Laman

Sabtu, 05 Februari 2011

DESA GUNUNG LABU JADI DESA SIAGA BENCANA





BERITA KERINCI

Desa Gunung Labu Jadi KSB

KERINCI - Desa Gunung Labu yang terletak di Kecamatan Kayu Aro, ditetapkan sebagai Kampung Siaga Bencana ( KSB). Dengan demikian, Desa Gunung Labu merupakan KKSB pertama yang ditetapkan oleh Pemrov Jambi sebagai KSB.

Bupati Kerinci, Murasman, mengatakan jika KSB adalah model pendekatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat, untuk merubah pola pikir dan pola tindakan masyarakat dalam penanggulangan bencana. Ditambahkannya, KSB bertujuan untuk menyiapkan masyarakat agar lebih mampu mengelola kerentanan, ancaman dan resiko, perencanaan, pengorganiasian, penyelenggaraan dan pengendalian melalui pendekatan sosial.

“Kampung siaga bencana dirintis untuk dapat meningkatkan kapasistas kesiap siagaan masyarakat dalam menghadapi bencana,” kata Murasman.

Selain itu Murasman juga mengatakan, pembentukan KSB di Desa Gunung Labu ini merupakan suatu langkah stategis, mengingat Desa Gunung Labu merupakan kawasan rawan bencana, terutama bencana letusan Gunung Kerinci. Murasman juga menambahkan, ada beberapa hal yang perlu dicermati dalam pembentukan kampong siaga bencana, yaitu bagai mana menggali kembali kearifan lokal yang ada, dalam mengantiipasi kejadian bencana dalam perspektif penanggulangan bencana.

“Kementerian Sosial berharap setiap wilayah yang rawan bencana dapat mmbentuk lumbung sosial, gardu sosial, dan tim kampung siaga bencana,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar