Laman

Minggu, 23 Mei 2010

STRATEGI KAMPANYE LEWAT FACEBOOK

Strategi Kampanye Pilkada Kalsel Lewat Facebook

Strategi kampanye lwat facebook ini kami tulis berdasarkan pengamatan langsung dan menghasilkan beberapa kesimpulan agar kampanye facebook Anda sukses.

Facebook adalah jejaring sosial

Jika seseorang bergabung di facebook, dasar utamanya adalah ingin berinteraksi dengan anggota lainnya. Sebagian kecil mungkin ada saja yang ingin bermain aplikasi game poker, jualan chip atau cari pacar lewat facebook. Tapi sebagian besar kami yakin, mereka ingin ‘terhubung’ dengan teman-temannya.

Kampanye Lewat Facebook

Sebentar lagi Pilkada Kalsel 2010. Kami amati baik para calon gubernur atau wakil gubernur, bahkan tim sukses pilkada kalsel, sudah memanfaatkan facebook untuk berkampanye. Menurut kami itu sebuah kemajuan. Namun mengingat facebook adalah jejaring sosial, pola-pola promosi berlebihan menurut kami justru akan merugikan. Contohnya, setiap hari mengirim pesan, setiap jam merubah status yang isinya “Dukung Saya Sebagai Gubernur Kalsel 2010”. Atau kalimat-kalimat lain yang intinya sama, promosi dan mencari dukungan.

Secara psikologis itu tidak menguntungkan. Alasannya cuma satu. Bosan. Bukankah facebook adalah jejaring sosial, berinteraksi, sharing, ngobrol?

Jangan Egois

Beinteraksilah dengan pengguna facebook pada umumnya. Jika status Anda ingin mendapatkan reaksi, maka lakukan hal yang sama dengan status orang lain. Jika Anda hanya memborbardir status promosi, sangat mungkin status pertemanan Anda akan di delete. Artinya, teman Anda bisa menjadi sedikit. Dengan demikian promosi Anda bisa gagal.

Buatlah Status yang Kompeten

Anda adalah calon gubernur Kalsel, kredibilitas Anda dapat dibaca melalui status yang akan Anda tuliskan. Buatlah status Anda layaknya seorang calon gubernur Kalsel yang kritis terhadap pembangunan Kalsel. Anda juga bisa membuat status yang menggugah, baik tentang pendidikan di Kalsel, kesejahteraan masyarakat Kalsel, atau apa saja. Di situ seecara tidak langsung Anda sudah menularkan visi dan misi. Kuncinya, jangan kaku. Daripada Anda menulis kami akan membuat masyarakat Kalsel sejahtera, lebih baik tuliskan cara-cara dan langkah menuju Kalsel sejahtera. Kami pikir setiap calon gubernur kalsel pun juga menawarkan janji yang sama. Bedanya adalah, bagaimana cara yang akan anda lakukan untuk mensejahterakan masyarakat Kalsel? Itu lebih baik, tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar