Laman

Jumat, 17 Desember 2010

Angry Birds, Game HP yang Sedang "Ngetop"

BERITA KERINCI

 
Jakarta

Angry Birds, game buatan Rovio, perusahaan kecil asal Finlandia, mungkin merupakan salah satu game yang asalnya untuk HP tapi karena populer akan meluas ke "mainstream".

Game yang mudah dimainkan itu diperuntukkan bagi pengguna yang sedang antre atau waktu singkat lainnya. Dalam permainan tersebut, burung-burung balas dendam terhadap babi. Ternyata, seperti dilaporkan New York Times, banyak orang susah untuk berhenti memainkannya.

Rovio mengemukakan total orang di seluruh dunia memainkan game itu 200 juta menit setiap hari. Justin Bieber dan selebritis lainnya menulis di jejaring sosial bahwa mereka ketagihan game itu.

Angry Birds menjangkau pengguna yang lebih luas, mereka yang tak tertarik untuk punya Xbox atau PlayStation tapi punya game canggih di sakunya -- di telepon pintar mereka.

Para pengembang piranti lunak sedang mengembangkan berbagai game "casual" dengan harapan akan sesukses Rovio. Resepnya adalah membuat game yang mudah dimainkan tapi sulit untuk berhenti.

Kesuksesan Angry Birds menandai perubahan besar dalam jenis dan nama-nama game yang meraih popularitas luas. Angry Birds dan game-game HP lainnya dibuat oleh perusahaan-perusahaan kecil dan jadi populer berkat promosi dari mulut ke mulut. Ini beda dengan game klasik "Mario Bros." dari Nintendo atau "Call of Duty" dari Activision.

"Tidak masalah apakah itu dari ringtone, video game, atau buku. Semuanya bisa sukses," kata James L. McQuivey, analis dari Forrester Research yang meneliti game digital.

"Siapapun yang punya keterampilan coding, ide dan karakter yang bagus, dapat membuat game HP yang sukses tanpa perlu punya modal 100 juta dolar untuk pemasaran dan membuat filmnya."

Para penggemar game pada akhir pekan lalu merayakan ulang tahun pertama Angry Birds. Rovio bekerja sama dengan Meetup.com menyelenggarakan kegiatan seperti itu di New York, London, Jakarta, Budapest dan puluhan kota lainnya.

Rovio mengembangkan Angry Birds dengan biaya 100 ribu dolar. Mereka punya sekitar dua puluh game lainnya tapi Angry Birds adalah yang paling sukses dengan 50 juta kali diunduh. Versi berbayar untuk iPhone di Amerika Serikat harganya 99 sen dan sudah menghasilkan 8 juta dolar.

Menurut Apple, Angry Birds adalah aplikasi paling laris untuk iPhone pada tahun 2010. Menurut Rovio, Angry Birds versi gratis untuk HP berbasis Android diperkirakan menghasilkan satu juta dolar dari pemasukan iklan hingga akhir tahun ini.

Rovio sedang berusaha mengembangkan Angry Birds untuk PC dan konsol game. Perusahaan itu juga ingin mengembangkan waralaba Angry Birds ke film atau serial televisi untuk anak-anak.

Menkominfo: 3.059 Data Tentang Indonesia di Wikileaks

JAMBI EKSPRES:
Menkominfo: 3.059 Data Tentang Indonesia di Wikileaks
Tifatul Sembiring
Jakarta
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring mengungkapkan bahwa ada sekitar 3.059 data tentang Indonesia yang dipublikasikan bersama dokumen Amerika Serikat di situs web WikiLeaks.

"Ada 3.059 data tentang Indonesia dalam Wikileaks dan saya ditugaskan Menkopolhukam untuk memonitoring hal itu," kata Tifatul Sembiring usai menghadiri HUT ke-73 Perum ANTARA di Jakarta, Senin.

Menurut Menkominfo, pihaknya masih sedang mengumpulkan data-data tersebut dan baru berhasil membuka beberapa informasi diantaranya karena dirilis tidak sekaligus.

Menurut dia, data-data tentang Indonesia meski jumlahnya tidak terlampau banyak bila dibandingkan dengan seluruh jumlah informasi yang ada dalam Wikileaks tetapi harus tetap dipantau.

"Kami baru berhasil membuka beberapa saja karena dikeluarkan secara `nyicil` oleh mereka (Wikileaks)," kata Menteri Tifatul.

Terdapat sekitar 250.000 jenis data dalam Wikileaks dan yang terkait dengan Indonesia jumlahnya hanya sekitar 3.000 informasi lebih.

Menteri mencontohkan beberapa data yang telah berhasil dibuka oleh pihaknya diantaranya sejumlah informasi tentang bom di hotel JW Marriot, kerusuhan di Papua, dan tentang militer di Indonesia.

"Ada beberapa informasi lain yang belum kita tembus," kata Menteri Tifatul Sembiring.

Sebelumnya Menlu dan Menkominfo telah diperintahkan untuk memantau isi laman WikiLeaks oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto.

Beberapa waktu terakhir beredar kabar bahwa WikiLeaks akan membongkar memo-memo dari Kedubes AS yang menyoroti pertahanan di Indonesia, termasuk isu tentang Kopassus yang akan kembali bekerja sama dengan militer AS.

Laman WikiLeaks telah menyebarkan sejumlah dokumen rahasia Amerika Serikat yang terkait hubungan dengan sejumlah negara.

Akibat hal itu, lembaga polisi dunia atau Interpol menerbitkan surat perintah penangkapan terhadap pendiri laman itu, Julian Assange (39).

Assange yang mantan peretas komputer kini menjadi pusat perhatian dunia setelah WikiLeaks membocorkan ribuan pesan diplomatik rahasia AS di akhir pekan lalu.

Assenge yang lahir di Townsville, Queensland, bersembunyi sejak WikiLeaks secara kontroversial menyebarkan lebih dari 250.000 dokumen rahasia milik Pemerintah AS.

Komputasi Awan Mulai Digunakan Pebisnis Pemula

JAMBI EKSPRES:

Selasa, 14 Desember 2010 01:32 WIB
Jakarta

Sadar atau tidak sadar, perkembangan teknologi informasi sudah menuju pada era Cloud Computing atau dalam bahasa Indonesia diistilahkan sebagai 'Komputasi Awan.'

Cloud Computing adalah sebuah bentuk produktivitas di masa depan yang berbasis internet dan bekerja dalam logika seperti jaringan listrik, dimana distribusi sumber data, piranti lunak dan informasi semuanya disalurkan ke komputer atau perangkat lain sesuai kebutuhan.

Cloud memungkinkan biaya start-up rendah dan hilangnya investasi modal karena pelanggan tidak perlu membeli seluruh perangkat keras maupun perangkat lunak, kata siaran pers Microsoft, Senin.

Semua diberikan dalam bentuk jasa layanan oleh Microsoft dan mitra-mitranya yang menyediakan jasa Cloud Computing. Solusi ini juga menarik, karena bisnis-bisnis tidak lagi perlu dipusingkan oleh kompleksitas teknologi dengan mentransfer risiko ke pihak ke tiga, yaitu penyedia jasa di Cloud Computing.

Oleh sebab itu Cloud dianggap sebagai solusi paling pas bagi pebisnis pemula atau para perusahaan ‘start-up’ yang umumnya berjuang mengatasi penghematan modal dan biaya operasional serta kendala terbatasnya tenaga ahli terutama di aspek teknologi informasi.

Irving Hutagalung, ISV and Enterpreneurship Program Manager Developer and Platform Group PT. Microsoft Indonesia, menjelaskan bahwa dengan cloud computing pebisnis pemula tak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat dan memiliki server sendiri untuk mengatur lalu lintas komunikasi internet. Mereka cukup menyewa dari provider saja.

Selain belum memiliki kemampuan investasi yang besar, start-up companies juga belum dapat secara memastikan secara konkrit kebutuhan pelanggannya, apakah volumenya cukup besar atau tidak.

"Sekali lagi cloud merupakan solusi yang paling sesuai, karena bisa diatur secara fleksibel. Awalnya, perusahaan bisa menggunakan layanan yang kecil saja, jika ternyata kebutuhan meningkat maka kapasitasnya secara fleksibel bisa ditingkatkan oleh provider – dan demikian sebaliknya jika kebutuhannya menurun," kata Irving.

Irving juga menjelaskan bahwa dengan demikian start-up companies mampu meminimalkan resiko investasi dan customer hanya membayar biaya yang digunakan saja.

Microsoft sendiri menyediakan layanan Komputasi Awan lengkap yang komprehensif dengan jaminan reabilitas, keamanan dan jangkauan global serta terus menciptakan aplikasi-aplikasi, peralatan dan infrastruktur yang akan menentukan era baru komputasi dunia.

Inovasi Microsoft mendukung efisiensi, menyediakan mulai dari solusi infrastruktur hingga solusi produktifitas bisnis, mulai dari solusi desktop hingga solusi server melalui Cloud dan on-premise (di lokasi).

Di dunia bisnis, Microsoft menyediakan solusi Cloud Computing lengkap, mulai dari solusi Software as a Service (SaaS), Platform as a Service (PaaS) hingga Infrastructure as a Service (IaaS). Sifat jangkauan solusi Microsoft pun mencakup Public Cloud, Private Cloud dan Hybrid Cloud.

Microsoft juga terus mengembangkan kapasitas para pengguna teknologinya, salah satunya melalui Program BINA-ISV yang memberikan informasi terbaru mengenai teknologi Microsoft dalam berbagai bentuk kegiatan seperti, forum seminar, kesempatan pelatihan, update melalui website, diskusi melalui blog dan penyebarluasan newsletter.

Microsoft juga membantu mengembangkan pengetahuan serta keterampilan vendor, profesional di bidang TI dan pengembang-pengembang lokal selain tentunya komunitas. Irving menegaskan bahwa jika industri lokal berkembang, maka secara otomatis industri TI juga akan berkembang.

SITUS AMAZON EROPA MULAI DI GANGGU CYBER

JAMBI EKSPRES:
Selasa, 14 Desember 2010 01:14 WIB
London

Situs Amazon com Inc di Inggris, Perancis, Jerman, dan Spanyol mengalami gangguan selama lebih dari setengah jam pada Minggu malam (12/12). Namun, belum diketahui dengan jelas apakah itu serangan cyber.

Amazon merupakan saah satu perusahaan Amerika Serikat (AS) pertama yang menghentikan dukungannya pada WikiLeaks sejak situs itu mulai menerbitkn ribuan kawat diplomatik. Amazon menarik layanan hosting mereka minggu lalu setelah dimintai keterangan oleh "Senate Homeland Security Committee."

Sekelompok aktivis yang bergerak dibawah nama "Anonymous" mendesak serangan online kepada situs amazon.com dengan sangat intens sesuai permintaan dari para pengguna.

Seperti diberitakan Reuters, situs-situs Amazon.co.uk, amazon.de, amazon.fr dan amazon.es, semuanya mengalami gangguan selama lebih dari 30 menit hingga kira-kira pukul 21.45 GMT saat situs-situs itu kembali bekerja normal. Situs Amazon.com AS tidak terpengaruh.

Belum ada keterangan dari pihak Amazon mengenai gangguan itu. Amazon adalah salah situs yang mengoperasikan bisnis-bisnis web hosting juga toko retail online.

Para aktivis mengacaukan situs-situs raksasa kartu kredit MasterCard dan Visa yang sudah menghentikan proses donasi untuk WikiLeaks.

Pada hari Sabtu, Anonymous mengatakan mereka sudah mengubah strategi dan sekarang fokus pada menyebarkan potongan bocoran kawat diplomatik daripada serangan cyber.

Pada hari Minggu, baik situs blog yang digunakan Anonymous untuk pernyataan publik maupun Internet Relay Chat (IRC), saluran chat yang digunakan penyelenggara tersedia.

Belum ada pengakuan pertanggungjawaban atas gangguan Amazon dari para aktivis pro-WikiLeaks yang muncul di situs Twitter.
0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar