Laman

Rabu, 02 Februari 2011

BERITA LENGKAP POLITIK JAMBI WAJIB BACA

BERITA KERINCI

Gubernur Pimpin Langsung Persiapan Pemilukada Tanjabtim
Senin, 31 Januari 2011 19:52
KOTAJAMBI - Gubernur Jambi, H Hasan Basri Agus (HBA), memimpin langsung rapat persiapan Pemilukada Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), di ruang kerjanya, Senin (31/1).
Rakor dihadiri oleh Bupati Tanjabtim, H Abdullah Hich, muspida provinsi, ketua KPU dan panwaslu provinsi, kepala biro kesbangpol dan kepala biro humas. Dari Tanjabtim hadir pula muspida, ketua KPU dan ketua panwaslu.
Rakor dilakukan dalam rangka sinkronisasi tupoksi agar Pemilukada Tanjabtim 10 Februari mendatang berlangsung lancar dan aman. Rakor juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dan evaluasi guna menyamakan gerak dan tindakan.



Dalam rakor itu masing-masing instansi menyampaikan pemaparan, diteruskan dengan diskusi. Gubernur minta semua pihak mencegah dan tidak membiarkan adanya celah yang memungkinkan terjadinya konflik.
“Saya harap pemilukada berjalan baik, tertib, aman, bebas, langsung, umum, bebas dan rahasia. Kita sudah melaksanakan pemilukada di tiga kabupaten, bahkan pemilihan gubernur. Semuanya berjalan baik,” kata HBA.
Gubernur menyatakan tidak ingin mendengar adanya benturan fisik. Tuntutan ke Mahkamah Konstitusi (MK) adalah hal biasa, asalkan KPU melaksanakan tugas sesuai ketentuan.
HBA berharap rakor menemukan acuan kerja di lapangan bagi penyelenggara, peserta, pemilih dan penyaluran logistik. Ia mengingatkan bahwa faktor cuaca, jalan, pengamanan kotak suara dan penurunan atribut dapat menjadi celah konflik.
“Jangan ada celah konflik sedikitpun. Tanjabtim masyarakat yang heterogen. Ada Jawa, Bugis, Melayu dan sebagainya. Jadi mohon betul penyelenggara mengadakan pendekatan secara kekeluargaan,” tegas HBA.
Bupati Tanjabtim, Abdullah Hich, menjelaskan, KPU telah menetapkan tiga pasang calon kepala daerah. Mereka akan mendapat jatah 13 kali kampanye rapat umum terbuka dari 24 Januari hingga 6 Februari.
“Saat pencoblosan 10 Februari nanti kami menyiapkan 539 TPS yang tersebar di 11 kecamatan, 73 desa, dan 20 kelurahan. Jumlah mata pilih ada 155.353 orang,” papar Hich yang akan turun takhta April kelak.



Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjabtim, Mustakim, mengatakan, zona kampanye dibagi tiga berdasar daerah pemilihan legislatif 2009. Masing-masing kandidat mendapat kesempatan kampanye di tiga zona tersebut.
Zona pertama, meliputi Kecamatan Sabak Barat, Dendang, Kuala Jambi dan Sabak Timur. Zona dua, meliputi Nipah Panjang, Sadu, Berbak dan Rantau Rasau. Zona tiga, meliputi Mendahara, Geragai dan Mendahara Ulu.
Ketua Panwaslu Tanjabtim, Ribut, menyatakan akan melakukan pengawasan ketat bagi masing-masing kandidat saat berlangsung kampanye akbar. Panwaslu sudah mengingatkan kandidat agar tidak memasang spanduk di lokasi tempat kandidat lain berkampanye.

Suka-Hamdi Optimis Raup Suara Aliran Sungai Batanghari
Selasa, 01 Februari 2011 20:54

MUARATEBO – Tim sukses (Timses) pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Buipati (Cawabup) Sukandar-Hamdi yakin mendapatkan dukungan penuh dari daerah pemilihan (Dapil) 2 Rimbo Bujang, Rimbo Ulu dan Rimbo Ilir yang merupakan daerah asal Sukandar.

Selain itu, tim juga optimis bisa meraup suara pada Dapil 1 Tebo Tengah, Tengah Ilir, Sumay, Muara Tabir, Tebo Ilir yang merupakan daerah asal Hamdi sebagai Cawabup. Tidak hanya itu, tim jug meyakini akan mendapat dukungan dari daerah Dapil 3 yang menyisir aliran batanghari seperti kecamatan VII Koto, VII Koto Ilir, Serai Serumpun dan Tebo Ulu.

Keyakinan itu sangat beralasan, karena pasangan ini merupakan perwakilan dari daerah Tebo bagian Ulu dan bagian hilir. Ditambah lagi dengan faktor dukungan keluarga Sukandar yang semasa kecilnya memang sekolah dasar di daerah Teluk Kuali Kecamatan Tebo Ulu. Dukungan penuh dari keluarga di Rimbo Bujang, Rimbo Ulu dan Rimbo Ilir yang merupakan kantong suara juga menjadi faktornya.

“Semua masyarakat yang berada di Dapil 2 dan sepanjang sungai Batanghari optimis bahwa pasangan Suka-Hamdi Insya Allah akan memenangkan pada pemilukada Bupati Tebo nantinya," ungkap Direktur Media Centre Suka-Hamdi, M Chudori, Selasa (1/2).

Menurut Chudori, tim terus bergerak dan merapatkan barisan serta atur strategi pertempuran dengan cara sedikit coolingdown. Banyak strategi untuk memenangkan pasangan Suka - Hamdi yang dilakukan oleh tim dalam uoaya memenangkan pertarungan pemilukada Bupati Tebo.

Dijelaskannya, tim Suka-Hamdi sejak awal sudah mewanti-wanti semua timmnya untuk tidak berbuat arogan dan mengunakan politik santun serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. Jangan meremehkan kandidat lain, artinya bersaing secara sehat dan fair.

"Kita sudah menerapkan sistem politik santun dengan tim Suka-Hamdi, makanya kita tidak akan bertindak secara gegabah. ini demi kemenangan SUka-Hamdi memimpin Tebo 5 tahun mendatang, semua kecamatan kita jadikan target perolehan suara dan kita yakin perolehan suara pada 10 maret mendatang akan signifikan, Insya Allah kita menang Allahu Akbar," tukas Chudori.

Dengan optimis mantan tim sukses HBA-Fachrori itu menyebutkan, pasangan cabup dan cawabup yang dibelanya akan memperoleh kemenangan dalam pemilukada Bupati Tebo nantinya. Untuk itu, dia mengharapkan kepada tim agar tetap menjaga kesolidan tim dan terus bekerja untuk memenangkan pasangan Suka-Hamdi.


KdH Garap Basis Dukung Lawan
Selasa, 01 Februari 2011 00:14

MUARABUNGO – Kandidat Bupati Bungo dan Wakil Bupati Bungo 2011-2016, pasangan H Kadirun dan H Hasim Ayub (KdH) gencar melakukan sosialisasi, termasuk ke wilayah basis lawan, di wilayah Daerah Pemilihan Bungo II, Kecamatan Pelepat dan Pelepat Ilir yang selama ini dikenal sebagai lumbung suara pasangan H Sudirman Zaini dan H Mashuri.

Salah satu tempat yang dihadiri KdH selama dua hari terakhir adalah Dusun Batu Kerbau, Kecamatan pelepat. KdH hadir memenuhi undangan warga dalam acara panen ikan Lubuk Larangan di dusun tersebut dengan dihadiri oleh ribuan masyarakat.

Kadirun mengatakan, dirinya maju dalam pemilihan bupati dan wakil bupati 2011 – 2016 ini hanya untuk membuat suatu perubahan bagi masyarakat di Kabupaten Bungo secara merata, tanpa ada perbedaan antar wilayah satu dengan yang lain.

“Maju sebagai calon bupati, saya ingin lebih banyak berbuat untuk kepentingan masyarakat banyak, salah satunya jaringan listrik hingga ke daerah terpencil seperti di Dusun Batu Kerbau, serta perbaikan transportasi jalan serta berbagai bidang lainnya seperti pendidikan dan kesehatan," katanya.

Tokoh Masyarakat Pelepat, Martunis menyatakan, figur KdH adalah calon yang tepat untuk melanjutkan pembangunan Kabupaten Bungo dan melakukan perubahan di berbagai bidang.

“Beberapa alasan yang menjadi keharusan kita untuk mendukung KdH, diantaranya beliau mengusung suatu perubahan, itu sangat penting terutama bagi masyarakat di Batu Kerbau yang selama ini jauh tertinggal dari wilayah lain,” ujar putra asli kecamatan Pelepat itu.


PEPABRI : Kadirun Memenuhi Syarat Menjadi Pemimpin
Selasa, 01 Februari 2011 00:08

MUARABUNGO - Keluarga Besar Persatuan Purnawirawan TNI dan Polri (PEPABRI) Kabupaten Bungo beserta Ligiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) 1945 Bungo menilai H Kadirun telah memenuhi syarat-syarat untuk menjadi pimimpin baru Kabupaten Bungo.

Menurut Ketua Pepabri Kabupaten Bungo, Kapten Purn B Hutagalung, Pepabri dan LVRI telah memutuskan untuk mendukung sepenuhnya Kadirun-Hasim sebagai satu-satunya kandidat yang harus didudukung dan dimenangkan oleh seluruh Keluarga Besar purnawirawan TNI/Polri dalam Pemilukada Kabupaten Bungo nanti.

“Sebagai purnawirawan TNI Angkatan Darat dengan pangkat terakhir Sersan Kepala yang menjabat Babinsa Rantau Pandan, Saudara Kadirun sudah memenuhi syarat-syarat kepemimpinan sebagaimana yang ditetapkan dalam sebelas Norm Kepemimpinan TNI, sehingga beliau sudah layak menjbat sebagai bupati,” kata Hutagalung.

Sementara Koordinator Media Center Agus Salim mengatakan, sangat bengga dan mengucapkan ribuan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Keluarga Besar Persatuan Purnawirawan ABRI (Pepabri)/TNI Polri beserta Legium Veteran Angkatan 1945 Kabupaten Bungo dengan tegas telah menyatakan dukungannya terhadap KdH untuk menuju BH 1 K.

“Kami mengucapkan ribuan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pepabri TNI Polri beserta Legium Veteran Angkatan 1945 di Kabupaten Bungo, dan kami berharap kepada masyarakat Kabupaten Bungo pastikan kita adalah bahagian dari pendukung perubahan,” katanya.

Membelot, Ketua PK Golkar VII Koto Ilir Di Pecat
Minggu, 30 Januari 2011 20:17

MUARATEBO – DPD II Golkar Kabupaten Tebo tidak main-main dalam memberikan sanksi bagi kader yang membelot. Lukman Hakim, Ketua Pengurus Kecamatan (PK) Golkar kecamatan VII Koto Ilir yang terbukti menjadi tim sukses Ridham-Eko langsung di pecat. Sedangkan Golkar telah mendukung pasangan Sukandar-Hamdi dalam Pemilukada Tebo 2011.

Menurut Ketua DPD II Golkar Tebo, H Nasrun Nasir, Lukman Hakim terbukti melanggar AD/ART Partai dengan menjadi korcam pasangan Cabup Rihdam– Eko. Untuk sementara ketua PK VII Koto Ilir diambil alih langsung oleh Ketua DPD II hingga ditetapkan siapa penggantinya.

Nasrun menegaskan bahwa Golkar Tebo akan all out dalam memenangkan pasangan Cabup Sukandar–Hamdi dalam pemilukada Bupati Tebo. Sanksi yang sama akan dijatuhkan kepada kader golkar lainnya yang melakukan pengkhianatan terhadap DPD II Golkar Tebo.

“Sanksi ini juga berlaku bagi anggota dan pengurus Golkar Tebo yang membelot tidak berpartisipasi dalam memenangkan pasangan Suka-Hamdi, karena ini sudah merupakan perintah langsung dari ketua DPP Golkar Abu Rizal Bakri,” tukas mantan ketua DPRD Tebo ini.


Usman Ermulan – Katamso Resmi Pimpin Tanjabbar
Jumat, 28 Januari 2011 04:43

KUALATUNGKAL – Drs H Usman Ermulan MM dan Katamso SE ME resmi dilantik sebagai bupati dan wakil bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) 2011-2016, Kamis (27/1).

Pelantikan dilakukan Gubernur Jambi, H Hasan Basri Agus, dalam sidang paripurna istimewa, DPRD Tanjabbar. Prosesi pelantikan dipimpin oleh Ketua DPRD Tanjabbar, Mulyani Siregar SH, dihadiri seluruh anggota DPRD Tanjabbar.

Tampak hadir tokoh politik nasional Akbar Tanjung, muspida Provinsi Jambi dan para tokoh politik Jambi. Pelantikan sekaligus serah-terima jabatan juga dihadiri bupati dan wakil bupati lama, Safrian dan HM Yamin.

Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus, dalam sambutannya meminta masyarakat Tanjabbar mendukung program-program pembangunan yang akan dilakukan oleh Usman Ermulan dan Katamso.

HBA juga berharap pada bupati dan wakil bupati baru segera menyelesaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Ia ingin ada sinkronisasi antara program pemerintah kabupaten/kota dengan provinsi.

Acara pelantikan Usman – Katamso berlangsung meriah, baik di gedung DPRD Tanjabbar maupun di rumah pribadi Usman Ermulan di Desa Sungai Saren. Ribuan warga mendatangi kedua tempat itu untuk memberi ucapan selamat.


Sukandar-Hamdi 1, Ridham-Eko 2, Yopi-Sapto 3
Rabu, 26 Januari 2011 01:47

MUARATEBO - Tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tebo telah memiliki nomor urut. Sukandar-Hamdi terpilih menjadi pasangan nomor urut 1, Ridham Priskap-Eko Putra nomor urut 2 dan Yopi-Sapto nomor urut 3.

Ini ditetapkan dalam pleno penetapan pasangan calon yang di gelar di aula utama kantor Bupati Tebo kemarin. Pleno yang berjalan lancer ini dihadiri Bupati Tebo Drs HA Madjid Muaz MM, Ketua DPRD Agus Rubyanto, dan perwakilan dari unsure Muspida Tebo dan tim sukses serta pendukung masing-masing pasangan.

Masing-masing kandidat menerima dengan senang hasil undian tersebut. pasangan Sukandar-Hamdi mengatakan pihaknya yakin nomor urut 1 akan menjadi nomor 1 pada perolehan suara nanti.

"Insyaallah, nomor urut 1 akan menjadi nomor 1 saat pemilihan suara nanti," kata Sukandar usai pleno.

Ridham Priskap dan Eko Putra yang mendapat nomor urut 2 terlihat sangat senang. Nomor yang diyakini membawa keberuntungan dan punya tren selalu menang dalam beberapa pesta demokrasi terakhir yang di gelar di Indonesia dan Jambi ini memang merupakan dambaan dari seluruh pendukungnya.

"Alhamdulillah," kata itu keluar spontan dari mulut Ridham saat membuka bola undian. Saat ditemui usai pleno, Ridham mengatakan nomor tersebut merupakan anugerah Allah SWT.

"Nomor 2 memang harapan dari seluruh tim dan pendukung dan alhamdulillah kami mendapatkannya," kata Ridham.

Sementara pasangan Yopi-Sapto juga menerima dengan senang nomor urut 3. Menurut Yopi, nomor urut bukan hal yang penting bagi dirinya.

"Yang terpenting, semua tim bekerja dan kami akan menjadi pemenang," katanya.


Dua Kandidat Cabup Bungo Maju Lewat Jalur Independen
Senin, 24 Januari 2011 21:03

MUARABUNGO – Sampai hari terakhir pengambilan formulir calon bupati Bungo periode 2011-2016 dari jalur independen, Senin (24/1), hanya dua kandidat yang mengambil formulir, HM Husni dan H Prio Dwiantoro.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bungo, HM Subhan Sag, mengaku tidak tahu pasti apakah kedua kandidat itu akan berpasangan atau hanya mendaftar melalui jalur perseorangan.

KPU Bungo telah membuka kesempatan pada masyarakat untuk mendaftar menjadi Bupati Bungo melalui jalur perseorangan.

Setelah tahapan pengambilan formulir selesai, calon perseorangan diberi waktu mengembalikan formulir yang disertakan dukungan masyarakat berupa foto copy KTP mulai 11 - 15 Januari.

”Setelah dukungan disampaikan, dukungan diverifikasi oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan cara administrasi dan faktual,” ujar Subhan.

HM Husni yang sudah mengambil formulir menyatakan sudah mengikuti tahapan. Formulir akan dikembalikannya bersamaan dengan dukungan dari masyarakat.

Kedatangan Husni bersama Prio Dwiantoro diakui dilakukan, namun belum diketahui apakah mereka berdua akan berpasangan dalam pencalonan nanti.

”Untuk wakil, belum saya putuskan. Perjalanan masih panjang,” ujarnya.


Meski Dikritik, Pimpinan Daerah Tetap Beli Mobil Baru
Senin, 24 Januari 2011 20:50

MUARABUNGO – Protes aliansi mahasiswa Bungo terhadap rencana pemerintah kabupaten yang ingin membeli mobil baru agaknya dianggap angin lalu. Pasalnya, anggaran pembelian mobil sebesar Rp 2 miliar sudah disetujui Gubernur Jambi.

Anggaran pembelian mobil dinas (mobnas) baru tertuang dalam revisi APBD 2011 Bungo yang baru saja turun. Dalam revisi tersebut hanya pembelian mobnas untuk Camat Limbur Lubuk Mengkuang yang dicoret.

Ketua DPRD Bungo, M Mahilli, membenarkan soal lolosnya dana pembelian mobnas itu. Hasil revisi APBD dari Pemprov Jambi sudah mereka terima. Mobnas akan dibeli untuk lima pimpinan daerah, yakni bupati, wakil bupati, ketua dan wakil ketua DPRD.

“Semuanya disetujui. Hanya anggaran mobil camat Limbur yang dicoret, tapi itu tidak masalah,” kata Mahili, Senin (24/1).



MUARABUNGO – Pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Bungo, H Kadirun - H Hasim Ayub, resmi memfungsikan media centre-nya, Minggu (23/1). Selain itu diresmikan pula website Kadirun dan Hasim (KdH) dan pelayanan wi-fi gratis untuk para pengguna internet di Sekretariat KdH Media Center, Jl Prof Dr Soedewi 03 Muara Bungo.
Acara pasangan yang mengusung motto “2011 Tahun Perubahan Untuk Kabupaten Bungo” itu dihadiri ratusan warga Bungo, mulai dari mahasiswa, ibu-ibu pengajian hingga tokoh masyarakat dan alim-ulama.
Sekretaris Eksekutif Tim Manajemen Kampanye KdH, Zakir, mengungkapkan, media center dibuka sebagai pusat informasi KdH, sekaligus sarana komunikasi masyarakat luas dengan KdH. Media Center dianggap salah satu pilar pemasaran politik yang sangat tepat.
Menurut Koordinator Media Center, Agus Salim, fasilitas yang disediakan di media center KdH meliputi website, brosur dan atribut, dan siaran pers harian dan mingguan. Media center juga mengadakan diskusi terbuka setiap pekan, menampilkan pembicara profesional dari kabupaten maupun  provinsi.
Cabup H Kadirun dalam sambutanya menyatakan bertekat melakukan perubahan di tahun 2011. Semua program yang pro-rakyat akan dilaksanakan, seperti ekonomi kerakyatan, kesehatan dan pendidikan gratis, memberi peluang bagi masyarakat ingin jadi PNS.
“Saya sangat bangga melihat antusias masyarakat Bungo dalam peresmian kantor media center ini. Disini semua informasi tentang KdH bisa diperoleh, termasuk berkomunikasi langsung dengan KdH. Kami akan membuka diri untuk masyarakat,” kata Kadirun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar