan yang besar di danau.
Tapi patut dicatat bahwa Kim tidak pernah menyangkal adanya monster danau Tianchi. Ia hanya memberikan klarifikasinya mengenai rekaman Zhuo.
Walaupun legenda monster ini telah berumur 100 tahun lebih, hampir tidak ada bukti memadai yang menunjukkan adanya makhluk misterius di danau ini selain dari laporan para saksi.
Tapi saya rasa hal ini wajar karena boleh dibilang memang tidak pernah ada bukti yang benar-benar memadai dari seluruh makhluk misterius di dunia.
Jadi mungkin monster danau Tianchi memang ada. Dan saya rasa kita dapat menemukannya bila ada orang yang benar-benar berniat mencarinya.
BUAT CATATAN YANG PALING SI DIA SUKAI
BERITA KERINCI
Siapa bilang cinta dan seks tak lagi mendembarkan setelah resmi menikah? Justru Anda akan mendapatkan cinta dan seks yang lebih baik setelah Anda berstatus suami-istri, tentu bila Anda mengetahui rahasianya.
Lantas apa rahasianya? Ya, dengan sedikit usaha, hubungan pasangan suami-istri akan tetap terus panas membara.
Berikut 10 saran yang bisa Anda lakukan bila sudah kehabisan ide cerdas untuk menggelorakan pasangan Anda, yang dikutip dari situs about.com.
1. Berikan Perhatikan Lebih detail.
Coba buat catatan sesuatu yang dia sukai ketika berbelanja dan kemudian beli khusus untuknya. Jadikan itu sebagai kejutan, bukan karena alasan tertentu. Letakan di tempat yang pasti akan ditemukannya
2. Lakukan sesuatu yang bisa buat impiannya terkabul.
Coba lakukan sesuatu yang menunjukkan Anda peduli dan mendengarkan dia. Misalnya, suatu waktu istri Anda bilang ingin dapur dicat warna tertentu, tapi dia tak mungkin bisa melakukan sendiri. Maka tanpa sepengetahuan dia, Anda langsung melakukannya. Tapi pastikan kalau warna yang Anda pilih warna yang tepat.
3. Siapkan kencan menyenangkan di luar rumah.
Tanpa sepengetahun pasangan, Anda bisa membeli pakaian khusus yang Anda ingin melihat suami atau istri mengenakannya, untuk dipakai jalan-jalan malam di dalam kota. Tinggalkan pesan, bahwa Anda ingin dia memakai pakaian itu dan janjian ketemu di tempat yang sama-sama Anda tahu lokasinya.
4. Ungkapkan rasa cinta lewat tulisan.
Agar pasangan berasa sangat spesial, Anda bisa mendedikasikan blog Anda ke pasangan Anda. Atau bahkan mungkin Anda menuliskan sesuatu yang membuatnya merasa sangat diistimewakan.
5. Berikan hadiah lagu cinta.
Jika Anda bisa menyanyi, maka dendangkanlah sebuah lagu cinta untuk pasangan Anda dari taman atau balkon rumah Anda. Tapi jika Anda tidak bisa menyanyi, jangan kecewa dulu, Anda bisa membawa seperangkat DVD Player berisi tembang cinta, lalu menyanyilah seperti di film-film India. Pastikan pilih lagu yang romantis atau yang meninggalkan kesan buat Anda berdua.
6. Selalu perlihatkan rasa kasih sayang.
Mencubit bokong suami atau istri, atau memberikan ciuman untuk menunjukkan bahwa Anda masih berpikir dia adalah orang terpanas di planet ini. Hal itu akan membuat dia merasa aman berhubungan dengan Anda.
7. Tunjukkan rasa cinta kasih dalam gambar.
Coba buat lembar memo khusus hanya untuk suami atau istri. Isinya, mungkin berupa foto-foto Anda yang paling sensual atau erotis saat berada di alam terbuka.
Berbagi ‘rahasia’ saat di alam terbuka tadi mampu membuat kenangan bersama-sama, hingga meningkatkan kualitas hubungan Anda.
8. Kirimi SMS/pesan pendek.
Tanpa alasan tertentu, Anda bisa mengirimkan pesan pendek atau SMS yang berisi kata-kata manis setiap beberapa jam. Meski terlihat sepele tapi mampu membuat pasangan Anda merasa spesial.
9. Kejutan berupa liburan romantis.
Siapkan sebuah kejutan untuk pasangan Anda dengan menghabiskan akhir pekan panjang di suatu tempat khusus. Anda bisa memilih pantai atau pegunungan yang jauh dari keribetan kota.
Tapi pastikan, bahwa suami atau istri Anda tidak perlu melakukan apapun. Anda melakukan semua perencanaan tersebut. Dia hanya tahu bahwa sudah waktunya untuk sebuah petualangan romantis.
10. Berlama-lama di ranjang.
Cobalah menghabiskan waktu Anda bersama pasangan sepanjang hari di atas ranjang. Pastikan makanan dan minuman, tersedia di sisi tempat tidur. Selama itu pula, Anda bebaskan diri untuk melakukan ciuman, pelukan, melakukan hubungan seks, kemudian tidur.
Dan, hal itu bisa dilakukan lagi dan lagi. Bisa dipastikan, saat bangun pagi harinya Anda akan merasakan hidup Anda lebih hidup dari sebelumnya.
Selamat mencoba.
BERITA KERINCI
TAMPA JUDUL
Posted on Agustus 9, 2010 by 4sudut
Uraian berikut adalah beberapa cara yang saya lakukan untuk menaikkan PR (pagerank) weblog, hasilnya cukup ampuh hanya beberapa bulan blog ini sudah menduduki PR 4, silahkan anda coba beberapa jurus sakti berikut:
Usahakan anda posting tiap hari
Daftarkan Weblog anda di mesin pencari, mesin pencari yang cukup terkenal adalah yang biasa disebut dengan paman google, layanan ini gratis silahkan anda kunjungi http://www.google.co.id/intl/id/add_url.html dan mesin pencari terbesar kedua yaitu yahoo.com, untuk mendaftarkan blog anda silahkan anda kunjungi https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit
Lakukan ping ke beberapa layanan ping gratis, setelah anda melakukan ping pertama kali, anda disarankan untuk melakukan ping setiap anda memposting tulisan baru, layanan ping yang sering dipakai oleh para blogger adalah http://pingomatic.com/
Lakukan tukar link dengan beberapa weblog yang yang sudah mempunyai pagerank diatas 2, anda bisa tukar dengan weblog ini, saya dengan senang hati melakukan link balik
Yang kelima ini yang paling banyak mendongkrak pagerank blog ini, daftarkan weblog anda di site social networking silahkan anda klick disini
Mudah-mudahn cara sederhana tapi sakti mandraguna ini bermanfaat bagi anda….
TAMPA JUDUL
Posted on Agustus 9, 2010 by 4sudut
Uraian berikut adalah beberapa cara yang saya lakukan untuk menaikkan PR (pagerank) weblog, hasilnya cukup ampuh hanya beberapa bulan blog ini sudah menduduki PR 4, silahkan anda coba beberapa jurus sakti berikut:
Usahakan anda posting tiap hari
Mudah-mudahn cara sederhana tapi sakti mandraguna ini bermanfaat bagi anda….
i
Langganan:
Postingan (Atom)