Laman

Kamis, 07 Oktober 2010

KETENTUAN LAYANAN YAHOO UNTUK FACEBOOK ANDA PERLU ANDA BACA

Berita Kerinci

1. PENERIMAAN KETENTUAN

Selamat datang di Yahoo!. Yahoo! (kita atau "kami", sebagaimana berlaku) menyediakan Layanan (sebagaimana diuraikan di bawah) kepada Anda, sesuai dengan kebijakan Ketentuan Layanan ("KL") berikut ini, ”). KL ini berlaku meskipun Anda tidak memiliki akun Yahoo!, dan pemakaian Anda atas layanan Yahoo! berarti bahwa Anda menyetujui KL ini. Dalam KL ini “Anda” berarti perseorangan yang menggunakan layanan Yahoo! dan “Yahoo!” berarti Yahoo! Southeast Asia Pte. Ltd. (suatu perusahaan Singapura, Co. Reg. 199700735D), kecuali dimana layanan yang bersangkutan yang diatur oleh KL ini disediakan oleh perusahaan grup Yahoo! yang lain, dalam hal mana setiap rujukan kepada Yahoo! sehubungan dengan layanan-layanan yang disediakan oleh perusahaan grup Yahoo! lain tersebut merupakan rujukan kepada perusahaan grup Yahoo! tersebut. Pada saat ini PT Yahoo Indonesia (suatu perusahaan Indonesia) menyediakan Halaman Pertama, Berita dan OMG! saja (secara bersama-sama, “PT Yahoo Indonesia Services”) dan rujukan-rujukan kepada Yahoo! terkait dengan semua layanan-layanan ini merupakan rujukan kepada PT Yahoo Indonesia. Kami dapat memperbaharui atau memodifikasi KL sesuai kebijaksanaan kami sendiri dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan kepada Anda, termasuk dengan cara mengumumkan perubahan pada atau melalui Layanan, dan Anda setuju bahwa dengan terus menggunakan Layanan ini setelah dilakukannya perubahan atau modifikasi tersebut, Anda menerima dan setuju untuk terikat oleh ketentuan dalam KL yangdiubah atau dimodifikasi. Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa Anda sepenuhnya memahami versi KL terbaru pada setiap saat, dan Anda dapat mengakses versi terbaru setiap saat di: http://info.yahoo.com/legal/id/yahoo/utos/details.html. Selain itu, ketika menggunakan layanan tertentu yang yang dimiliki atau dioperasikan oleh Yahoo!, Anda dan Yahoo! wajib mengikuti panduan atau ketentuan yang berlaku untuk layanan tersebut yang dicantumkan dari waktu ke waktu. Semua panduan atau ketentuan semacam ini (termasuk tapi tidak terbatas pada Kebijakan Surat Kaleng/Spam, Kebijakan Privasi dan Kebijakan mengenai Hak Kekayaan Intelektual, sebagaimana dapat diperbaharui dari waktu ke waktu melalui pemasangan pada website ini) dengan ini dimasukkan ke dalam KL. Pada umumnya panduan dan ketentuan tersebut hanya untuk bagian Layanan tertentu dan membantu Anda menerapkan KL untuk bagian tersebut, namun jika terdapat perbedaan antara KL dengan salah satu panduan atau ketentuan ini, yang berlaku adalah KL. Yahoo! dan/atau perusahaan pengelola usaha/holding, perusahaan induk, anak perusahaan atau perusahaan terafiliasi dapat menawarkan layanan lain yang diatur berdasarkan Ketentuan Layanan yang berbeda, dimana dalam hal tersebut KL tidak berlaku untuk layanan lain tersebut jika dan sebatas Ketentuan Layanan lainnya itu menyatakan demikian.

2. PENJELASAN TENTANG LAYANAN

Yahoo! menyediakan akses on-line bagi penggunanya ke berbagai jenis sumber daya, termasuk bermacam-macam alat komunikasi, forum, layanan belanja, layanan pencarian, materi yang bersifat pribadi, dan program bermerek melalui jaringan propertinya ("Layanan"). Layanan ini dapat diakses melalui berbagai sarana atau peralatan yang ada saat ini atau yang akan dikembangkan kemudian, termasuk tetapi tidak terbatas pada World Wide Web, layanan telepon seluler atau komunikasi (seperti SMS (Short Message Service)), dan/atau layanan Internet atau telekomunikasi lainnya atau protokol (seperti WAP (Wireless Application Protocol)). Anda juga paham dan setuju bahwa Layanan ini juga termasuk iklan dan iklan tersebut dibutuhkan bagi Yahoo! untuk menyediakan Layanan. Anda juga paham dan sepakat bahwa Layanan ini termasuk pula bentuk komunikasi tertentu dari Yahoo!, misalnya pengumuman menyangkut layanan, pesan menyangkut administrasi dan Yahoo! Buletin (Newsletter), dan bahwa berbagai bentuk komunikasi tersebut merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keanggotaan Yahoo! dan Anda tidak dapat meminta untuk tidak menerimanya kecuali Anda mengakhiri akun Anda. Dengan demikian, Anda dianggap telah secara tidak dapat ditarik kembali memberi persetujuan atas penerimaan komunikasi-komunikasi tersebut secara terus menerus selama Anda tetap mempunyai akun Anda. Kecuali jika tidak secara jelas dinyatakan sebaliknya, semua fitur baru untuk menambah atau meningkatkan Layanan yang ada sekarang, termasuk peluncuran properti atau layanan Yahoo! yang baru, harus mengikuti ketentuan dalam KL. Anda paham dan sepakat bahwa Layanan disediakan "SEBAGAIMANA ADANYA" dan bahwa Yahoo! tidak bertanggung jawab jika ada komunikasi atau setelan pribadi yang disimpan secara tidak tepat waktu, terhapus, terkirim ke tujuan yang salah, atau tidak tersimpan. Anda bertanggung jawab untuk mendapatkan akses ke Layanan dan akses tersebut mungkin melibatkan biaya pada pihak ketiga (seperti Jasa Penyedia Internet atau Biaya seluler/airtime). Anda bertanggung jawab atas biaya-biaya tersebut, termasuk biaya yang terkait dengan penampilan atau penyampaian iklan. Selain itu, Anda harus menyediakan dan bertanggung jawab atas semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk meng-akses Layanan.

Kecuali apabila tidak secara jelas dinyatakan sebaliknya, tidak satu pun informasi yang disajikan dalam Layanan atau yang berhubungan dengan produk atau layanan mana pun yang menjadi bagian Layanan ini yang dianggap sebagai tawaran yang mengikat yang diberikan oleh kami atau pihak ketiga terkait, namun informasi tersebut merupakan ajakan kepada Anda untuk melakukan pemesanan. Berkaitan dengan kontrak untuk produk dan layanan yang kami atau pihak ketiga tawarkan yang bisa diperoleh lewat Layanan ini, kontrak tersebut akan dianggap ditutup pada saat kami atau pihak ketiga terkait telah menerima pesanan Anda atau telah menyerahkan kepada Anda produk atau layanan yang sesuai dengan pesanan.

Harap diperhatikan bahwa Yahoo! menyediakan wilayah tertentu dalam Layanan yang terlarang untuk akses umum dan Anda harus memenuhi syarat-syarat tertentu untuk meng-akses dan melihat area-area tersebut.

3. KEWAJIBAN ANDA PADA SAAT REGISTRASI

Karena pertimbangan penggunaan Anda terhadap Layanan, Anda menyatakan bahwa Anda telah cukup umur secara hukum untuk membuat perjanjian yang mengikat dan Anda bukanlah pribadi yang dilarang untuk menerima Layanan berdasarkan Hukum yang berlaku di tempat Anda berada atau yurisdiksi lain yang berwenang. Anda juga setuju untuk: (a) memberikan informasi yang benar, tepat, mutakhir, dan lengkap tentang diri Anda sebagaimana diminta dalam formulir registrasi Layanan ("Data Registrasi") dan (b) senantiasa memeriksa Data Registrasi tersebut serta mengubah seperlunya agar selalu benar, tepat, mutakhir, dan lengkap. Jika Anda memberikan informasi yang tidak benar, tidak tepat, tidak mutakhir, atau tidak lengkap, atau Yahoo! memiliki alasan untuk mencurigai bahwa informasi tersebut tidak benar, tidak tepat, tidak mutakhir, atau tidak lengkap, Yahoo! berhak untuk menangguhkan atau mengakhiri akun Anda dan menolak untuk memberikan setiap dan semua Layanan (atau bagiannya) yang sedang atau akan digunakan. Yahoo! sangat memperhatikan masalah keselamatan dan privasi penggunanya, khususnya anak-anak. Namun demikian, ingatlah bahwa Layanan dibuat untuk menjangkau khalayak luas. Sehubungan dengan itu, jika Anda orang tua atau wali sah, merupakan tanggung jawab Anda untuk menentukan apakah Layanan dan/atau Materi (sebagaimana disebutkan dalam Pasal 6 di bawah) tersebut cocok untuk anak Anda. Demikian pula, jika Anda seorang anak, harap bicarakan dengan orang tua atau wali Anda apakah Layanan dan/atau Materi tersebut sesuai untuk Anda.

Sekalipun demikian, kami dapat memberi Anda akses ke beberapa bagian Layanan tanpa perlu mendaftar sebagai pengguna. Dalam hal demikian, identitas Anda diambil dari tanda pengenal lainnya yang kami anggap sesuai. Dalam kasus yang sesuai, identitas dapat diambil dari data langganan telepon seluler atau jasa komunikasi, seperti nomor langganan Anda atau nomor MSISDN (Mobile Service Integrated Services Digital Network) yang Anda peroleh dari operator jaringan. Anda sepakat bahwa informasi ini bisa diperoleh dan diberikan kepada kami dan digunakan sesuai dengan KL, termasuk Kebijakan Layanan sebagaimana dijelaskan di bawah.

4. KEBIJAKAN PRIVASI YAHOO!

Untuk Data Registrasi dan informasi tertentu lainnya mengenai diri Anda berlaku Kebijakan Privasi yang termasuk dalam dan merupakan bagian dari KL ini. Dengan memberikan atau menyediakan Data Registrasi dan informasi lain tersebut tentang diri Anda kepada kami, Anda sepakat dan mengakui bahwa kami dapat menggunakan atau memberikan informasi tersebut kepada pihak ketiga sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi, dan bahwa Anda setuju bahwa kami dapat menggunakan atau memberikan informasi tersebut. Selanjutnya Anda setuju dengan memberikan kepada kami Data Registrasi Anda dan/atau dengan penggunaan Layanan, Anda telah secara jelas meminta untuk menerima dan setuju untuk menerima komunikasi dan bahan-bahan lain dari Yahoo! dari waktu ke waktu. Untuk informasi selanjutnya, Anda dapat melihat secara lengkap kebijakan privasi kami di http://info.yahoo.com/privacy/id/yahoo/details.html. Anda mengerti bahwa melalui penggunaan Layanan Anda setuju atas pengumpulan dan penggunaan (sebagaimana diuraikan dalam Kebijakan Privasi) dari informasi ini, termasuk pemindahan informasi ini ke Amerika Serikat dan/atau negara lain untuk kepentingan penyimpanan, pengolahan dan penggunaan oleh Yahoo! dan afiliasi-afiliasinya.

5. AKUN ANGGOTA, KATA SANDI, DAN KEAMANAN

Anda akan mendapat kata sandi dan akun tujuan setelah menyelesaikan proses registrasi Layanan. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan kata sandi dan akun tersebut, dan bertanggung jawab penuh atas semua kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan kata sandi atau akun Anda. Anda sepakat untuk (a) secepatnya memberitahu Yahoo! jika kata sandi atau akun Anda digunakan tanpa izin atau semua bentuk pelanggaran keamanan lainnya, dan (b) memastikan bahwa Anda keluar dari akun Anda di akhir setiap sesi. Yahoo! tidak dapat dan tidak akan bertanggung jawab atas semua kehilangan atau kerugian yang terjadi jika Anda tidak mengikuti ketentuan dalam Pasal 5 ini.

6. TANGGUNG JAWAB ANGGOTA

Anda paham bahwa semua informasi, data, teks, perangkat lunak, musik, suara, foto, gambar, video, pesan, tanda, atau materi lain ("Materi"), baik yang dipasang untuk umum atau yang dikirimkan secara pribadi, merupakan tanggung jawab pribadi pihak yang menyajikan atau mengirimkan Materi tersebut. Artinya, Anda, dan bukan Yahoo!, yang bertanggung jawab penuh atas semua Materi yang Anda upload, pasang, kirim lewat email, kirimkan, atau sediakan melalui Layanan. Yahoo! tidak dapat dan tidak mengatur Materi yang dipasang lewat Layanan dan, dengan demikian, tidak dapat menjamin keabsahan, ketepatan, kebenaran, atau kualitas Materi tersebut. Anda paham bahwa jika menggunakan Layanan ini, Anda mungkin akan menemukan Materi yang bersifat tidak senonoh, tidak pantas, atau tidak menyenangkan. Untuk itu Yahoo! atau pemberi lisensi, pemasok, penyedia, perusahaan induk, perusahaan pengelola usaha/holding, anak perusahaan atau perusahaan terkait lainnya, afiliasi, petugas, agen atau karyawan kami, sebagaimana berlaku, sama sekali tidak akan bertanggung jawab atas Materi, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, ditemuinya Materi yang tidak senonoh, tidak pantas atau tidak menyenangkan, semua kesalahan atau bagian yang tidak ada dalam Materi, atau atas kehilangan atau segala macam kerugian dalam bentuk apapun yang terjadi akibat penggunaan Materi yang dipasang, dikirim lewat email, dikirimkan atau disediakan melalui Layanan.

Anda sepakat untuk tidak menggunakan Layanan untuk:

  1. meng-upload, memasang, mengirimkan lewat email, mengirimkan, atau menyediakan Materi apa pun yang melanggar hukum berdasarkan hukum yang berlaku terhadap Layanan yang bersangkutan, membahayakan, bersifat ancaman, kasar, melecehkan, menyakitkan, memfitnah, tidak sopan, tidak senonoh, cabul, mencemarkan, melanggar kebebasan pribadi pihak lain, subversif, menimbulkan kebencian, atau tidak menyenangkan karena bersifat rasialis, kesukuan atau bertentangan dengan kepentingan umum, ketertiban umum atau kerukunan nasional dalam semua wilayah hukum terkait;
  2. membahayakan anak-anak di bawah umur dengan cara apa pun;
  3. berkedok sebagai seseorang atau suatu kelompok, termasuk, namun tidak terbatas pada, pejabat Yahoo!, pemimpin forum, pemandu, atau host, atau secara tidak benar menyebutkan atau menyatakan diri Anda terafiliasi dengan seseorang atau kelompok tertentu;
  4. memalsukan kop atau memanipulasi identitas/tanda pengenal dengan tujuan untuk menyamarkan asal Materi yang dikirimkan lewat Layanan;
  5. meng-upload, memasang, mengirimkan lewat email, mengirimkan atau menyediakan segala bentuk Materi yang Anda tidak berhak sediakan berdasarkan undang-undang atau ikatan kontrak atau fidusia (misalnya informasi untuk kalangan sendiri, informasi mengenai kepemilikan atau informasi rahasia yang diketahui atau diberikan sebagai bagian dari hubungan kerja atau yang termasuk dalam perjanjian untuk menjaga kerahasiaan);
  6. meng-upload, memasang, mengirimkan lewat email, mengirimkan atau menyediakan segala bentuk Materi yang melanggar hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta atau hak-hak lain yang dimiliki pihak lain;
  7. meng-upload, memasang, mengirimkan lewat email, mengirimkan atau menyediakan segala bentuk iklan, materi promosi, "junk mail", "spam", "surat berantai", "skema piramid" yang tidak dikehendaki atau tidak diizinkan, atau segala bentuk ajakan, kecuali di tempat-tempat (seperti tempat belanja) yang dimaksudkan untuk keperluan itu (harap baca Kebijakan Surat Kaleng /Spam kami);
  8. meng-upload, memasang, mengirimkan lewat email, mengirimkan atau menyediakan bahan apa pun yang mengandung virus perangkat lunak atau kode, file atau program komputer yang dibuat untuk mengganggu, merusak atau membatasi kerja segala bentuk perangkat keras atau perangkat lunak komputer atau peralatan telekomunikasi;
  9. mengacaukan dialog yang sedang berjalan normal, membuat layar "menggulung" lebih cepat sehingga tidak memungkinkan pengguna lain Layanan untuk mengetik, atau melakukan tindakan yang berakibat negatif bagi pengguna lain untuk berkomunikasi sesuai dengan waktu yang sebenarnya;
  10. mengganggu atau mengacaukan Layanan atau Layanan atau penyedia layanan atau jaringan yang terhubung dengan Layanan yang sedang digunakan oleh orang lain , atau tidak mematuhi semua persyaratan, prosedur, kebijakan atau peraturan jaringan yang terhubung dengan Layanan;
  11. turut serta dalam kegiatan yang melanggar hukum atau dengan sengaja atau tidak sengaja melanggar hukum, undang-undang, ordonansi, peraturan, ketentuan atau aturan, termasuk, namun tidak terbatas pada, semua peraturan, ketentuan, pemberitahuan, instruksi atau arahan yang dikeluarkan oleh badan atau pihak pembuat undang-undang, badan pemerintah, atau bursa efek dalam negeri atau lainnya;
  12. menyediakan bahan pendukung atau sumber-sumber (atau untuk menyembunyikan atau menutupi sifat, keberadaan, sumber, atau kepemilikan dari bahan pendukung atau sumber-sumber) dari organisasi-organisasi yang oleh Pemerintah Amerika Serikat dinyatakan sebagai organisasi teroris sesuai dengan Pasal 219 Undang-Undang Imigrasi dan Kewarganegaraan;
  13. "menguntit" atau melecehkan pihak lain;
  14. melakukan segala perbuatan curang atau melanggar hukum, baik yang berkaitan dengan pihak ketiga yang menyediakan produk dan jasa di Layanan dan/atau sebaliknya;
  15. mengumpulkan atau menyimpan data pribadi pengguna lain sehubungan dengan tindakan dan aktifitas yang dilarang sebagaimana dijelaskan dalam paragraf-paragraf a sampai n diatas.

Anda mengetahui bahwa Yahoo! dapat atau tidak dapat menyaring atau atau mem-filter terlebih dahulu Materi, namun Yahoo! dan pihak yang ditunjuk berhak (tetapi tidak berkewajiban) sesuai dengan kebijaksanaannya untuk melihat terlebih dahulu, menolak, memasukkan, atau mengeluarkan Materi yang dikirim atau tersedia dalam Layanan. Meskipun demikian, Yahoo! dan pihak yang ditunjuk berhak untuk mengeluarkan Materi (baik yang berasal dari Anda atau tidak) yang kami yakin dengan niat baik mungkin melanggar hukum atau telah melanggar KL atau yang telah diduga melanggar suatu kekayaan intelektual atau sebaliknya tidak menyenangkan menurut pendapat kami sendiri, tanpa bertanggung jawab terhadap Anda dalam bentuk apapun untuk setiap kehilangan atau kerugian yang timbul dari penghapusan tersebut. Anda setuju bahwa Anda wajib mengevaluasi, dan menanggung semua resiko yang berkaitan dengan penggunaan setiap Materi, termasuk setiap ketergantungan terhadap ketepatan, kelengkapan, atau kegunaan daripada Materi tersebut. Dalam hal ini, Anda mengakui bahwa Anda tidak dapat bergantung pada setiap Materi yang dibuat oleh Yahoo! atau dimasukkan oleh Yahoo!, termasuk tetapi tidak terbatas pada informasi pada Yahoo! Papan Pesan (Message Boards) dan pada seluruh bagian Layanan. Anda mengakui, menyetujui dan sepakat bahwa Yahoo! sesuai dengan kebijaksaannya sendiri dapat mengakses, mempertahankan, dan memperlihatkan informasi akun Anda dan Materi jika diwajibkan menurut undang-undang atau dengan itikad baik kami yakin bahwa kami perlu menjaga atau memperlihatkan informasi akun Anda dan Materi tersebut untuk: (a) mematuhi proses hukum dan penegakan hukum atau permintaan pemerintah lainnya; (b) menjalankan KL atau membuktikan hak-hak kami atau membela diri kami sendiri; (c) menangani pengaduan bahwa ada Materi yang melanggar hukum atau melanggar hak-hak pihak ketiga; (d) menjawab permintaan-permintaan Anda untuk pelayanan pelanggan; atau (e) melindungi hak, milik, atau keselamatan pribadi Yahoo!, pengguna kami, dan masyarakat umum. Anda paham bahwa dalam pemrosesan teknis dan transmisi Layanan, termasuk Materi kepunyaan Anda, mungkin perlu (a) ditransmisikan lewat berbagai jaringan; dan (b) perubahan agar memenuhi dan sesuai dengan persyaratan teknis jaringan atau peralatan penghubung.

Anda paham bahwa Layanan dan perangkat lunak yang digunakan dalam Layanan dapat termasuk komponen perlindungan atau keselamatan yang memungkinkan materi digital untuk dilindungi, dan bahwa penggunaan materi-materi ini harus sesuai dengan aturan penggunaan yang telah ditetapkan oleh Yahoo! dan/atau penyedia layanan yang menyediakan materi ke Layanan. Anda tidak boleh mencoba untuk mengabaikan atau mengelak dari segala aturan penggunaan yang telah ditetapkan untuk Layanan. Segala penggandaan, publikasi, penyebaran lebih lanjut, atau penunjukkan publik tanpa izin dari materi yang disediakan pada Layanan, baik seluruhnya atau sebagian, dilarang keras.

7. SIFAT KOMUNIKASI PADA JARINGAN YAHOO!

Pada saat Anda mendaftar di Yahoo! Anda mengetahui bahwa dalam menggunakan Layanan untuk mengirim komunikasi elektronik (termasuk tapi tidak terbatas pada email, kata kunci pencarian, mengirimkan pesan di Yahoo! Chat atau Yahoo! Groups, meng-upload foto dan menyimpan file ke Yahoo! Photos atau Briefcase, dan aktivitas Internet lainnya), Anda akan menyebabkan komunikasi akan dikirimkan melalui jaringan komputer Yahoo!, bagian-bagian yang berbeda daripadanya yang ditempatkan di yurisdiksi-yurisdiksi yang berbeda. Akibatnya, dan juga akibat dari perancangan jaringan Yahoo! dan praktek bisnis dan dasar komunikasi elektronik, bahkan komunikasi yang terlihat seperti dalam negara bagian atau domestik dapat menjadi komunikasi luar negeri atau lintas negara tanpa melihat dimana Anda berada secara fisik pada saat pengiriman. Sehubungan dengan hal tersebut, dengan menyetujui Ketentuan Layanan ini, Anda mengetahui bahwa penggunaan Layanan berakibat pada pengiriman data antar negera dan lintas negara.

Yahoo! Messenger, termasuk pusat jaringan web versi manapun, akan mengizinkan Anda dan orang-orang dengan siapa Anda berkomunikasi untuk menyimpan pembicaraan Anda di dalam akun Yahoo! Anda yang terdapat dalam server Yahoo!. Hal ini berarti Anda dapat meng-akses dan mencari catatan pembicaraan Anda dari komputer manapun dengan menggunakan akses Internet. Baik Anda menggunakan fitur layanan ini atau tidak, pengguna lain dapat memilih untuk menyimpan catatan pembicaraannya dengan Anda di akun Yahoo! yang dimilikinya. Persetujuan Anda dalam KL ini merupakan persetujuan Anda untuk mengizinkan Yahoo! untuk menyimpan bentuk komunikasi seperti ini dalam pusat datanya.

Setiap saat Yahoo! dapat mengirimkan pemberitahuan kepada Anda melalui Layanan Yahoo! Messenger untuk memberitahukan pada Anda mengenai perubahan-perubahan penting yang dilakukan pada Yahoo! Messenger atau Layanan terkait. Pesan tersebut mungkin tidak diterima oleh Anda jika Anda melanggar KL ini dengan meng-akses Layanan dalam bentuk yang dilarang. Persetujuan Anda dalam KL ini merupakan persetujuan Anda bahwa Anda dianggap telah menerima setiap dan segala pemberitahuan yang dikirimkan jika Anda meng-akses Layanan dengan cara yang diizinkan.

8. PERINGATAN KHUSUS MENGENAI PENGGUNAAN INTERNASIONAL

Karena Internet bersifat global, Anda sepakat untuk mematuhi ketentuan setempat yang berlaku mengenai tindakan online, perlindungan/privasi data dan Materi yang dapat diperbolehkan. Khususnya, Anda setuju untuk tunduk pada semua hukum yang berlaku mengenai pengiriman data teknis yang diekspor dari Amerika Serikat, Indonesia atau negara dimana Anda berada.

9. MATERI YANG DIMASUKKAN ATAU DITAMPILKAN UNTUK DISERTAKAN DALAM LAYANAN

Yahoo! tidak mengajukan klaim kepemilikan dari Materi yang Anda masukkan atau Anda sediakan untuk disertakan dalam Layanan. Akan tetapi, dengan melihat pada Materi yang Anda masukkan atau tampilkan untuk disertakan pada wilayah bagian Layanan yang terbuka bagi umum, Anda memberikan lisensi kepada Yahoo! yang berlaku di seluruh dunia, dengan bebas royalti, dengan dapat dipindahtangankan, dan secara non-eksklusif, yang berlaku sebagai berikut:

  1. Pada Materi yang Anda masukkan atau sediakan untuk disertakan pada wilayah yang dapat diakses publik pada Yahoo! Groups, lisensi untuk menggunakan, menyebarkan, menggandakan, merubah, menyesuaikan, mengedarkan, menyiarkan, memperlihatkan kepada publik dan mempertunjukkan kepada publik Materi tersebut dalam Layanan hanya untuk kepentingan penyediaan dan mempromosikan Yahoo! Group tertentu yang mana Materi tersebut dimasukkan ataudisediakan. Lisensi ini hanya berlaku selama Anda memilih untuk terus menyertakan Materi tersebut dalam Layanan dan akan berakhir pada saat Anda memindahkannya atau Yahoo! memindahkan Materi tersebut dari Layanan.
  2. Pada foto, gambar, audio atau video yang Anda masukkan atau sediakan untuk disertakan pada wilayah yang dapat diakses publik pada Layanan selain Yahoo! Groups, lisensi untuk menggunakan, menyebarkan, menggandakan, merubah, mengumumkan, menyiarkan, menyesuaikan, memperlihatkan kepada publik dan mempertunjukkan kepada publik Materi tersebut dalam Layanan khusus pada keperluan daripada Materi tersebut dimasukkan atau sediakan untuk disertakan. Lisensi ini hanya berlaku selama Anda memilih untuk terus menyertakan Materi tersebut dalam Layanan dan akan berakhir saat Anda memindahkannya atau Yahoo! memindahkan Materi tersebut dari Layanan.
  3. Pada Materi selain foto, gambar, audio atau video yang Anda masukkan atau sediakan untuk disertakan pada wilayah yang dapat diakses publik pada Layanan selain Yahoo! Groups, lisensi yang terus-menerus, tidak dapat dibatalkan dan dapat di-sublisensikan sepenuhnya atas lisensi untuk menggunakan, menyebarkan, menggandakan, merubah, menyesuaikan, mengumumkan, menyiarkan, menterjemahkan, memperlihatkan kepada publik dan mempertunjukkan kepada publik Materi tersebut (baik secara keseluruhan maupun sebagian) dan untuk menggabungkan Materi tersebut ke dalam bentuk format dan sarana lain yang sekarang telah dikenal maupun yang akan dikembangkan kemudian.

Wilayah "yang dapat diakses oleh Publik" dari Layanan adalah wilayah yang oleh jaringan kepemilikan Yahoo! diperuntukkan oleh Yahoo! untuk dapat diakses oleh publik secara umum. Contohnya: dari wilayah yang dapat diakses oleh publik termasuk Yahoo! Message Board dan bagian dari Yahoo! Groups, Photos, dan Briefcase yang terbuka baik bagi anggota maupun pengunjung. Tetapi, wilayah yang dapat diakses oleh publik tidak termasuk bagian dari Yahoo! Groups yang hanya terbatas bagi anggota, layanan Yahoo! yang dimaksudkan untuk komunikasi pribadi seperti Yahoo! Mail atau Yahoo! Messenger, atau wilayah dari jaringan kepemilikan Yahoo! seperti bagian dari situs-situs World Wide Web yang dapat diakses melalui hypertext atau jaringan lain yang tidak dikelola atau tidak disediakan oleh Yahoo!

Anda mengakui bahwa dengan menyiarkan atau menyediakan Materi melalui Layanan, Anda mengambil resiko bahwa pihak-pihak lain dapat memperbanyak atau menggunakan Materi. Anda setuju untuk tidak menganggap Yahoo! bertanggung jawab untuk setiap pembuatan ulang atau penggunaan daripada Materi, baik Anda telah atau tidak memberikan persetujuan atas pembuatan ulang atau penggunaan tersebut.

10. MASUKAN KEPADA YAHOO!

Dengan memberikan ide, saran, dokumen, dan/atau proposal (“Masukan”) kepada Yahoo! melalui halaman situs saran atau layanan pengguna, Anda mengetahui dan menyetujui bahwa: (a) Masukan Anda tidak mengandung informasi yang bersifat rahasia atau kepemilikan; (b) Yahoo! tidak memiliki kewajiban untuk menjaga kerahasiaan dalam bentuk apapun, baik secara tersirat maupun tersurat, sehubungan Masukan Anda; (c) Yahoo! berhak untuk menggunakan atau menyingkap (atau untuk tidak menggunakan atau tidak menyingkap) Masukan tersebut untuk tujuan apapun, dengan cara apapun, di media manapun di seluruh dunia; (d) Yahoo! mungkin memiliki kesamaan dengan Masukan yang mana kesamaan tersebut sudah dalam tahap pertimbangan atau sedang dalam tahap pengerjaan; (e) Masukan Anda secara otomatis menjadi hak milik Yahoo! tanpa ada kewajiban dari Yahoo! kepada Anda; dan (f) Anda tidak berhak atas kompensasi atau penggantian dalam bentuk apapun dari Yahoo! dalam situasi apapun.

11. GANTI RUGI

Anda sepakat untuk mengganti kerugian dari dan membebaskan Yahoo!, perusahaan induk, perusahaan pengelola usaha/holding, anak perusahaan, afiliasi atau perusahaan terkait lainnya, petugas, agen, karyawan, rekanan, pemasok, penyedia, pemegang merek bersama, pemberi lisensi dari pengaduan atau tuntutan, termasuk biaya penasehat hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga karena atau akibat adanya Materi yang Anda serahkan, pasang, kirimkan, ataupun sediakan lewat Layanan, digunakannya Layanan ini oleh Anda, sambungan yang Anda lakukan ke Layanan, pelanggaran terhadap KL yang Anda lakukan, atau pelanggaran hak orang lain yang Anda lakukan, atau pelanggaran yang Anda lakukan terhadap hukum yang berlaku.

12. LAYANAN TIDAK UNTUK DIJUAL KEMBALI

Anda sepakat untuk tidak mereproduksi, membuat duplikat, menyalin, menjual, memperdagangkan, menjual kembali, atau memanfaatkan untuk tujuan komersial, bagian Layanan (termasuk ID Yahoo! Anda), penggunaan Layanan, atau akses ke Layanan.

[13. KETENTUAN UMUM BERKAITAN DENGAN PENGGUNAAN DAN PENYIMPANAN

Anda tahu bahwa Yahoo! dapat atas pertimbangannya sendiri membuat petunjuk umum dan batasan yang berkaitan dengan penggunaan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada tata cara Layanan digunakan, berapa hari paling lama email atau pesan, pesan yang dipasang dalam papan pesan, atau Materi lain yang di-upload akan tetap berada dalam Layanan, berapa jumlah maksimum email atau pesan lain yang dapat dikirimkan dari atau diterima oleh akun dalam Layanan, berapa ukuran maksimum email atau pesan yang dapat dikirimkan dari atau diterima oleh akun dalam Layanan, berapa ukuran maksimum ruang (disk space) yang tersedia bagi Anda di server Yahoo!, dan berapa jumlah maksimum waktu Anda (dan berapa maksimum waktu paling lama) yang dapat mengakses waktu yang diberikan Layanan setiap kali. Khususnya, tapi dengan tidak mengabaikan ketentuan di atas, jika menggunakan Layanan ini, Anda setuju dengan petunjuk umum yang Yahoo! berlakukan dan terdapat dalam http://info.yahoo.com/privacy/id/yahoo/details.html berkaitan dengan penggunaan Layanan ini oleh Anda. Anda sepakat bahwa Yahoo! tidak bertanggung jawab atau tidak dapat dimintai tanggung jawab atas terhapusnya atau tidak dapat disimpannya pesan atau bentuk komunikasi lain atau Materi yang disimpan atau dikirimkan oleh atau tersedia lewat Layanan. Anda tahu bahwa Yahoo! berhak untuk mengeluarkan (log off) akun yang sudah tidak aktif melebihi batas waktunya. Anda juga tahu bahwa kami berhak untuk mengubah petunjuk umum dan batasan ini sewaktu-waktu, jika kami kehendaki, dengan atau tanpa pemberitahuan, dan Anda sepakat bahwa dengan terus menggunakan Layanan ini setelah perubahan tersebut dilakukan, Anda menerima dan setuju untuk terikat dengan ketentuan dalam petunjuk umum dan batasan yang baru tersebut.

14. PERUBAHAN LAYANAN

Yahoo! berhak setiap saat dan dari waktu ke waktu untuk mengubah atau menghentikan, untuk sementara atau seterusnya, Layanan (atau bagiannya) dengan atau tanpa pemberitahuan. Anda sepakat bahwa Yahoo! tidak akan bertanggung jawab kepada Anda atau kepada pihak ketiga mana pun atas semua perubahan, penangguhan, atau penghentian pemberian Layanan ini.

15. PENGAKHIRAN

Anda sepakat bahwa Yahoo! dalam keadaan tertentu dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dapat dengan segera mengakhiri perjanjian yang timbul sebagai akibat dari Kebijakan ini dan mengakhiri akun Yahoo! Anda, alamat email yang terkait, dan akses ke seluruh atau sebagian dari Layanan. Alasan pengakhiran tersebut akan termasuk, tapi tidak terbatas pada, (a) pelanggaran atau pelanggaran yang dilaporkan atas KL atau perjanjian atau panduan yang terkait, atau hukum yang berlaku (b) permintaan dari penegak hukum atau badan pemerintah lainnya, (c) permintaan Anda (penghapusan akun berdasarkan kehendak sendiri), (d) tidak dilanjutkannya atau ada perubahan materi dari Layanan (atau bagian daripadanya), (e) masalah teknis, masalah keamanan atau gangguan lain yang tidak terduga sebelumnya, (f) perpanjangan masa non-aktif, (g) kepercayaan kami dengan itikad baik bahwa Anda menggunakan atau berencana untuk menggunakan Layanan untuk melakukan tindakan penipuan/perbuatan curang atau tindakan ilegal lainnya, dan/atau (h) belum dilunasinya biaya yang harus dibayar oleh Anda sehubungan dengan Layanan. Pemutusan akun Yahoo! Anda termasuk juga tindakan (a) penghapusan akses ke seluruh penawaran dalam Layanan, termasuk tapi tidak terbatas pada Yahoo! Mail, Groups, Messenger, Chat, Domains, Personal, Auctions, Message Boards, Greetings, Alerts and Games, (b) penghapusan kata sandi Anda dan semua informasi terkait, file dan materi yang berhubungan dengan atau di dalam akun Anda (atau bagian daripadanya), dan (c) penghalangan Anda dari penggunaan Layanan lebih lanjut. Selanjutnya, Anda setuju bahwa semua pengakhiran akan dilakukan sepenuhnya atas pertimbangan Yahoo! dan bahwa Yahoo! tidak bertanggung jawab kepada Anda ataupun pihak ketiga atas pemutusan akun Anda, alamat email yang terkait, atau akses ke seluruh atau sebagian dari Layanan.

Apabila kami mengakhiri akun Anda, setiap alamat email yang terkait atau akses ke seluruh Layanan, maka KL akan segera berakhir dalam kaitan dengan hal tersebut, kecuali bahwa Kebijakan Privasi, Kebijakan IP, Bagian 15 ini dan Bagian-Bagian 9, 10, 11, 12, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, dan 27 KL ini akan tetap hidup meskipun terdapat pengakhiran dan akan terus berlaku. Sejauh KL diatur oleh hukum Indonesia, Anda dan kami sepakat bahwa Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tidak akan berlaku terhadap KL sejauh Pasal tersebut mensyaratkan adanya penetapan atau tindakan pengadilan lainnya untuk mengakhiri KL ini sesusai dengan ketentuan-ketentuannya.

16. TRANSAKSI DENGAN PEMASANG IKLAN

Layanan bisa juga termasuk akses ke produk atau layanan yang diberikan pihak ketiga yang independen baik secara langsung maupun melalui link ke situs yang dioperasikan oleh pihak ketiga pemasang iklan. Korespondensi atau transaksi bisnis yang Anda lakukan dengan, atau keikutsertaan Anda dalam mempromosikan, pemasang iklan yang Anda temukan dalam atau lewat Layanan, termasuk pembayaran atau pengiriman barang atau layanan terkait, dan syarat-syarat, ketentuan-ketentuan, dan jaminan-jaminan atau pernyataan-pernyataan lain yang terkait dengan transaksi tersebut, hanya dilakukan antara Anda dan pemasang iklan tersebut, meskipun hal ini berkaitan dengan produk atau layanan yang mereknya juga dipegang oleh kami dan mungkin memuat merek dagang kami. Anda sepakat bahwa Yahoo! sama sekali tidak akan bertanggung jawab atau dimintai tanggung jawab atas segala macam kehilangan atau kerugian akibat adanya transaksi dengan pihak ketiga tersebut, akibat hadirnya pemasang iklan tersebut dalam Layanan.

17. LINK

Layanan dapat menyediakan, atau pihak ketiga dapat menyediakan, link ke situs-situs World Wide Web atau sumber lainnya. Karena Yahoo! tidak punya kendali atas situs dan sumber daya semacam ini, Anda mengetahui dan sepakat bahwa dengan demikian Yahoo! tidak bertanggung jawab atau dapat dimintai tanggung jawab atas tersedia atau tidaknya situs atau sumber daya tersebut, dan tidak mendukung dan tidak bertanggung jawab atau dapat dimintai tanggung jawab atas semua Materi, iklan, produk, atau materi lain yang ada dalam atau tersedia di situs atau sumber daya tersebut. Selanjutnya Anda juga tahu dan sepakat bahwa Yahoo! sama sekali tidak bertanggung jawab atau dapat dimintai tanggung jawab secara langsung maupun tidak langsung atas kerugian atau kehilangan yang disebabkan atau diduga disebabkan oleh atau berhubungan dengan digunakannya atau dapat diandalkannya semua Materi, barang, atau layanan yang tersedia di atau melalui situs atau sumber daya semacam ini.

18. HAK MILIK YAHOO!

Anda tahu dan sepakat bahwa Layanan dan semua perangkat lunak yang diperlukan sehubungan dengan penggunaan Layanan ("Perangkat Lunak") mengandung informasi mengenai kepemilikan dan informasi rahasia yang dilindungi oleh undang-undang hak kekayaan intelektual dan undang-undang lain yang berlaku. Selanjutnya, Anda juga tahu dan sepakat bahwa Materi yang dimuat dalam iklan sponsor atau informasi yang disajikan kepada Anda melalui Layanan atau oleh pemasang iklan dilindungi oleh hak cipta, merek dagang, merek jasa, paten, atau hak milik lainnya dan oleh undang-undang. Kecuali jika tidak secara tegas diizinkan oleh Yahoo! atau oleh pemasang iklan, Anda sepakat untuk tidak, dan untuk tidak mengizinkan atau memberi kuasa kepada pihak lain untuk mengubah, menyewakan, menyewagunakan, meminjamkan, menjual, mendistribusikan, atau membuat tiruan yang ada dalam Layanan atau Perangkat Lunak, seluruhnya atau sebagian.

Yahoo! memberikan kepada Anda hak dan izin yang bersifat pribadi, tidak dapat dialihkan dan lisensi dengan hak yang tidak eksklusif untuk menggunakan object code dari Perangkat Lunak di satu komputer; dengan syarat bahwa Anda tidak (dan tidak membiarkan pihak lain untuk) menyalin, mengubah, membuat tiruan, melakukan reverse engineering, melakukan reverse assembly, atau mencoba mencari source code, menjual, mengalihkan kepada, memberikan lisensi kepada pihak lain, memberikan security interest atas ataupun mengalihkan segala hak yang ada pada Perangkat Lunak. Anda sepakat untuk tidak mengubah Perangkat Lunak dengan cara atau bentuk apa pun, atau menggunakan Perangkat Lunak yang telah diubah, termasuk (namun tidak terbatas) untuk tujuan mendapat akses tanpa izin ke Layanan. Anda sepakat untuk tidak mengakses Layanan dengan cara apa pun selain melalui antarmuka yang disediakan oleh Yahoo untuk mengakses Layanan.

19. PENOLAKAN ATAS JAMINAN-JAMINAN

ANDA SECARA TEGAS MENYATAKAN PAHAM DAN SEPAKAT BAHWA:

  1. DIGUNAKANNYA LAYANAN INI OLEH ANDA MENJADI RISIKO ANDA SENDIRI. LAYANAN INI DISEDIAKAN "SEBAGAIMANA ADANYA" DAN "SEBAGAIMANA TERSEDIA." YAHOO! DAN, PERUSAHAAN INDUK, PERUSAHAAN PENGELOLA USAHA/HOLDING, ANAK PERUSAHAAN DAN PERUSAHAAN TERKAIT, AFILIASI, PETUGAS, KARYAWAN, AGEN DAN REKANAN, PEMBERI LISENSI, PEMASOK, PENYEDIANYA YANG SECARA TEGAS MENYATAKAN MENOLAK SEGALA BENTUK JAMINAN, BAIK YANG TERTULIS MAUPUN TIDAK TERTULIS, TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA JAMINAN TIDAK TERTULIS BAHWA LAYANAN TERSEBUT LAIK DAGANG, SESUAI UNTUK KEPERLUAN TERTENTU DAN TIDAK ADA KETENTUAN YANG DILANGGAR (SELAIN JAMINAN YANG JIKA TIDAK DIBERIKAN TIDAK MELANGGAR HUKUM).
  2. YAHOO! DAN PERUSAHAAN INDUK, PERUSAHAAN PENGELOLA USAHA/ HOLDING, ANAK PERUSAHAAN DAN PERUSAHAAN TERKAIT, AFILIASI, PETUGAS, KARYAWAN, AGEN DAN REKANAN, PEMBERI LISENSI, PEMASOK, PENYEDIANYA TIDAK MEMBERI JAMINAN BAHWA (i) LAYANAN INI AKAN MEMENUHI KEBUTUHAN ANDA; (ii) LAYANAN INI AKAN TIDAK TERGANGGU, TEPAT WAKTU, AMAN, ATAU BEBAS DARI KESALAHAN; (iii) LAYANAN INI AKAN BISA DIAKSES SETIAP SAAT ATAU SETIAP KALI MELALUI KANAL YANG DIPILIH ATAU DIGUNAKAN OLEH ANDA; (iv) INFORMASI, ISI ATAU IKLAN YANG TERDAPAT PADA, DIDISTRIBUSIKAN LEWAT, ATAU DIHUBUNGKAN, DI-DOWNLOAD, ATAU DIAKSES DARI ATAU MELALUI LAYANAN ("BAHAN"), ATAU HASIL YANG AKAN DIPEROLEH DENGAN DIGUNAKANNYA LAYANAN INI, AKAN AKURAT ATAU DAPAT DIANDALKAN; (v) KUALITAS SEMUA PRODUK, LAYANAN, INFORMASI, ATAU BAHAN, YANG DIBELI, ATAU DIDAPAT OLEH ANDA MELALUI LAYANAN INI ("PRODUK") AKAN MEMENUHI HARAPAN ANDA; DAN (vi) SEMUA KESALAHAN DALAM PERANGKAT LUNAK AKAN DIPERBAIKI.
  3. DIANDALKANNYA ATAU DIGUNAKANNYA SEGALA BAHAN MERUPAKAN KEHENDAK ANDA DAN MENJADI RISIKO ANDA SENDIRI. KAMI BERHAK, ATAS KEBIJAKSANAAN KAMI SENDIRI DAN TANPA KEWAJIBAN, UNTUK MEMPERBAIKI, ATAU MEMPERBAIKI KESALAHAN, ATAU MENAMBAHKAN YANG BELUM ADA, DALAM SEMUA BAGIAN LAYANAN ATAU BAHAN. BAHAN YANG DISEDIAKAN ATAU DIBUAT OLEH KAMI DENGAN DASAR "SEBAGAIMANA ADANYA," DAN KAMI DENGAN TEGAS MENYATAKAN MENOLAK SETIAP DAN SEGALA BENTUK JAMINAN, BAIK YANG TERTULIS ATAU TIDAK TERTULIS, TERMASUK DAN TIDAK TERBATAS PADA JAMINAN BAHWA BAHAN TERSEBUT LAIK DAGANG, SESUAI UNTUK KEPERLUAN TERTENTU YANG BERKENAAN DENGAN BAHAN ATAU PRODUK TERSEBUT.
  4. SETIAP BAHAN YANG DI-DOWNLOAD ATAU DENGAN KATA LAIN DIDAPAT LEWAT PENGGUNAAN LAYANAN YANG DI-AKSES ATAS KEHENDAK PRIBADI DAN RISIKO ANDA SENDIRI, DAN ANDA AKAN BERTANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA ATAS SEGALA KERUSAKAN YANG TERJADI PADA SISTEM KOMPUTER ANDA, ATAU PERALATAN ATAU ATAS HILANGNYA DATA YANG TERJADI AKIBAT DI-DOWNLOAD-NYA MATERI TERSEBUT.
  5. TIDAK ADA PEMBERITAHUAN ATAU INFORMASI, BAIK LISAN MAUPUN TERTULIS, YANG ANDA PEROLEH DARI YAHOO! ATAU PEMBERI LISENSI, PEMASOK, PENYEDIA, PERUSAHAAN INDUK, PERUSAHAAN PENGELOLA USAHA/HOLDING, ANAK PERUSAHAAN ATAU PERUSAHAAN TERKAIT, AFILIASI, PETUGAS, AGEN ATAU KARYAWAN KAMI ATAU MELALUI ATAU DARI LAYANAN YANG DAPAT DIJADIKAN JAMINAN YANG TIDAK SECARA TEGAS DISEBUTKAN DALAM KL (KECUALI JIKA ADA PIHAK LAIN YANG SECARA SENGAJA DAN TIDAK SAH MEWAKILI KAMI ATAU PEMBERI LISENSI, PEMASOK, PENYEDIA, PERUSAHAAN INDUK, PERUSAHAAN PENGELOLA USAHA/HOLDING, ANAK PERUSAHAAN ATAU PERUSAHAAN TERKAIT, AFILIASI, PETUGAS, AGEN ATAU KARYAWAN KAMI).
  6. SEBAGIAN KECIL PENGGUNA DAPAT MENGALAMI SERANGAN EPILEPSI SAAT MELIHAT POLA CAHAYA TERTENTU ATAU LATAR BELAKANG PADA LAYAR KOMPUTER ATAU SAAT MENGGUNAKAN LAYANAN. KONDISI-KONDISI TERTENTU MUNGKIN DAPAT MENYEBABKAN GEJALA EPILEPSI YANG SEBELUMNYA BELUM PERNAH DIALAMI BAHKAN PADA PENGGUNA YANG DALAM SEJARAHNYA BELUM PERNAH MENGALAMI SERANGAN KEJANG ATAU EPILEPSI SEBELUMNYA. JIKA ANDA, ATAU ANGGOTA KELUARGA, MENGIDAP PENYAKIT EPILEPSI, KONSULTASIKAN DENGAN DOKTER SEBELUM MENGGUNAKAN LAYANAN. HENTIKAN SEGERA PENGGUNAAN LAYANAN DAN KONSULTASIKAN DENGAN DOKTER JIKA ANDA MENGALAMI SALAH SATU GEJALA-GEJALA BERIKUT PADA SAAT MENGGUNAKAN LAYANAN, SEPERTI: PUSING, PANDANGAN KABUR, KEJANG PADA BAGIAN MATA ATAU OTOT, KEHILANGAN KESADARAN, DISORIENTASI, GERAKAN YANG TIDAK TERKONTROL, ATAU KEJANG HEBAT.

20. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

ANDA SECARA TEGAS MENYATAKAN PAHAM DAN SEPAKAT BAHWA YAHOO! DAN PERUSAHAAN INDUKNYA, PERUSAHAAN PENGELOLA USAHA/HOLDING, ANAK PERUSAHAAN ATAU PERUSAHAAN TERKAIT, AFILIASI, PETUGAS, KARYAWAN, AGEN, REKANAN, ATAU PEMBERI LISENSI TIDAK DAPAT DIMINTAI TANGGUNG JAWAB ATAS KERUGIAN LANGSUNG, TIDAK LANGSUNG, TIDAK DISENGAJA, KHUSUS, AKIBAT KELALAIAN ATAU YANG DITETAPKAN PENGADILAN, ATAU, SEJAUH KL DIATUR OLEH HUKUM INDONESIA, GANTI RUGI IMATERIIL, ATAU ATAS SETIAP HILANGNYA KEUNTUNGAN, GOOD WILL, PENGGUNAAN, DATA, NAMA BAIK ATAU KERUGIAN TIDAK NYATA LAINNYA TERLEPAS DAR APAKAH YAHOO! ATAU PEMBERI LISENSI, PEMASOK, PENYEDIA, PERUSAHAAN INDUK, PERUSAHAAN PENGELOLA USAHA, ANAK PERUSAHAAN ATAU PERUSAHAAN TERKAIT, AFILIASI, PETUGAS, AGEN ATAU KARYAWAN KAMI TELAH DIBERITAHU TENTANG KEMUNGKINAN ADANYA KERUGIAN SEMACAM INI, AKIBAT DARI : (i) LAYANAN, BAHAN DAN PRODUK; (ii) DIGUNAKANNYA ATAU TIDAK DAPAT DIGUNAKANNYA LAYANAN; (iii) BIAYA PENGADAAN BARANG ATAU LAYANAN PENGGANTI KARENA ADANYA BARANG, DATA, INFORMASI, ATAU LAYANAN YANG DIBELI ATAU DIDAPAT ATAU PESAN YANG DITERIMA ATAU TRANSAKSI YANG DIBUAT MELALUI ATAU DARI LAYANAN; (iv) AKSES YANG TIDAK SAH KE ATAU PERUBAHAN TRANSMISI ATAU DATA ANDA; (v) PERNYATAAN ATAU PERBUATAN PIHAK KETIGA DALAM LAYANAN ATAU PENGGUNAAN OLEH PIHAK KETIGA ATAS MATERI YANG DISIARKAN ATAU TERSEDIA MELALUI LAYANAN; (vi) BARANG ATAU LAYANAN YANG DIBERIKAN/DIJUAL ATAU PESAN YANG DIKIRIM ATAU DITERIMA DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN; ATAU (vii) SEMUA HAL LAIN YANG BERKAITAN DENGAN LAYANAN MATERI ATAU PRODUK. TIDAK ADA KETENTUAN DALAM KL INI YANG MEMBATASI KEWAJIBAN KAMI DAN PEMBERI LISENSI, PEMASOK, PENYEDIA, PERUSAHAAN INDUK, PERUSAHAAN PENGELOLA USAHA, ANAK PERUSAHAAN ATAU PERUSAHAAN TERKAIT, AFILIASI, PETUGAS, AGEN ATAU KARYAWAN KAMI DALAM HAL TERJADINYA KEMATIAN ATAU CEDERA YANG DISEBABKAN OLEH KELALAIAN KAMI ATAU MEREKA.

21. PENGECUALIAN DAN PEMBATASAN

ANDA TAHU BAHWA DENGAN ADANYA PENOLAKANATAU PENGECUALIAN KEWAJIBAN YANG TERCANTUM DALAM PASAL 19 DAN 20, RISIKO DAN MANFAAT YANG ADA DALAM PERJANJIAN INI DIBAGI SECARA RATA DAN ADIL DI ANTARA ANDA DAN KAMI, DENGAN MEMPERTIMBANGKAN SEMUA FAKTOR TERKAIT, TERMASUK NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, NILAI YANG MENJADI BAHAN PERTIMBANGAN INI YANG DIBERIKAN OLEH ANDA KEPADA KAMI DAN ADANYA ASURANSI DAN BIAYANYA YANG BERKAITAN DENGAN RISIKO TERSEBUT DI ATAS. ANDA JUGA SEPAKAT BAHWA PENOLAKAN DAN PEMBATASAN INI AKAN DIBERLAKUKAN DENGAN MAKSIMUM SESUAI DENGAN UNDANG-UNDANG YANG BERLAKU.

22. PERINGATAN KHUSUS TENTANG LAYANAN YANG BERKAITAN DENGAN MASALAH KEUANGAN

Jika Anda berniat untuk membuat atau bergabung dengan Layanan apapun, menerima atau meminta, berita, pesan, peringatan, atau informasi lain yang disediakan Layanan mengenai perusahaan, berita singkat tentang saham, investasi, atau surat berharga, harap baca Pasal 19 dan 20 diatas sekali lagi. Pasal-pasal tersebut berlaku ganda untuk Anda. Sebagai tambahan, khususnya untuk jenis informasi ini, kalimat "Biarkan para pemodal/investor waspada" sangat tepat. Layanan disediakan hanya sebagai informasi saja, dan tidak ada Materi dalam Layanan yang disediakan untuk tujuan dagang atau investasi dan tidak merupakan suatu saran khusus yang diberikan kepada Anda. Anda sepakat bahwa hanya Anda sendirilah yang bertanggung jawab atas keputusan dagang dan investasi yang dibuat sendiri oleh Anda. Yahoo! dan pemberi lisensinya tidak bertanggung jawab atau dapat dimintai pertanggungjawabannya jika informasi yang dikirim atau tersedia lewat Layanan tidak tepat, tidak bermanfaat, atau tidak tersedia, dan kami tidak bertanggung jawab atau dapat dimintai tanggung jawab atas semua keputusan dagang dan investasi berdasarkan informasi tersebut.

23. PENERIMA HAK PIHAK KETIGA

Anda setuju bahwa, kecuali dinyatakan sebaliknya dalam KL ini, tidak akan ada penerima hak pihak ketiga pada perjanjian ini. Anda mengetahui bahwa pemberi lisensi, pemasok, penyedia, perusahaan induk, perusahaan pengelola usaha/holding, anak perusahaan, subsidiari dan perusahaan yang terkait, semua afiliasi, dan petugas, agen, dan karyawan kami, dimana dimungkinkan, dimaksudkan untuk menjadi penerima hak pihak ketiga dari Pasal 6, 11, 19, 20, dan 21. Anda juga mengetahui bahwa rekanan pemegang merek bersama kami dan rekanan kami lainnya dimaksudkan untuk menjadi penerima hak pihak ketiga dari Pasal 11. Anda setuju bahwa pemberi lisensi, pemasok, penyedia, perusahaan induk, perusahaan pengelola usaha/holding, anak perusahaan, dan perusahaan yang terkait, semua afiliasi, dan petugas, agen, karyawan kami, dan rekanan pemegang merek bersama kami lainnya dapat melaksanakan, secara bersama-sama dan dengan hak pribadinya sendiri atas ketentuan Pasal 6, 11, 19, 20, dan 21, sejauh hal tersebut dimungkinkan. Sejauh KL diatur oleh hukum Singapura, Hukum Perjanjian Singapura (Hak Pihak Ketiga) Undang-undang (Pasal 53B) akan berlaku pada KL ini dan sebagaimana terlihat atau tergambar dalam ketentuan sebelumnya tapi tidak lebih jauh dan tidak dengan maksud yang lain.

24. PEMBERITAHUAN

Yahoo! dapat memberikan pemberitahuan kepada Anda termasuk hal-hal tentang adanya perubahan dalam KL melalui email, surat biasa, ataupun pemberitahuan dalam Layanan. Anda sepakat bahwa pemberitahuan lewat email atau surat biasa semacam ini, pemasangan pemberitahuan atau link ke pemberitahuan kepada Anda secara umum dalam Layanan, merupakan pemberitahuan yang cukup dan memadai tentang hal-hal yang tercantum di dalamnya. Anda juga setuju bahwa kami dapat memberikan pemberitahuan kepada Anda melalui surat biasa pada alamat yang Anda sediakan pada saat pendaftaran di Yahoo! atau melalui cara-cara lain yang diperbolehkan oleh hukum.

25. INFORMASI TENTANG MEREK DAGANG

Anda setuju bahwa semua merek dagang, nama dagang, dan merek jasa dan logo Yahoo! lainnya dan nama produk dan layanan Yahoo! lainnya adalah merek dagang kepunyaan Yahoo! dan pemberi lisensi, pemasok, penyedia, perusahaan induk, atau perusahaan pengelola usaha/holding kami, dengan melihat pada situasinya, ("Merek Yahoo!"). Anda sepakat untuk tidak memasang atau menggunakan dengan cara apa pun Merek Yahoo! tanpa izin sebelumnya dari pemberi lisensi, pemasok, penyedia, perusahaan induk atau perusahaan pengelola usaha/holding kami.

26. PEMBERITAHUAN DAN PROSEDUR UNTUK MENGAJUKAN KLAIM PELANGGARAN HAK CIPTA ATAU HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Kami menghargai hak kekayaan intelektual pihak lain, dan kami minta para pengguna kami juga melakukan hal yang sama. Lihat Kebijakan mengenai Hak Kekayaan Intelektual (yang merupakan bagian dari KL ini) untuk keterangan lebih lanjut,

Jika Anda yakin bahwa hak kekayaan intelektual Anda (seperti hak cipta dan hak merek dagang) telah dilanggar, lihat Kebijakan mengenai Hak Kekayaan Intelektual tersebut yang berisi petunjuk mengenai bagaimana cara memberitahu kami sesuai dengan hukum yang berlaku. Yahoo! dalam keadaan tertentu dan dengan kebijaksanaannya sendiri, dapat melumpuhkan dan/atau memutuskan akun pengguna yang melakukan pelanggaran berulang-ulang.

27. INFORMASI UMUM

Seluruh Perjanjian. KL (dan kesepakatan-kesepakatan dan kebijakan-kebijakan lainnya yang dijadikan satu kesatuan dengan dan tidak terpisahkan dari TOS) merupakan seluruh perjanjian antara Anda dan Yahoo! dan mengatur penggunaan Layanan oleh Anda, menggantikan semua kesepahaman, pernyataan, perwakilan, dan kesepakatan sebelumnya antara Anda dan Yahoo! dengan melihat pada Layanan. Untuk mencegah terjadinya keraguan, kecuali sebagaimana disebutkan dalam Pasal 23, yang dimaksud sebagai pihak-pihak dalam KL ini hanya Anda dan Yahoo (sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 1) . Anda juga mungkin tunduk pada syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan tambahan yang mungkin berlaku saat Anda menggunakan atau membeli layanan Yahoo! lainnya, layanan afiliasi, materi pihak ketiga atau perangkat lunak pihak ketiga.

Pilihan Hukum dan Forum. Untuk produk-produk selain daripada Layanan PT Yahoo Indonesia , KL dan hubungan antara Anda dan Yahoo! akan diatur menurut hukum Singapura tanpa memperhatikan ketentuan-ketentuan Hukum Perdata Internasionalnya. Anda dan Yahoo! sepakat untuk tunduk kepada yurisdiksi non-eksklusif pengadilan-pengadilan Singapura.

Untuk Layanan PT Yahoo Indonesia , KL dan hubungan antara Anda dengan Yahoo! akan diatur menurut hukum Republik Indonesia tanpa memperhatikan ketentuan-ketentuan Hukum Perdata Internasionalnya. Anda dan Yahoo! sepakat bahwa dalam hal terjadi sengketa, salah satu dari kita dapat mengajukan sengketa ke Majelis Arbitrase berdasarkan peraturan Badan Arbitase Nasional Indonesia yang berlaku (”Peraturan BANI”), yang akan dilaksanakan dalam bahasa Inggris di Jakarta. Majelis Arbitrase akan terdiri dari seorang arbiter yang ditunjuk sesuai dengan Peraturan BANI. Majelis Arbitrase yang telah ditunjuk wajib melaksanakan arbitrase sesuai dengan Perjanjian ini, Peraturan BANI dan hukum dan perautran-peraturan terkait dengan Arbitrase yang berlaku di Indonesia pada saat itu (”Hukum dan Peraturan Arbitrase”). Masing-masing Pihak tidak berhak untuk memulai atau memasukkan upaya hukum melalui pengadilan berkaitan dengan sengketa apapun sampai masalah tersebut telah diputuskan oleh Majelis Arbitrase sebagaimana diatur di sini dan itu pun hanya untuk tujuan pelaksanaan pujtusan arbitrase, kecuali pokok perkara yang disengketakan tidak diperbolehkan berdasarkan hukum Indonesia untuk diajukan ke arbitrase (dalam hal mana Anda dan Yahoo! sepakat untuk tunduk kepada yurisdiksi non-eksklusif pengadilan Indonesia, untuk tujuan mana Anda dan kami secara tidak dapat ditarik kembali dan tanpa syarat memilih domisili hukum yang tetap di Kantor Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat). Kecuali diperbolehkan oleh Hukum dan Perautruan Arbitrase, setiap putusan Majelis Arbitrase tentang hal apapun sebagaimana dimaksud dalam Klausul ini akan bersifat final, mengikat dan tidak dapat diajukan upaya hukum serta dapat digunakan sebagai dasar untuk pelaksanaannya di Idonesia atau di tempat lain. Majelis Arbitrase berhak untuk memasukkan dalam putusannya suatu penetapan terkait dengan pembayaran ongkos dan pengeluaran-pengeluaran arbiter-arbiter, biaya adminsitratif daripada arbitrase, biaya penasehat hukum yang ditanggung oleh masing-masing Pihak, biaya-biaya dan pengeluaran-perngeluaran saksi-saksi dan semuua biaya-biaya dan pengeluaran-pengeluaran lainnya yang telah patut dikeluarkan menurut pendapat Majelis Arbitrase untuk menyelesaikan Sengketa secara tepat.

Untuk menghindari keraguan, Anda setuju bahwa Yahoo! berhak untuk menyampaikan laporan-laporan kepada aparat penegak hukum dan aparat pemerintah lainnya apabila Yahoo! memiliki alasan-alasan yang wajar untuk yakin bahwa laporan tersebut memiliki dasar yang tepat.

Pelepasan dan Keterpisahan Ketentuan. Ketidakmampuan Yahoo! untuk menjalankan atau menerapkan hak atau ketentuan dalam KL tidak dapat diartikan sebagai diabaikannya hak atau ketentuan tersebut. Jika ada ketentuan dalam KL yang oleh pengadilan berwenang ditemukan tidak berlaku, maka para pihak sepakat bahwa pengadilan harus berupaya mempertimbangkan maksud para pihak sebagaimana dimaksud dalam ketentuan tersebut dan menafsirkan sebaik mungkin ketentuan tersebut menurut undang-undang yang ada sehingga membuat ketentuan tersebut dapat diberlakukan dan dijalankan, dan bahwa ketentuan dalam KL akan tetap mempunyai kekuatan dan berlaku.

Ketiadaan Hak Penyelamatan dan Tidak dapat dipindah-tangankan. Anda setuju bahwa Akun Yahoo! Anda tidak dapat dipindahtangankan dan hak atas ID Yahoo! dan isi akun Anda akan berakhir setelah kematian Anda. Setelah menerima salinan Akta Kematian, akun Anda akan diputuskan dan seluruh isi akan dihapus secara permanen.

Batas Waktu Penuntutan. Anda sepakat bahwa meskipun ada peraturan atau undang-undang yang bertentangan dengan itu, semua tuntutan atau tindakan akibat atau terkait dengan digunakannya Layanan atau KL harus diajukan dalam waktu 1 (satu) tahun sejak tuntutan atau dasar tuntutan tersebut muncul, dan jika tidak akan seterusnya dianggap gugur.

Judul pasal dalam KL semata-mata untuk memudahkan dan tidak memiliki pengaruh hukum atau mengikat sebagai perjanjian.

Pemberlakuan Versi Bahasa Inggris. Dalam hal KL ini diterjemahkan ke bahasa lain dan terjadi ketidaksesuaian antara dua versi bahasa, maka Bahasa Inggris yang berlaku dengan anggapan bahwa ketidaksesuaian tersebut terjadi sebagai akibat dari kesalahan dalam penerjemahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar