Laman

Jumat, 17 Desember 2010

EDAN'' ADA PELURU DELAPAN KALI KECEPATAN SUARA

BERITA KERINCI

 

 
Peluru Delapan kali kecepatan suara

Jakarta

Senjata ini dapat membinasakan target sejauh 100 mil (160 km) jauhnya melalui kekuatan sebuah peluru yang memiliki delapan kali kecepatan suara.

Senjata super ini disebut-sebut sebagai yang terkuat di seluruh dunia setelah pengujian yang dilakukan di lapangan tembak angkatan laut AS.

Sebuah tembakan dari railgun elektromagnetik yang ada pada the Naval Surface Warfare Centre di Dahlgren, Virginia menghasilkan tenaga 33 megajoule yang keluar melalui larasnya, yang merupakan sebuah rekor dunia untuk tenaga penghancur, tiga kali lebih besar dari catatan sebelumnya.

Satu megajoule kira kira setara dengan bobot mobil satu ton yang berjalan dengan kecepatan 100 mil per jam (160 km per jam). Dampak dari proyektil yang menjangkau targetnya itu 33 kali dari dorongan tenaganya.

Peluru itu hanya memerlukan waktu semenit untuk ditembakkan sejauh 100 mil dan akan kena sasaran secara akurat, dengan kecepatan yang mustahil dilakukan oleh senjata konvensional.

Meriam tembak berteknologi tinggi itu menembakkan peluru seberat 9 kg atau misil pada kecepatan yang mustahil dilakukan oleh senjata konvensional. Pembuatnya sesumbar senjata itu memiliki keakurasian yang tinggi.

Peluru tersebut tidak mengandalkan pada bubuk peledak tapi menggunakan gelombang energi listrik untuk menembakkan peluru pada kecepatan mendekati 8 mach.

Peluru itu tak meledak pada targetnya tetapi menghancurkan apapun yang diterjangnya melalui tenaga saja.

Saat ini, kapal perang AS hanya dapat menjangkau target sejauh 13 mil dan angkatan laut berharap senjata baru itu bisa ditembakkan dari jarak yang lebih aman.

Laksamana Pertama l Nevin Carr, kepala penelitian angkatan laut mengatakan senjata itu diarahkan pada magasin kapal musuh sehingga ledakannya jadi bom sendiri di kapal musuh.

Masih lima atau 10 tahun lagi - sebelum senjata itu siap digunakan di kapal. "Orang melihat hal ini di video game, tetapi ini nyata," ujar Roger Elis, manajer program tersebut. "Ini sangat bersejarah."

Dalam pengujian hari Jumat, senjata itu menembakkan sebuah peluru setinggi 5,500 kaki menembus kayu. Peluru itu menciptakan suara ledakan kecil menembus kecepatan suara sebelum jatuh kembali ke bumi.

Puluru itu ditembakkan pada lintasan yang sangat rendah dan para ilmuwan menghitung peluru tersebut bisa menempuh jarak hingga 100 mil jika ditembakkan pada lintasan yang optimum.

Hambatan utama bagi angkatan laut dalam penelitiannya adalah menyediakan "charge" yang memadai agar senjata itu tetap menembak pada kecepatan yang supersonik. Pengembangan senjata itu menelan biaya 211 juta dolar.

Pada pengujian hari jumat, senjata itu memerlukan waktu lima menit untuk mengumpulkan tenaga listrik sebelum memuntahkan sebuah peluru.

PRESIDEN SBY MINTA DUA PERGURUAN TINGGI ITB DAN ITS MENGAMUK

JAMBI EKSPRES:
Selasa, 14 Desember 2010 15:12 WIB
Presiden Minta ITS-ITB Mengamuk Dalam Teknologi
Surabaya

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk "mengamuk" dalam pengembangan teknologi.

"Kita berada pada peringkat 91 dari 139 negara dalam kesiapan teknologi, lalu kita berada pada peringkat 37 dalam inovasi. Padahal, ITS dan ITB belum ngamuk dalam teknologi," katanya dalam kuliah umum di ITS Surabaya, Selasa.

Kepala Negara mengharapkan ITS dan ITB sebagai institut teknologi untuk "mengamuk" dalam inovasi teknologi, sehingga peringkat Indonesia dalam inovasi teknologi akan meningkat.

"Kalau inovasi meningkat dengan menyatukan seni, kreasi, dan teknologi, maka industri kreatif dan seni kreatif akan meningkat, sehingga kemajuan negara kita akan cepat tercapai," ujarnya,

Dalam kesempatan itu, Presiden juga mengharapkan ITS dan ITB mampu menjadi institut teknologi, seperti Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat (AS).

"Kalau di AS ada MIT yang tersohor di dunia, maka dengan usaha keras akan menjadikan ITS dan ITB bisa menjadi semacam MIT yang diperhitungkan di dunia," katanya.

Presiden memuji tiga keunggulan ITS dalam bidang kelautan, permukiman (arsitektur), dan energi terbarukan, sedangkan dua taman inovasi (innovation park) yang akan dibangun ITB juga dipuji.

"Tiga unggulan ITS itu merupakan bidang yang penting untuk pergerakan ekonomi di masa depan, sekaligus akan menambah pengabdian ITS ke depan serta melengkapi prestasi ITS selama ini," tutur Kepala Negara.

Innovation park yang dikembangkan ITB akan dapat dikembangkan di tempat lain, sehingga bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang inovatif.

"Ke depan, inovasi dan teknologi akan menjadi driver dan mesin bagi pertumbuhan ekonomi, karena sentuhan teknologi akan mendorong ekonomi lebih kompetitif," kata Kepala Negara.

Presiden juga mengharapkan anak bangsa untuk berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur yang bermutu tapi efisien, dan pengembangan industri pertahanan, serta memunculkan ide gila melalui kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneurship), seperti dirintis ITS.

"Saya juga mengundang ITS dan ITB untuk memberi sentuhan teknologi untuk listrik dan energi terbarukan, serta sektor-sektor lain seperti pertanian, industri manufaktur, perdagangan, dan pariwisata," katanya.

Dalam acara yang juga dimeriahkan dengan pameran teknologi itu, Presiden juga meresmikan Gedung Robotika dan Gedung Pusat Energi, sekaligus membuka Forum Inovasi Indonesia yang diadakan ITB Bandung melalui telekonferens.

Kuba Luncurkan Jejaring Ensiklopedia Mirip Wikipedia

JAMBI EKSPRES:
Havana
Kuba mulai membuat ensiklopedia daring (dalam jaringan), menyerupai Wikipedia, dengan tujuan mempresentasikan pandangannya mengenai dunia dan sejarah.

Mereka mendeskripsikan lawan ideologi lamanya, Amerika Serikat, sebagai "kekaisaran masa kini" dan "negara paling berkuasa sepanjang masa."

EcuRed (www.ecured.cu) secara resmi diluncurkan pada Selasa, tetapi sudah beroperasi pada Senin, dengan 19.345 artikel.

Laman tersebut dikembangkan "untuk menciptakan dan menyebarluarkan segala jenis pengetahuan dan untuk semua orang, dari Kuba dan bersama dunia," kata jejaring tersebut.

Para pengguna akan diperbolehkan memberi masukan artikel terkini yang harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari administrator EcuRed.

"Filosofi jejaring ini ialah mengakumulasi dan mengembangkan ilmu pengetahuan, secara demokratisasi, bukan mengambil keuntungan, keberatan dari sudut pandang dekolonisasi," kata laman tersebut.

AS, negara asal terciptanya Wikipedia, dan Kuba memiliki perselisihan sejak revolusi yang membawa Fidel Castro ke puncak kepemimpinan pada 1959.

Artikel EcuRed mengenai Amerika Serikat menyebutkan mereka secara historis mengambil wilayah dan sumber daya alam dari negara lain secara paksa, menempatkan jasa pada banyak bisnis dan monopoli.

"Mereka mengkonsumsi 25 persen energi yang diproduksi di dunia dan meski dengan kekayaannya, lebih dari sepertiga populasinya tidak mendapatkan perhatian kesehatan yang pasti," jelasnya.

Mengenai hubungan AS-Kuba, jejaring tersebut dari awal mengatakan, para pemimpin AS melihat Kuba "seperti mereka yang mengagumi buah indah yang akan jatuh di tangan mereka."

EcuRed berisi biografi menyeluruh mengenai pemimpin Kuba Fidel Castro, termasuk peran Fidel setelah penyakit yang diderita menyebabkan pemindahan kekuasaan ke adiknya Raul Castro pada 2006.

"Hari ini ia menulis dan berpartisipasi dalam perjuangan ide di tingkat global. Untuk kewenangan moral, ia mempengaruhi keputusan penting dan strategis dalam revolusi," menurut jejaring tersebut.

Ada juga artikel mengenai Raul Castro, yang secara resmi menggantikan kakaknya sebagai presiden pada 2008 dan menggambarkan dirinya sebagai "pejuang revolusioner, pemimpin politik, negarawan dan komandan militer."

"Ia telah mengkontribusikan dukungan yang relevan terhadap perjuangan rakyat Kuba dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaannya," tulis artikel tersebut.

EcuRed belum menyinggung reformasi ekonomi yang telah diumumkan pada tahun ini oleh Presiden Castro untuk memperbarui bentuk sosialis Kuba dan merupakan topik perdebatan nasional saat ini.

Menurut survei pemerintah yang dilakukan tahun ini, sekitar 1,6 juta orang dari 11,2 juta jumlah populasi warga Kuba, baru memiliki akses Internet.

YAHOO ! AKAN PHK 600 PEGAWAI

JAMBI EKSPRES:

Yahoo! Akan PHK 600 Pegawai

Yahoo! Akan PHK 600 Pegawai
San Franciso
Raksasa interner Yahoo! menyatakan akan memecat 600 karyawannya atau sekitar 4 persen pekerja globalnya, dalam gelombang PHK ketiga di perusahaan itu sejak akhir 2008.

Perusahaan ini menyatakan bahwa keputusan PHK ini adalah bagian dari strategi menguatkan posisi Yahoo! dalam pertumbuhan pendapatan dan perluasan marjin serta untuk mendukung strategi menawarkan produk berbeda untuk pasar.

Juru bicara Yahoo! mengatakan bahwa aksi PHK itu berdampak pada sekitar 4 persen total pekerja globalnya atau tepatnya 600 orang, kata perusahaan itu seraya menambahkan bahwa mereka akan terus merekrut orang di seluruh dunia demi mendukung prioritas-prioritas kerja mereka.

Perusahaan internet yang berbasis di Sunnyvale, Californi ini tidak merinci dari bagian mana saja karyawan itu di-PHK.

Yang jelas, ini adalah pemecatan ketika sejak musim gugur 2008 dan yang kedua sejak Carol Bartz menjadi CEO perusahaan ini pada Januari 2009.

Bartz berusaha mencari identitas Yahoo! untuk bisa bersaing dengan Google dan Facebook.

"Sebaiknya mereka melakunnya lebih cepat lagi," kata analis Rob Enderle dari Enderle Group, Lembah Silicon, yang membantah PHK ini sebagai langah mengatasi masalah yang dihadapi Yahoo!'s.

"Mereka kehabisan waktu dan ada yang berdarah-darah serta investor yang kehilangan kepercayaan kepada Yahoo!," sambungnya.

Yahoo! dibelit rumor akan diambil alih oleh AOL dan raksasa modal swasta KKR disebut-sebut sebagai pembeli potensialnya.

"Mereka mesti mencari cara untuk mendapatkan manajemen yang kompeten atau mereka akan mendapati mereka tersingkir dari bisnis."

Enderle menyebut Microsoft, Google, Facebook dan AOL adalah perusahaan-perusahaan yang mempunyai kemampuan yang diperlukan untuk menghidupkan Yahoo!.

Microsoft dan Yahoo! mencapai kesepakatan tahun lalu yang membuat raksasa piranti lunak Amerika Serikat itu untuk memperkuat kemampuan situs web Yahoo!.

Yahoo! berani menekuni bidang yang bukan inti bisnisnya dan membuat akuisisi strategis serta membina kemitraan dengan bintang-bintang muda internet seperti Facebook, Twitter, dan Zynga, demikian Bartz.

Yahoo! berusaha menampilkan diri lebih dekat dengan penggunanya ala jejaring sosial.

"Jejaring sosial sangat dekat dengan apa yang menjadi akar Yahoo!," kata Enderle. "Jadi adalah mengherankan jika mereka tidak berusaha keras ke apa yang sedang dikerjakan facebook, dan merumuskan cara menuju dengan lebih baik lagi."
0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar