Laman

Senin, 28 Februari 2011

PILWAKO SUNGAI PENUH DI PASTIKAN TERTUNDA UNTUK WAKTU YANG TIDAK DI KETAHUI


BERITA KERINCI

SUNGAI PENUH, JG: KPU Kota Sungai Penuh koordinasikan Pemilukada Kota Sungai Penuh dengan berbagai pihak antara lain DPRD Kota Sungai Penuh, Kapolres dan Dandim Kerinci. Penyebab penundaan adanya persoalan anggaran yg belum diteken NPHD oleh Walikota Sungai Penuh dan hambatan logistik yang sulit tersedia pada 17 Maret 2011. ‘’Dengan berbagai pihak sudah kita komunikasikan seperti DPRD, Kapolres, dan Dandim,’’ kata Raisul kepada jambiglobal, Senin, 28 Maret 2011.

Ditambahkan Tabri, jika terjadi penundaan Pilwako, bukan kemauan dari KPU Kota Sungai Penuh. Melainkan bersumber dari persoalan dana dari Pemerintah Daerah serta panitia pengadaan barang dan jasa yang tidak bisa menyediakan logistik Pemilu untuk keperluan Pemilukada yang dijadwalkan pada 17 Maret 2011. ''Dari kami KPU Kota Sungai Penuh, siap menyelenggarakan Pilwako SUngai Penuh. Namun ada hal-hal lain yang di luar kewenangan KPU Kota SUngai Penuh yang berpengaruh pada jadwal Pemilukada Kota Sungai Penuh,'' kata Tabri.

Disbeut Tabri masalah anggaran Permendagri 57 tahun 2009 memberikan fleksibilitas kepada Pemda untuk menyediakan anggaran. Jika dana belum dianggarkan dalam APBD, dana tersebut tetap bisa digunakan.
Angagran yangg diperlukan sebesar Rp 2,4 miliar yang semestinya diwujudkan dengan Nota Perjajian Hibah Daerah oleh walikota kepada KPU Kota Sungai Penuh. ‘’Sampai hari ini, Walikota belum menandatangani NPHD anggaran Pilwako Sungai Penuh,’’kata Raisul Jamal Jahidin.

Belum adanya penandatanganan NPHD oleh Walikota berpengaruh pada penyelenggaraan Pemilukada Kota Sungai Penuh. ‘’Karena NPHD belum diteken maka dana Pilwako tidak bisa ditransfer ke rekening KPU Kota Sungai Penuh. Ini berpotensi membuat tahapan Pemilukada menjadi terhambat dan kita KPU Kota Sungai Penuh berencana untuk mengusulkan penundaan jadwal Pilwako yg semula ditepakan 17 Maret,’’ kata Raisul.

Selain anggaran, KPU Kota Sungai Penuh juga dihadapkan dengan pengdaan logistik Pemilukada yang tidak bisa tersedia pada 17 Maret 2011. ‘’Panitia baru mengumumkan proses lelang pada 25 Pebruari 2011. Besar kemungkinan pemilukada 17 Maret sulit terwujud,’’ kata Tabri anggota KPU Kota Sungai Penuh kepada jambiglobal, Senin 28 Pebruari 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar