Laman

Kamis, 30 Desember 2010

TERUNGKAP LUKISAN PRA SEJARAH DI GOA LASCAUX PERANCIS TERNYATA PALSU

BERITA KERINCI

Headline

Jakarta Para pengunjung yang mengunjungi gua Lascaux di barat daya Prancis akan dibuat tercengang melihat lukisan prasejarah di sana, namun ternyata itu adalah replika.

Garis ekspresif dan warna tebal dramatis manarik lukisan itu menunjukkan binatang-binatang yang berkeliaran di mana lukisan ini dibuat ribuan tahun lalu. Namun ternyata lukisan itu merupakan replika seni nyata yang dihasilkan di masa prasejarah di gua sebelah.

Lukisan aslinya telah dikunci jauh di gua Lascaux pada 1963 untuk menjaga kondisi mereka agar tidak memburuk karena panas dari pengunjung. Tiap tahun gua ini dikunjungi oleh 100.000 pengunjung.

Menejer pengelola situs wisata ini tidak ingin pengunjung tidak bisa melihat karya prasejarah ini. Sehingga, mereka menciptakan Lascaux II (replika gua tersebut) yang dilukis oleh seniman lokal bernama Monique Peytal.

Gua ini terletak di bukit yang sama dengan aslinya, kopi skala besar lukisan ini membutuhkan waktu penyelesaian 10 tahun dan hingga saat sekitar 300 ribu pecinta seni telah mengunjungi gua ini. Mungkin lukisan ini tidak asli namun tetap saja lukisan itu mencengangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar