Laman

Kamis, 30 Desember 2010

MICROSOFT BIKIN SOFTWARE ANTI MACET

BERITA KERINCI

Headline

London – Pernah merasa kagum pada pengetahuan supir taksi akan jalan pintas kota? Kini, Anda dapat merasa senang karena Microsoft menciptakan software untuk itu.

Tes awal sopir taksi virtual ini akan membantu Anda menghemat lebih dari 10% waktu perjalanan Anda melalui jalan-jalan kota yang padat. Seperti dikuti New Scientist, sistem T-Drive ini memantau rute sopir taksi di waktu yang berbeda dalam sehari.

Untuk menguji ide itu, peneliti menggunakan tiga bulan data pergerakan yang mewakili 400 juta kilometer perjalanan dari 33 ribu armada taksi Beijing. Lintasan taksi itu kemudian digabung untuk mengungkap jalan mana yang terbaik.

Sistem ini dapat memilih rute berdasarkan jalan yang populer digunakan sopir taksi. Untuk uji di dunia nyata, teknisi Microsoft meminta sepasang sopir melakukan perjalanan antara dua lokasi di Beijing.

Satu diberi petunjuk T-Drive, dan lainnya Google Maps. Dalam rata-rata lebih dari 30 percobaan, dua sistem ini menghasilkan rute yang hampir sama panjangnya. Namun, tampaknya T-Drive menghindari kemacetan.[ito]

Hasilnya, waktu tempuh hanya 23 menit, hampir 4 menit lebih cepat dari Google Maps. Yu Zheng, teknisi Microsoft Research Asia di Beijing, mengatakan keuntungan ini berasal dari pengetahuan para sopir terhadap jalan di Beijing.

Para sopir taksi tahu lampu lalu lintas mana yang lambat berubah dan persimpangan mana yang sering terjadi macer selama berjam-jam. Zheng menyajikan karyanya ini di ACM Sigspatial International Conference on Advances in Geographic System Information di San Jose.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar