Laman

Sabtu, 19 Februari 2011

MESJID AGUNG SAKSI PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI KERINCI

BERITA KERINCI










Kota Sungaipenuh terkenal dengan wisata alamnya, tak hanya itu saja jika anda berada di Kota Sungaipenuh jangan lupa untuk singgah di Mesjid Agung Pondok Tinggi guna melihat secara dekat saksi nyata penyebaran Islam pada tahun 1874 M di Kabupaten Kerinci pada umumnya dan Kota Sungaipenuh khususnya. Masjid Agung Pondok Tinggi merupakan salah satu Masjid tertua di Kerinci.

Masjid Agung Pondok Tinggi merupakan salah satu peninggalan sejarah di Kota Sungaipenuh. Arsistektur masjid tersebut merupakan bukti kecerdasan masyarakat di masa itu. Meski sudah seribu tahun lebih berdiri, masjid itu tetap kuat dan banyak mengundang decak kagum pengunjungnya. Seperti apa desain masjid tersebut?

Konon Masjid Agung Pondok Tinggi ini dibangun secara bergotong-royong oleh warga Dusun Pondok Tinggi, Sungaipenuh pada tahun 1874 M. Menurut masyarakat setempat, Masjid tersebut dibangun pada hari Rabu 1 Juni 1874 dan selesai pada tahun 1902.

Masjid Agung Pondok Tinggi memiliki ciri khas arsitektur, keindahan desain atapnya yaitu desain tumpang berlapis tiga. Makin ke atas makin kecil dan lapisan atap paling atas berbentuk piramida.

Selain itu dinding dan tiang-tiang masjid semua berbahan dari kayu. Berbagai macam motif ukiran pada dinding dan tiang masjid menghiasi mesjid sehingga tampak indah.

Masjid Agung memiliki tinggi 100 kaki atau sekitar 30,5 meter dari lantai dasar hingga ke puncak atap, yang ditopang oleh 36 buah tiang yang besar dan kokoh.

Bagi anda penggemar wisata religi tidak ada salahnya anda mengunjungi Masjid Agung Pondok Tinggi yang memiliki nilai religius dan seni budaya yang mengundang decak kagum para wisatawan yang datang ke Kota Sungaipenuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar