Laman

Jumat, 07 Januari 2011

NATURALISASI POLITISI HE...HE...HE..

BERITA KERINCI


Pernyataan sineas sekaligus pengamat budaya, Garin Nugroho ini mungkin membuat kita tersenyum kecil. Bisa jadi merupakan sindiran bagi para politisi. Performa Tim Nasional Indonesia pada Piala AFF 2010 lalu, salah satu faktor keberhasilan diindikasi karena adanya energi positif yang dibawa oleh para pemain naturalisasi seperti Irfan Bachdim dan Cristian Gonzales. Hadirnya dua pemain ini, harus diakui, turut mendongkrak penampilan Timnas sehingga mampu berprestasi.
Apa perlu kita menaturalisasi politisi? Agar politik punya prestasi.
-- Garin Nugroho

"Haruskah hal ini di dunia politik, apa perlu kita menaturalisasi politisi? Agar politik punya prestasi," kata Garin, Sabtu (8/1/2011), dalam diskusi Polemik "Meneropong Indonesia 2011", di Jakarta.

Bagi Garin, sepak bola merupakan sebuah teater besar. "Naturalisasi adalah hal kecil. Saya juga mengingatkan, tahun 2014, teater besar sepak bola jangan dimanfaatkan untuk kepentingan politik," ujar Garin.

Sementara itu, pengamat politik Sukardi Rinakit mengatakan, semangat dan kebersamaan yang bisa dihadirkan dari ajang olahraga sepak bola harus diadopsi ke sejumlah bidang lainnya, termasuk politik.

Menurutnya, Indonesia membutuhkan sesuatu yang bisa menjadi ikon pemersatu. "Politik harus bisa juga mentransfer semangat sepak bola ke bidang lain. Intinya maskot dan partai bisa menahan diri," kata Sukardi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar