Laman

Sabtu, 16 Oktober 2010

PLTA KERINCI BAKAL DI LANJUTKAN

Berita Kerinci 2011, Jambi Suplus Energi

BERKUNJUNG : Dirut PLN Dahlan Iskan saat berkunjung ke pembangkit listrik di Selincah, Kota Jambi kemarin.

JAMBI - Jika tak ada aral melintang, tahun depan, Jambi sudah surplus energi listrik. Ini menyusul dengan dibangunnya beberapa pembangkit.

Diantaranya, penambahan pembangkit di Selincah hingga 2013 mendatang. Sehingga pembangkit di Selincah ini bisa menghasilkan energi listrik sebesar 190 MW.

‘’Ini tentu jumlah yang cukup besar, lokasi ini akan jadi lokasi elit,’’ terang Dirut PLN, Dahlan Iskan kemarin.

Dengan daya 190 MW sebutnya, kebutuhan listrik untuk Jambi akan tercukupi. Karena kebutuhan saat ini hanya 95 MW. Saat beban puncak mencapai 125 MW.

‘’Saat ini, pembangkit Selincah bisa menghasilkan 80 MW. Kedepan akan kita tambah pembangkit 20 MW lagi, saat ini sedang tender,’’ terangnya.

Dikatanya, jika nantinya pembangkit Selincah 20 MW ini selesai dibangun, berarti di Selincah bisa menghasilkan energi listrik sebesar 100 MW. Ditambah lagi pada Juni 2011 akan dibangun satu pembangkit lagi sebesar 60 MW. ‘’Itu berarti pembangkit Selincah bisa menghasil 160 MW. Mesin pembangkit yang baru ini nanti juga akan dimanfaatkan untuk mendidihkan air. Uap air tersebut kita harapkan bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik 30 MW, maka jadilah listrik Selincah berkapasitas 190 MW,’’ tuturnya.

Sementara itu, sekitar November tahun ini, nasib PLTA Kerinci ditentukan. Apakah tetap akan dibangun oleh PT Bukaka Teknik Utama, atau dibangun oleh PLN. ''Jadi perusahaan milik pak Jusuf Kalla (kontraktor PLTA Kerinci, red) tersebut, akan presentasi ke saya bulan November mendatang. Disanalah kita akan kaji kelayakannya untuk membangun PLTA Kerinci tersebut,'' tutur Dirut PLN, Dahlan Iskan kemarin.

Sampai sejauh ini kata Dahlan, pihak PT Bukaka tetap serius dan berkomitmen untuk membangun PLTA Kerinci tersebut. Apabila usai presentasi nanti, lanjutnya, PLN memutuskan bahwa Bukaka tidak siap, maka selaku Dirut PLN, Dahlan akan menyarankan ke Pemda untuk mencabut izin pembangunan PLTA Kerinci ini ke Bukaka. ''Dan kita siap membangun PLTA tersebut,'' tegasnya.

Apabila pihak PLN yang membangun PLTA tersebut, katanya, maka nanti akan digunakan untuk menutupi kekurangan daya saat beban puncak dari pukul 17.00-21.00 WIB. Tetapi, jika PT Bukaka yang membangun, dirinya sendiri tidak bisa menerangkan akan dikemenakan energi listrik itu nantinya.

''Saat ini posisi PLTA Kerinci belum tentu akan diapakan. Karena pemegang izinnya adalah PT Bukaka,'' tukasnya.

Kedepan, dia menyebutkan, Jambi ini akan surplus energi listrik. Ini katanya, tercukupi dengan pembangunan beberapa pembangkit listrik. Untuk pembangkit di Selincah saja katanya, kedepan akan bisa menyuplai sebanyak 190 MW. ''Sedangkan kebutuhan listrik Jambi saja 95 MW,'' ucapnya.

Saat kunjungan ke PLN Cabang Jambi, Dahlan Iskan juga menyampaikan, untuk tahun 2010 ini, pihaknya akan memenuhi kebutuhan energi listrik. Akhir 2010 akan menambah daya energi listrik seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat. Kemudian akhir 2010 ini, juga akan menuntaskan daftar tunggu pemasangan sambungan baru PLN. ‘’Itu untuk bagi yang sambungannya hanya membutuhkan beberapa tiang saja. Artinya infrastrukturnya sudah siap,'' tuturnya.

Dia mengatakan pada tahun 2011, awal akan menambah kapasitas listrik. Sedangkan akhir 2011 akan mengurangi pemakaian BBM. Sedangkan pada tahun 2012 menghapus semua pemakaian BBM. ''Nanti untuk urusan itu (keuangan, red), akan sampai juga ke sana, cuma sekarang ini kita fokus ke ini dulu,'' terangnya.

Terkait dengan usulan PLN Jambi yang akan naik status menjadi Kantor Wilayah, dirinya mengatakan itu tidak bisa dilakukan. Dengan naiknya jadi kantor wilayah sebutnya, organisasi PLN demikian gemuk. Sehingga uang PLN hanya akan dihabiskan untuk membayar gaji pegawai saja.

''Untuk apa jadi wilayah, kalau kita mencukupi kebutuhan listrik kok. Yang dibutuhkan masyarakat itu kan, listrik cukup, kalau padam cepat hidup, kalau bayar tidak antre. Itu yang harus kita penuhi,'' tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar